Main Article Content

Abstract




Kinerja organisasi sangat penting untuk kelangsungan hidup dan keberhasilan dari suatu organisasi, dan akibatnya pengukurannya diharapkan menjadi penting untuk semua jenis organisasi untuk mengevaluasi tindakan yang diambil oleh perusahaan dan manajer. Pengukuran kinerja suatu perusahaan atau organisasi sangat berguna untuk membandingkan kinerja perusahaan atau organisasi pada saat periode lalu dan saat periode yang akan datang, sehingga dapat diketahui kinerja mengalami perbaikan atau sebaliknya mengalami penurunan. Untuk mengetahui penilaian kinerja berdasarkan balanced scorecard di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian observasional dengan desain deskriptif dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin di Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan pada bulan Oktober - November 2020. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengambil data sekunder di rumah sakit. Hasil: Adapun hasil dari penelitian ini pada perspektif pertumbuhan dan pelajaran tergolong baik. Perspektif proses bisnis internal tergolong cukup. Pada perspektif pelanggan tergolong cukup. Perspektif keuangan tergolong kurang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, penilaian kinerja menggunakan balanced scorecard, kinerja Rumah Sakit Universitas Hasanuddin tergolong “cukup” karena skalanya 0,06 yang dimana kinerja dikatakan “kurang” jika skalanya -1 – 0, dikatakan “cukup” apabila skalanya 0 – 0,50 dan dikatakan “baik” apabila skalanya 0,51 – 1.




Keywords

Kinerja Balaced scorecard Rumah Sakit

Article Details

Author Biographies

A. Salsya Nurmaulidia, FKM Universitas Hasanuddin

Departemen Manajemen Rumah Sakit, FKM Universitas Hasanuddin

Indahwaty Sidin, FKM Universitas Hasanuddin

Departemen Manajemen Rumah Sakit, FKM Universitas Hasanuddin

Adelia U. Ady Mangilep, FKM Universitas Hasanuddin

Departemen Manajemen Rumah Sakit, FKM Universitas Hasanuddin

How to Cite
Nurmaulidia, A. S. ., Sidin, I., & Mangilep, A. U. A. (2021). PENILAIAN KINERJA BERDASARKAN BALANCED SCORECARD DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS HASANUDDIN TAHUN 2020: Performance Assessment Based on the Balanced Scorecard at Hasanuddin University Hospital in 2020. Hasanuddin Journal of Public Health, 2(1), 88–105. https://doi.org/10.30597/hjph.v2i1.12701

References

  1. Durst S, Hinteregger C, Zieba M. The Linkage Between Knowledge Risk Management and Organizational Performance. J Bus Res. 2019;105:1–10.
  2. Handayani BD. Pengukuran Kinerja Organisasi dengan Pendekatan Balanced Scorecard pada RSUD Kabupaten Kebumen. J Din Manaj. 2011;2(1):78–91.
  3. Aditama PB, Widowati N. Analisis Kinerja Organisasi pada Kantor Kecamatan Blora. J Public Policy Manag Rev. 2017;06(02).
  4. Hariningsih S, Hendra K, Nurlaela S. Pengaruh Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Rumah Sakit Islam Surakarta dengan Akuntabilitas Publik sebagai Variabel Intervening. J Ekon Paradig. 2018;19(02):148–156.
  5. Delaney JT, Huselid MA. The Impact of Human Resource Management Practices on Perceptions of Organizational Performance. Acad Manag J. 1996;39(4):949–969.
  6. Gosh S, Subrata M. Measurement of Corporate Performance Through Balanced Scorecard : An Overview. Vidyasagar University Journal of Commerce. 2006;11:60–70.
  7. Kaplan RS, Norton DP. Balanced Scorecard. Jakarta: Penerbit Erlangga; 1996.
  8. Shukri NFM, Ramli A. Organizational Structure and Performances of Responsible Malaysian Healthcare Providers: A Balanced Scorecard Perspective. Procedia Econ Financ 28. 2015;28:202–212.
  9. Parmita R. Analisis Pengukuran Kinerja Rumah Sakit dengan Pendekatan Balanced Scorecard pada Rumah Sakit Daerah Madani Palu. e-Journal Katalogis. 2015;3(5).
  10. Anshori Z. Analisis Kinerja Rumah Sakit Umum Daerah dengan Menggunakan Balanced Scorecard (Studi Kasus pada RSUD Dr. Soegiri Lamongan). Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya; 2018.
  11. Permatasari NOF, Nurkholis. Analisis Pengukuran Kinerja Rumah Sakit dengan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus Pada RSI Hasanah Muhammadiyah Mojokerto). Universitas Brawijaya; 2017.
  12. Arisudhana A. Penerapan Balanced Scorecard sebagai Salah Satu Tolak Ukur dalam Pengukuran Kinerja Tahun 2013 (Studi Kasus Pada Rumah Sakit X). Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta; 2014.
  13. OECD. Health at a Glance 2011 : OECD Indicators, Average Length of Stay in Hospitals. 2011.
  14. Fayanni Y. Kinerja Rumah Sakit Tipe C dengan Pendekatan Balanced Scorecard. Behav Account
  15. J. 2018;1(1):14–24.
  16. Mawaddah AN. Analisis Kinerja Organisasi dengan Pendekatan Balanced Scorecard di Rumah
  17. Sakit Universitas Hasanuddin Tahun 2013. Universitas Hasanuddin; 2013.
  18. Kawiana IM. Analisis Kinerja Berdasarkan Balanced Scorecard Unit Rawat Jalan Poliklinik RSU Surya Husadha Denpasar di Tahun 2012. Universitas Indonesia; 2012.
  19. Suryani YT. Implementasi Balanced Scorecard dalam Pengukuran Kinerja Manajemen Rumah Sakit. J Ilmu dan Ris Akunt. 2016;5(1):12–15.

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.