Main Article Content
Abstract
Kinerja organisasi sangat penting untuk kelangsungan hidup dan keberhasilan dari suatu organisasi, dan akibatnya pengukurannya diharapkan menjadi penting untuk semua jenis organisasi untuk mengevaluasi tindakan yang diambil oleh perusahaan dan manajer. Pengukuran kinerja suatu perusahaan atau organisasi sangat berguna untuk membandingkan kinerja perusahaan atau organisasi pada saat periode lalu dan saat periode yang akan datang, sehingga dapat diketahui kinerja mengalami perbaikan atau sebaliknya mengalami penurunan. Untuk mengetahui penilaian kinerja berdasarkan balanced scorecard di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian observasional dengan desain deskriptif dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin di Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan pada bulan Oktober - November 2020. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengambil data sekunder di rumah sakit. Hasil: Adapun hasil dari penelitian ini pada perspektif pertumbuhan dan pelajaran tergolong baik. Perspektif proses bisnis internal tergolong cukup. Pada perspektif pelanggan tergolong cukup. Perspektif keuangan tergolong kurang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, penilaian kinerja menggunakan balanced scorecard, kinerja Rumah Sakit Universitas Hasanuddin tergolong “cukup” karena skalanya 0,06 yang dimana kinerja dikatakan “kurang” jika skalanya -1 – 0, dikatakan “cukup” apabila skalanya 0 – 0,50 dan dikatakan “baik” apabila skalanya 0,51 – 1.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2021 by author
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
- Every manuscript submitted to must observe the policy and terms set by the Hasanuddin Journal of Public Health (HJPH).
- Publication rights to manuscript content published by the Journal of Public Health is owned by the journal with the consent and approval of the author(s) concerned. (download copyright agreement)
- Complete texts of electronically published manuscripts can be accessed free of charge if used for educational and research purposes according to copyright regulations.
Hasanuddin Journal of Public Health Universitas Hasanuddin is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Durst S, Hinteregger C, Zieba M. The Linkage Between Knowledge Risk Management and Organizational Performance. J Bus Res. 2019;105:1–10.
- Handayani BD. Pengukuran Kinerja Organisasi dengan Pendekatan Balanced Scorecard pada RSUD Kabupaten Kebumen. J Din Manaj. 2011;2(1):78–91.
- Aditama PB, Widowati N. Analisis Kinerja Organisasi pada Kantor Kecamatan Blora. J Public Policy Manag Rev. 2017;06(02).
- Hariningsih S, Hendra K, Nurlaela S. Pengaruh Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Rumah Sakit Islam Surakarta dengan Akuntabilitas Publik sebagai Variabel Intervening. J Ekon Paradig. 2018;19(02):148–156.
- Delaney JT, Huselid MA. The Impact of Human Resource Management Practices on Perceptions of Organizational Performance. Acad Manag J. 1996;39(4):949–969.
- Gosh S, Subrata M. Measurement of Corporate Performance Through Balanced Scorecard : An Overview. Vidyasagar University Journal of Commerce. 2006;11:60–70.
- Kaplan RS, Norton DP. Balanced Scorecard. Jakarta: Penerbit Erlangga; 1996.
- Shukri NFM, Ramli A. Organizational Structure and Performances of Responsible Malaysian Healthcare Providers: A Balanced Scorecard Perspective. Procedia Econ Financ 28. 2015;28:202–212.
- Parmita R. Analisis Pengukuran Kinerja Rumah Sakit dengan Pendekatan Balanced Scorecard pada Rumah Sakit Daerah Madani Palu. e-Journal Katalogis. 2015;3(5).
- Anshori Z. Analisis Kinerja Rumah Sakit Umum Daerah dengan Menggunakan Balanced Scorecard (Studi Kasus pada RSUD Dr. Soegiri Lamongan). Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya; 2018.
- Permatasari NOF, Nurkholis. Analisis Pengukuran Kinerja Rumah Sakit dengan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus Pada RSI Hasanah Muhammadiyah Mojokerto). Universitas Brawijaya; 2017.
- Arisudhana A. Penerapan Balanced Scorecard sebagai Salah Satu Tolak Ukur dalam Pengukuran Kinerja Tahun 2013 (Studi Kasus Pada Rumah Sakit X). Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta; 2014.
