Perbandingan Penskoran Dikotomi dan Politomi dalam Teori Respon Butir untuk Pengembangan Bank Soal Matakuliah Matematika Dasar

Authors

  • Anisa Anisa

DOI:

https://doi.org/10.20956/jmsk.v9i2.3402

Abstract

Teori Respon Butir merupakan pendekatan modern yang dilakukan untuk memberikan evaluasi dan penilaian terhadap perangkat tes yang digunakan dan hasil belajar peserta didik untuk mendapatkan informasi tentang sejauh mana keberhasilan guru/dosen sebagai fasilitator dalam menyajikan bahan pembelajaran serta sejauh mana peserta didik dapat menyerap materi yang diajarkan. Pada penelitian ini Teori Respon Butir difokuskan pada Penskoran Dikotomi dan Politomi untuk mengevaluasi perangkat tes matakuliah Matematika Dasar pada Fakultas Kehutanan dan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Hasanuddin, dan penilaian hasil belajar mahasiswa pada kedua fakultas tersebut, sebagai langkah untuk pengembangan bank soal yang berkualitas untuk matakuliah ini. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan untuk soal matakuliah Matematika Dasar yang merupakan matakuliah di bawah  koordinasi dari UPT MKU Universitas Hasanuddin Makassar.

 

Downloads

Published

2018-02-01

Issue

Section

Research Articles