PEMODELAN ARUS SUNGAI TALLO MAKASSAR MENGGUNAKAN SOFTWARE PEMODELAN NUMERIK

Penulis

  • Dwi Agusdiansyah Departemen Teknik Kelautan, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin, Indonesia
  • Chairul Paotonan Departemen Teknik Kelautan, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin, Indonesia
  • Sabaruddin Rahman Departemen Teknik Kelautan, Fakultas Teknik, Universitas Hasanuddin, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.62012/sensistek.v7i1.31650

Kata Kunci:

Arus, Kera-Kera, Pasang, Sungai, Surut, Tallo

Abstrak

Sungai Tallo terletak di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, dan memiliki peran penting di wilayah Mamminasata. Aliran Sungai Tallo yang melintasi pusat Kota Makassar memiliki lokasi yang strategis dalam kawasan perkotaan Mamminasata. Arus laut merujuk pada pergerakan massa air, baik secara horizontal maupun vertikal, yang mencapai keseimbangan. Faktor-faktor yang memengaruhi arus laut termasuk gradien tekanan, angin, perbedaan tekanan atau kepadatan, dan pasang surut. Di banyak perairan, faktor utama yang memengaruhi kekuatan arus adalah angin dan pasang surut. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data garis tepi Sungai dari Google Earth Pro, data pasang surut yang diukur langsung di lapangan dari dua titik berbeda, yaitu dermaga Kera-kera dan dermaga Tallo, data batimetri yang digunakan untuk membuat jaringan tak terstruktur diambil secara langsung di lapangan, dan data angin yang diperoleh dari ECMWF. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tinggi permukaan air di Sungai Tallo, Makassar, Sulawesi Selatan dipengaruhi oleh pasang surut air laut. Saat air surut, arus sungai mengalir menuju muara sungai, sementara saat air pasang, arah aliran sungai menuju hulu Sungai dengan adanya arus berputar di beberapa lokasi tertentu. Ketinggian air di Sungai Tallo berkisar antara 0,8 hingga 2,2 meter, dan kecepatan arus bervariasi antara 0,015 hingga 0,21 m/s.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ikhsan, A. M. (N.D.). Strategi Pengembangan Kawasan Ekowisata Tepian Sungai Tallo Di Makassar.

Wunas, S., & Taufiqur Rachman, Dan. (N.D.). Pengembangan Sistem Transportasi Sungai Dalam Mendukung Ekowisata Sungai Tallo Kota Makassar-Pengembangan Sistem Transportasi Sungai Dalam Mendukung Ekowisata Sungai Tallo Kota Makassar River Transport System Development In Supporting Tallo River Ecotourism Makassar.

Siagian EN. Simulasi pemodelan sirkulasi hidrodinamika arus pasang surut diperairan kolam alur Pelabuhan Belawan Sumatera Utara [skripsi]. Indralaya: Program Studi Ilmu Kelautan, FMIPA, Universitas Sriwijaya, (2010).

Poerbandono DN, Djunarsjah E. Survey Hidrografi. Bandung: Rafika Aditama, 2005.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-05-31

Cara Mengutip

Agusdiansyah, D., Paotonan, C., & Rahman, S. (2024). PEMODELAN ARUS SUNGAI TALLO MAKASSAR MENGGUNAKAN SOFTWARE PEMODELAN NUMERIK. Riset Sains Dan Teknologi Kelautan, 7(1), 58-63. https://doi.org/10.62012/sensistek.v7i1.31650

Terbitan

Bagian

Rekayasa dan Manajemen Kepelabuhanan dan Transportasi Laut