STUDI PENELAAHAN BEBERAPA METODE PADA ANALISIS KEKUATAN KAPAL
Isi Artikel Utama
Abstrak
Salah satu kriteria terpenting dalam desain kapal adalah kekuatan. Ketika kapal berada di bawah beban eksternal seperti gelombang, daya apung atau tekanan, reaksi internalnya harus menahan beban eksternal tersebut. Apabila tubrukan terjadi, lambung kapal tidak hanya menerima dampaknya tetapi juga geladaknya. Sifat statistic kekuatan sisa gelagar lambung ditentukan dengan simulasi Monte Carlo berdasarkan demensi kerusakan dan bentuk modifikasi dari Metode Incremental Iterative untuk memperhitungkan rotasi sumbu netral dan kesetimbangan momen lentur horizontal. Analisis numerik membahas bebarapa aspek yang berhubungan dengan respon struktur kapal yang mengalami beban tidak terduga, termasuk pentingnya menentukan model las, pengaruh kriteria kegagalan, hubungan material pada simulasi struktur kompleks, dan aplikasi penskalaan dalam menilai respon dari struktur skala penuh. Metode Beam Finite Element untuk menguji kekuatan sisa kapal dan sebuah model tiga ruang muat kapal dengan tipe Panamax berlambung tunggal pada kondisi hogging dan sagging. Analisis Elemen Hingga (FE) nonlinear mencakup static implisitanalisis dan analisis dinamis eksplisit yang keduanya dapat mempertimbangkan defleksi besar dan nonlinear selama proses kerutuhan progresif. Pendekatan melibatkan evaluasi pengaruh opsi pengendalian resiko pada kegagalan gelagar laambung. Probabilitas ditentukan dengan menggunkan analisis keandalan struktur dan penentuan biaya yang diperoleh pada kegagalan lambung girder diantaranya kerusakan property kapal, pencemaran akibat tumpahan minyak dan hilangnya nyawa awak kapal seperti yang diusulkan oleh International Maritime Organization (IMO).
Unduhan
Rincian Artikel
Referensi
Champanile et al. 2018. Comparative analysis among deterministic and stochastic collision damage models for oil
tanker and bulk carrier reliability. Elsevier.
Guia et al. 2018. Probabilistic Modelling of the Hull Girder Target Safety Level of Tankers. Elsevier.
Ming Zhang et al. 2018. Experimental and numerical investigation of the responses of scaled tanker side double-hull
structures laterally punched by conical and knife edge indenters. Elsevier.
Ming Cai Xu et al. 2017. Study on influence of nonlinear finite element method models on ultimate bending
moment for hull girder. Elsevier.
Muis Alie et al. 2019. Progressive Collapse Analysis Of The Local Elements and Ultimate Strenght OF a Ro-Ro
Ship. International Jurnal of Technology.
Muis Alie. 2016. Residual Strength Analysis of Asymmetrically Damaged Ship Hull Girder using Beam Finite
Element Method. Makara J. Technology.
H. Palippui dan S. Ramadhan, “Analisa Kekuatan Struktur Barge Pada Proses Load Out Offshore Module (Top Side) dengan SPMT”, zonalaut, vol. 1, no. 1, hlm. 1-5, Mar 2020.
Muis Alie et al. 2018. Investigation of Ship Hull Girder Strength with Grounding Damage. Makara J. Technology.
Muis Alie et al. 2020. Effects of Collision Damage on the Ultimate Strength of FPSO Vessels. Makara J.
Technology.
Muis Alie 2018. Simplified Approach on the Ultimate Hull Girder Strength of Asymmetrically Damaged Ships.
International Journal of Offshore and Polar Engineering.
Vu Van et al.2018. Effect of uncertain factors on the hull girder ultimate vertical bending moment of bulk carriers.
Elsevier.