PENGGUNAAN AZIMUTH PROPELLER PADA TUGBOAT JAYANEGARA 401 GUNA EFEKTIFITAS DALAM OLAH GERAK

Penulis

  • Putri Marliana Hamzah Prodi Teknologi Rekayasa Konstruksi Perkapalan Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro
  • Adi Kurniawan Yusim Prodi Teknologi Rekayasa Konstruksi Perkapalan Sekolah Vokasi Universitas Diponegoro

DOI:

https://doi.org/10.62012/sensistek.v5i2.24244

Kata Kunci:

Kata Kunci: Maneuver, Azimuth Propeller, Tugboat

Abstrak

Manuver adalah olah gerak yang sangat dibutuhkan untuk sebuah harbour tug untuk melakukan perpindahan seperti towing, mendorong ataupun menarik kapal yang akan bersandar. Terbatasnya luas perairan di pelabuhan Indonesia mempengaruhi olah gerak dan efisiensi waktu yang dibutuhkan sebuah harbour tug. Penggunaan propeller pada sebuah harbour tug sangatlah berpengaruh demi keberjalanan suatu pelabuhan. Dalam paper ini dibahas pengujian simulasi manuver kapal dengan Fixed Pitch Propeller dan Azimuth Propeller yang dilakukan di sekitar Telok Lamong dan Pelabuhan Jamrud Surabaya. Pengujian simulasi ini dapat memprediksi kemampuan manuver kapal dengan variasi sudut putaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Joel R. Perez, Carlos A. Reusser. 2020. Optimization of the Emissions Profile of a Marine Propulsion System Using a Shaft Generator with Optimum Tracking-Based Control Scheme.

Kaul Stefan, Mertes Paul, Müller Lutz. 2011. Application-optimised propulsion systems for energy- efficient operation.

Mulford E, Carrasquilla J, Moreno G. 2013. Proactive Maintenance in the Azimuth Marine Propulsion: SCHOTTEL Condition Monitoring Solutions.

Nugraha Frenky Cahya, Aryawan Wasis Dwi. 2014. Kajian Teknis dan Ekonomis Tug untuk Terminal LNG: Studi Kasus PT Badak.

Rochman Moch. Fatchur. 2016. Study Perbandingan Pemilihan Bow Thruster dan Sistem SRP Untuk Kebutuhan Maneuvering Tugboat.

A. K. Yusim, I. F. Ahsan, Dan B. S. Waluyo, “Analisa Kebutuhan Airbags Untuk Docking Undocking Kapal Tongkang Virgo Sejati 177 Di Pt. Yasa Wahana Tirta Samudera”, Sensistek, Vol. 4, No. 1, Hlm. 1-6, Nov 2021.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-11-26

Cara Mengutip

Hamzah, P. M., & Yusim, A. K. (2022). PENGGUNAAN AZIMUTH PROPELLER PADA TUGBOAT JAYANEGARA 401 GUNA EFEKTIFITAS DALAM OLAH GERAK. Riset Sains Dan Teknologi Kelautan, 5(2), 132-137. https://doi.org/10.62012/sensistek.v5i2.24244

Terbitan

Bagian

Teknologi Kelautan