PARTIAL LEAST SQUARE-STRUCTURAL EQUATION MODELING PADA HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA DAN KUALITAS GOOGLE CLASSROOM BERDASARKAN METODE WEBQUAL 4.0

Authors

DOI:

https://doi.org/10.20956/jmsk.v16i2.7851

Keywords:

partial least squares, pls-sem, webqual 4.0

Abstract

Abstract

This paper studied a relationship between the quality of google classroom and student satisfaction. The quality of google classroom measured based on the Webqual 4.0 which is consists of four variables i.e. information quality, service interaction quality, user interface quality and usability. The relationship modeling between these latent variables and the student satisfaction was done by using the Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Estimation parameters of the model used PLS-SEM algorithm and Ordinary Least Square (OLS) method. Data was collected using a questionnaire to 89 students of google classroom’s Probability and Statistics Course, Odd Semester 2017-2018 at STMIK Sumedang. The result showed the information quality, the service interaction quality and the user interface quality does not have significantly influence of the student satisfaction. Each of the total effects are 0.149; 0.011 and -0.155. While the usability has a significant effect to the student satisfaction positively with total effect 0.707.

 

Keywords : partial least squares, pls-sem, webqual 4.0

 

Abstrak

Hubungan antara kualitas google classroom dan tingkat kepuasan mahasiswa dipelajari pada paper ini. Kualitas google classroom diukur berdasarkan metode Webqual 4.0 yang terdiri atas empat variabel laten yaitu kualitas informasi, kualitas interaksi layanan, kualitas antar muka pengguna dan kegunaa. Pemodelan hubungan antara keempat laten variabel tersebut dengan tingkat kepuasan mahasiswa dilakukan dengan menggunakan Partial Least Squares- Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Estimasi parameter model dilakukan dengan menggunakan algoritma PLS-SEM yang didasarkan pada metode Ordinary Least Square (OLS). Data penelitian diperoleh melalui penyebaran 89 kuesioner terhadap mahasiswa yang terdaftar pada google classroom mata kuliah Probabilitas dan Statistika pada Semester Gasal 2017-2018 di STMIK Sumedang. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas informasi, kualitas antar muka penggunan dan kualitas interaksi layanan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat kepuasan mahasiswa dengan total pengaruh berturut-turut 0,149; 0,011 dan -0,155. Sementara variabel kegunaan berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat kepuasan mahasiswa dengan total pengaruh sebesar 0,707.

 

Keywords : partial least squares, pls-sem, webqual 4.0

References

N. Asnawi, “Pengukuran Usability Aplikasi Google Classroom Sebagai E-learning Menggunakan USE Questionnaire (Studi Kasus: Prodi Sistem Informasi UNIPMA),” Res. Comput. Inf. Syst. Technol. Manag., vol. 1, no. 2, pp. 17–21, 2018.

D. B. P. Pradana and R. Harimurti, “PENGARUH PENERAPAN TOOLS GOOGLE CLASSROOM PADA MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Diemas Bagas Panca Pradana Pendidikan Teknologi Informasi , Fakultas Teknik , Universitas Negeri Surabaya , Email : diemaspradana@mhs.une,” IT-Edu, vol. 02, no. 01, pp. 59–67, 2017.

S. R. Arifin, E. Nugroho, and B. S. Hantono, “ANALISIS KUALITAS LAYANAN WEBSITE UNIVERSITAS HASANUDDIN DENGAN METODE WEBQUAL 4.0 MODIFIKASI,” Teknomatika, vol. 8, no. 1, pp. 81–92, 2013.

W. Sastika, “ANALISIS PENGARUH KUALITAS WEBSITE ( WEBQUAL 4 . 0 ) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA WEBSITE E-COMMERCE TRAVELOKA ( Studi Kasus : Pengguna Traveloka di Kota Bandung Tahun 2015 ),” in Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2016, no. 18-19 Maret, pp. 649–657.

Warjiyono and C. M. Hellyana, “PENGUKURAN KUALITAS WEBSITE PEMERINTAH DESA JAGALEMPENI MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 2, pp. 139–146, 2018.

I. Giyanti and E. Suparti, “Penilaian Kualitas Aplikasi Halal MUI dengan WebQual 4.0 dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Penggunaan,” J. Tek. Ind., vol. 13, no. 2, pp. 91–98, 2018.

D. N. Fauziah and D. A. N. Wulandari, “Pengukuran Kualitas Layanan Bukalapak.com terhadap Kepuasan Konsumen dengan Metode WebQual 4.0,” J. Ilmu Pengetah. dan Teknol. Komput., vol. 3, no. 2, pp. 173–180, 2018.

Syaifullah and D. O. Soemantri, “PENGUKURAN KUALITAS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4 . 0,” J. Rekayan dan Manaj. Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 19–25, 2016.

A. Manik, I. Salamah, and E. Susanti, “Pengaruh Metode WebQual 4.0 terhadap Kepuasan Pengguna Website Politeknik Negeri Sriwijaya,” J. Elektro Telekomun. Terap., vol. Juli, pp. 477–484, 2017.

K. Wong and K. Wong, “Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) Techniques using SmartPLS,” Marketing Buletin, 24, Technical Note 1, pp. 1–32, 2013.

K. Gye-soo, “Partial Least Squares Structural Equation Modeling ( PLS-SEM ): An application in Customer Satisfaction Research,” Int. J. u- e- Serv. Sci. Technol., vol. 9, no. 4, pp. 61–68, 2016.

J. F. Hair, G. T. M.Hult, C. M.Ringle, and M. Sarstedt, Partial Least Squares Structural Equation Modeling ( PLS-SEM ). United States of America: SAGE Publications, Inc, 2014.

J. F. H. Jr, L. Hopkins, M. Georgia, and S. College, “Partial Least Squares Structural Equation Modeling ( PLS-SEM ) An Emerging Tool in Business Research,” Eur. Bus. Rev., vol. 26, no. 2, pp. 106–121, 2014.

Downloads

Published

2019-12-19

Issue

Section

Research Articles