Main Article Content

Abstract

Sektor pariwisata dapat menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke daerah tersebut. Meskipun sektor pariwisata sangat berlimpah namun belum dikelola secara maksimal, salah satu objek wisata yang saat ini sedang dikembangkan di Kabupaten Barru  adalah BATBES Jungle Camp yang berada tepat di Kecamatan Barru,  Kelurahan Sepe’e. Tujuan program kerja ini untuk mengembangkan suatu tempat objek wisata yaitu BATBES Jungle Camp yang berlokasi di Kab. Barru yang dulunya sempat vakum dan belum berkembang sehingga penulis juga mengadakan program TALIA (Taman Literasi Anak) yang bertempat di objek wisata tersebut. Selain ingin meramaikan objek wisata tersebut dengan mengadakan TALIA (Taman Literasi Anak) di lokasi wisata, penulis juga ingin mendorong pendidikan terhadap anak-anak bahkan masyarakat yang berkunjung dengan memfasilitasi TALIA (Taman Literasi Anak) dengan perpustakaan mini dan pembelajaran berbahasa inggris. Pada program kerja objek wisata ini, penulis telah melakukan berbagai macam output pada objek wisata BATBES Jungle Camp yaitu Anjungan, Papan Welcome, Papan tata tertib, Mapping Objek Wisata, dan Logo BATBES Jungle Camp. Dari penjelasan tersebut penulis menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan fokus penelitian 1. Integrasi Program Taman Literasi Anak dalam pengembangan Wisata Alam BATBES jungle Camp 2. Faktor-faktor yang mempengaruhi Integrasi Program Taman Literasi Anak dalam pengembangan Wisata Alam BATBES jungle Camp.

Keywords

Pengembangan Literasi Wisata Alam

Article Details

How to Cite
Ismail, A., Munsi, H. ., Furqan, M. I. N., Ramadhan, M. A., Nur, P. A., & Khalisah, N. (2024). INTEGRASI PROGRAM TAMAN LITERASI ANAK DALAM PENGEMBANGAN WISATA ALAM BATBES JUNGLE CAMP . Jurnal Pengabdian Masyarakat Hasanuddin, 5(1). https://doi.org/10.31947/jpmh.v5i1.35580

References

  1. Rahmatillah, T. Putri. 2019. Strategi Pengembangan Desa Wisata Berbasis Wisata Alam & Budaya Sebagai Media Promosi Desa Sangiang. Jurnal Planoeart. 4(2): 2123-2127.
  2. Ramadhani, W. R. Nova. 2021. Implementasi Program Taman Bacaan Desa Dalam Meningkatkan Budaya Literasi Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Mojorejo Jetis Ponorogo. Skipsi, Jurusan Pendidikan Guru Ibtidaiyyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Ponogoro.
  3. Komariah, N., Yusup, P. M., Saepudin, E., & Rodiah, S. (2017). Pendidikan literasi lingkungan sebagai penunjang desa wisata agro Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, 6(2).