- OECD. Health at a Glance 2011 : OECD Indicators, Average Length of Stay in Hospitals. 2011.
- Fayanni Y. Kinerja Rumah Sakit Tipe C dengan Pendekatan Balanced Scorecard. Behav Account
- J. 2018;1(1):14–24.
- Mawaddah AN. Analisis Kinerja Organisasi dengan Pendekatan Balanced Scorecard di Rumah
- Sakit Universitas Hasanuddin Tahun 2013. Universitas Hasanuddin; 2013.
- Kawiana IM. Analisis Kinerja Berdasarkan Balanced Scorecard Unit Rawat Jalan Poliklinik RSU Surya Husadha Denpasar di Tahun 2012. Universitas Indonesia; 2012.
- Suryani YT. Implementasi Balanced Scorecard dalam Pengukuran Kinerja Manajemen Rumah Sakit. J Ilmu dan Ris Akunt. 2016;5(1):12–15.
References
Durst S, Hinteregger C, Zieba M. The Linkage Between Knowledge Risk Management and Organizational Performance. J Bus Res. 2019;105:1–10.
Handayani BD. Pengukuran Kinerja Organisasi dengan Pendekatan Balanced Scorecard pada RSUD Kabupaten Kebumen. J Din Manaj. 2011;2(1):78–91.
Aditama PB, Widowati N. Analisis Kinerja Organisasi pada Kantor Kecamatan Blora. J Public Policy Manag Rev. 2017;06(02).
Hariningsih S, Hendra K, Nurlaela S. Pengaruh Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasi terhadap Kinerja Rumah Sakit Islam Surakarta dengan Akuntabilitas Publik sebagai Variabel Intervening. J Ekon Paradig. 2018;19(02):148–156.
Delaney JT, Huselid MA. The Impact of Human Resource Management Practices on Perceptions of Organizational Performance. Acad Manag J. 1996;39(4):949–969.
Gosh S, Subrata M. Measurement of Corporate Performance Through Balanced Scorecard : An Overview. Vidyasagar University Journal of Commerce. 2006;11:60–70.
Kaplan RS, Norton DP. Balanced Scorecard. Jakarta: Penerbit Erlangga; 1996.
Shukri NFM, Ramli A. Organizational Structure and Performances of Responsible Malaysian Healthcare Providers: A Balanced Scorecard Perspective. Procedia Econ Financ 28. 2015;28:202–212.
Parmita R. Analisis Pengukuran Kinerja Rumah Sakit dengan Pendekatan Balanced Scorecard pada Rumah Sakit Daerah Madani Palu. e-Journal Katalogis. 2015;3(5).
Anshori Z. Analisis Kinerja Rumah Sakit Umum Daerah dengan Menggunakan Balanced Scorecard (Studi Kasus pada RSUD Dr. Soegiri Lamongan). Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya; 2018.
Permatasari NOF, Nurkholis. Analisis Pengukuran Kinerja Rumah Sakit dengan Pendekatan Balanced Scorecard (Studi Kasus Pada RSI Hasanah Muhammadiyah Mojokerto). Universitas Brawijaya; 2017.
Arisudhana A. Penerapan Balanced Scorecard sebagai Salah Satu Tolak Ukur dalam Pengukuran Kinerja Tahun 2013 (Studi Kasus Pada Rumah Sakit X). Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta; 2014.
OECD. Health at a Glance 2011 : OECD Indicators, Average Length of Stay in Hospitals. 2011.
Fayanni Y. Kinerja Rumah Sakit Tipe C dengan Pendekatan Balanced Scorecard. Behav Account
J. 2018;1(1):14–24.
Mawaddah AN. Analisis Kinerja Organisasi dengan Pendekatan Balanced Scorecard di Rumah
Sakit Universitas Hasanuddin Tahun 2013. Universitas Hasanuddin; 2013.
Kawiana IM. Analisis Kinerja Berdasarkan Balanced Scorecard Unit Rawat Jalan Poliklinik RSU Surya Husadha Denpasar di Tahun 2012. Universitas Indonesia; 2012.
Suryani YT. Implementasi Balanced Scorecard dalam Pengukuran Kinerja Manajemen Rumah Sakit. J Ilmu dan Ris Akunt. 2016;5(1):12–15.