Rice Marketing Value Chain In Makassar Terong Traditional Market

Isi Artikel Utama

Marina Marina
Didi Rukmana
Letty Fudjaja
A Amrullah
Pipi Diansari

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan yang dilakukan pedagang besar danpengecer di Pasar Terong Tradisional Makassar dan mengetahui margin pemasaran berasdi Pasar Terong Tradisional Makassar. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 8responden pedagang eceran dan pedagang besar sebanyak 6 responden diambil dengancara simple random sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptifuntuk mengidentifikasi kegiatan perbesaran beras di Pasar Tradisional Terong Kota Makassar dan analisis kuantitatif digunakan untuk menganalisis marjin pemasaran dan rasio keuntungan beras di Pasar Tradisional Terong Kota Makassar. Kegiatan yang dilakukan oleh pedagang besar sebelum melakukan penjualan adalah memastikan jumlahstok beras, menghubungi pemasok beras dan melakukan penjualan langsung maupun tidak langsung sedangkan pengecer tidak melakukan rangkaian kegiatan sebelum berjualan, pada tingkat pedagang beras hanya melakukan kegiatan penjualan. Margin pemasaran dari pengecer yaitu Rp. 1.705 sedangkan magin pemasaran di tingkat grosir

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Marina, M., Rukmana, D., Fudjaja, L., Amrullah, A. dan Diansari, P. (2020) “Rice Marketing Value Chain In Makassar Terong Traditional Market ”, Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 16(3), hlm. 302-312. doi: 10.20956/jsep.v16i3.8424.
Bagian
Articles

Referensi

Ariyono, Ardie. 2011. Analisis Pendapatan Usahatani Padi Dan Sistem Pemasaran Beras Di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat. Institut Pertanian Bogor.

Mangifera, Liana. 2015. Analisis Rantai Nilai( Value Chain )Pada Produk Batik Tulis Di Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.

Asmarantaka, Winandi. 2012. Pemasaran Agribisnis (Agrimarketing). PT Penerbit IPB Press. Bogor

Sulaiman Fahmi. 2015. Pengendalian Persediaan Bahan Baku Dengan Menggunakan Metode Eqq Pada UD. Adi Mabel. Politeknik LP31. Medan

Wijandi, Soesarsono. 2008 Penanganan dan Pengolahan Serealia dan Palawija

Fahroji, 2014. Pasca Panen. Kementerian Pertanian. Riau

Handyani, Alfiana, 2013. Evaluasi Mutu Beras Dan Tingkat Kesesuaian Penanganannya (Studi Kasus Di Kabupaten Karanganyar). Badan Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Tengah.

Prihartono, Bagus. 2018. Analisis Pemasaran Produk Agribisnis Ubi Kayu Di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Institut Pertanian Bogor. Bogor.