Main Article Content

Abstract




Kurang mengonsumsi buah dan sayur dapat menimbulkan terjadinya berbagai macam penyakit yang dapat diatasi dengan diadakannya edukasi konsumsi buah dan sayur dengan menggunakan simulasi kuartet. Kartu kuartet termasuk dalam kategori media visual yang dimana dapat mempermudah menunjukkan realita kepada sasaran dengan menunjukkan gambar sesuai dengan pokok pembahasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pengetahuan anak usia sekolah dasar terhadap konsumsi buah dan sayur sebelum dan setelah memperoleh edukasi menggunakan metode simulasi kuartet. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilaksanakan pada bulan November 2020-Februari 2021 berlokasi di TPA Mir`aatul Khaerat. Informan dipilih dengan metode purposive sampling. Penyajian data berupa tabel disertai dengan narasi. Setelah pemberian edukasi diketahui responden memiliki tingkat pengetahuan baik sebanyak 70,8%, pengetahuan cukup sebanyak 29,2% dan pengetahuan kurang sebanyak 0%. Edukasi konsumsi buah dan sayur menggunakan simulasi kuartet memiliki pengaruh terhadap pengetahuan anak usia sekolah dasar.




Keywords

Edukasi Konsumsi Buah dan Sayur Kuartet

Article Details

Author Biographies

Ulfa Athiyah Sabrul, FKM Universitas Hasanuddin

Departemen Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin

Muhammad Arsyad Rahman, FKM Universitas Hasanuddin

Departemen Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin

Suriah Suriah, FKM Universitas Hasanuddin

Departemen Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin

How to Cite
Sabrul, U. A., Rahman, M. A., & Suriah, S. (2021). EDUKASI KONSUMSI BUAH DAN SAYUR PADA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI SIMULASI KUARTET: Education of Fruit and Vegetable Consumption in Elementary School Students Through Quartet Simulation. Hasanuddin Journal of Public Health, 2(2), 220–227. https://doi.org/10.30597/hjph.v2i2.13315

References

  1. Kementrian Kesehatan RI. 2019. Mari Makan Sayur Dan Buah Yang Berkhasiat Baik Bagi Tubuh Untuk Kelurga Indonesia Sehat. Jakarta: KEMENKES RI.
  2. Alfyan, M.T. 2010. Hubungan Pengetahuan Gizi Dengan Status Gizi Siswa. Abstrak. Fakultas Kedokteran Sumatera Utara. Medan.
  3. Tuzzahroh F, Soviana E, Sudaryanto R. 2015. Pengaruh penyuluhan gizi seimbang dengan media video, poster dan permainan kwartet gizi terhadap pengetahuan gizi dan status gizi siswa di Sekolah Dasar Negeri Karangasem III Kota Surakarta [Skripsi]. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
  4. Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.
  5. Lubis, Zul, Salasa, Akbar, Namora, Lumongga, Lubis, Eddy, Syahrial. 2013. Pengaruh Penyuluhan Dengan Metode Ceramah Dan Diskusi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Sikap Anak Tentang Phbs Di Sekolah Dasar Negeri 065014 Kelurahan Namogajah Kecamatan Medan Tuntungan Tahun 2013
  6. Retnaningsih Ika (2017). Pengembangan Media Kartu Kuartet Untuk Mengembangkan Kosakata Pada Anak Kelompok B TK Pertiwi 51 Tulasan Mulyodadi Bambanglipuro Bantul [skripsi]. Yogyakarta (ID) : Institusi Ilmu Pendidikan.
  7. Wardhani, Rahma Paramita Sri, Irwan Budiono. 2018. Lagu Edukasi Gizi Lebih Efektif Meningkatkan Pengetahuan Sayur & Buah Pada Siswi Perempuan. Journal of Health Education ISSN 2527-9252.
  8. Farisa, Soraya. 2012. Hubungan Sikap, Pengetahuan, Ketersediaan dan Keterpaparan Media Massa Dengan Konsumsi Buah dan Sayur Pada Siswa SMPN 8 Depok Tahun 2012. Skripsi
  9. Suryaningsih, Dieta, Naviati, Elsa. 2019. The Effect of Health Education with The Ladder Snake Game Media Against Children's Behavior in Choosing Snack in SD Negeri Bulusan Kecamatan Tembalang. Media Keperawatan Indonesia, Vol 2 No 2, June 2019 e-ISSN: 2615-1669
  10. Lathifa, Shofia, Mahmudiono, Trias. 2020. Pengaruh Media Edukasi Gizi Berbasis Web Terhadap Perilaku Makan Gizi Seimbang Remaja Sma Surabaya. Media Gizi Kesmas. Published by Universitas Airlangga. Media Gizi Kesmas, Vol. 9, No. 2, Desember 2020: Halaman : 48-56
  11. Nufaisah, Afifah. Emy, Yuliantini, Darwis. 2019. Pengaruh Edukasi Gizi Seimbang Dengan Permainan Kartu Bergambar Dan Puzzle Terhadap Pengetahuan Anak Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Bengkulu Tahun 2019. Al Fitrah Journal Of Early Childhood Islamic Education ISSN : 2599-2287 E-ISSN : 2622-335X Vol.3 No.1 Juli 2019
  12. Priawantiputri, Witri, Rahmat, Mamat, Asep, Iwan,Purnawan. Efektivitas Pendidikan Gizi dengan Media Kartu Edukasi Gizi terhadap Peningkatan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Makanan Jajanan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Volume 10, Nomor 3, November 2019 ISSN 2086-7751 (Print), ISSN 2548-5695 (Online) http://ejurnal.poltekkes-tjk.ac.id/index.php/JK
  13. Chagas, Carolina, Martins dos Santos, Giselle, Rhai-Sa Melo, Raquel, Braz Assunção Botelho and Natacha, Toral. 2020. Effects of the Rango Cards game intervention on food consumption, nutritional knowledge and self-efficacy in the adoption of healthy eating practices of high school students: a cluster randomised controlled trial. Public Health Nutrition: page 1 of 10 doi:10.1017/S1368980020000531
  14. Maghfiroh, Luluk Hidayatul, A Fahmy Arif Tsani, Fillah Fithra Dieny, Etisa Adi Murbawani, Rachma, Purwanti. 2021. The Effectiveness Of Nutrition Education Through Socio-Dramatic Method To Vegetable & Fruit Knowledge And Consumption In 5-6 Years Old Children. Maghfi roh et al. Media Gizi Indonesia (National Nutrition Journal). 2021.16(1): 1–9

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.