Main Article Content

Abstract




Komunikasi bukan hanya sebatas komunikasi yang dipakai untuk berbicara dengan pasien, namun komunikasi antar dokter dan pasien memiliki hubungan yang bertujuan untuk menyembuhkan pasien yang berdampak pada kepuasan pasien. Berdasarkan survei kepuasan yang dilakukan di Rumah Sakit Unhas pada tahun 2019 memperoleh hasil yaitu sebanyak 57% pasien Kelas 1 yang menyakatan puas, 68% pasien kelas 2 dan 3 yang menyatakan puas berkomunikasi dengan dokter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas komunikasi dengan tingkat kepuasan pasien di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian cross sectional study. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 90 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Universitas Hasanuddin pada bulan april sampai juni. Data dianalisis secara univariat dan bivariat menggunakan analisis chi square. Hasil penelitian berdasarkan uji chi square menunjukkan bahwa dimensi mendengarkan, percaya diri dan informasi berhubungan secara signifikan terhadap kepuasan pasien. Berdasarkan uji chi square terhadap 3 dimensi tersebut hasil uji diperoleh nilai p=0,000 < nilai =0,05. Sedangkan dimensi pengambilan keputusan tidak berhubungan secara signifikan terhadap kepuasan pasien dengan hasil uji diperoleh nilai p=1,000 > nilai =0,05.  Komunikasi yang efektif merupakan salah satu faktor yang menyebabkan pasien merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit. Saran kepada dokter untuk bisa lebih memperhatikan lagi komunikasi yang dilakukan dengan pasien selama perawatan berlangsung.




Keywords

Kualitas komunikasi Kepuasaan pasien

Article Details

Author Biographies

Hasna Hasna, FKM Universitas Hasanuddin

Departemen Manajemen Rumah Sakit, Fakultas Kesehatan Masyarakat Univeristas Hasanuddin

Irwandy Irwandy, FKM Universitas Hasanuddin

Departemen Manajemen Rumah Sakit, Fakultas Kesehatan Masyarakat Univeristas Hasanuddin

Nur Arifah, FKM Universitas Hasanuddin

Departemen Manajemen Rumah Sakit, Fakultas Kesehatan Masyarakat Univeristas Hasanuddin

How to Cite
Hasna, H., Irwandy, I., & Arifah, N. (2022). HUBUNGAN KUALITAS KOMUNIKASI DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UNIVERSITAS HASANUDDIN: Related Communication Quality With the Level of Patient Satisfaction at the Hasanuddin University Hospital. Hasanuddin Journal of Public Health, 3(2), 155–165. https://doi.org/10.30597/hjph.v3i2.21856

References

Read More

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.