Abstract
Salah satu hal yang menjadi perhatian sebuah rumah sakit adalah dalam hal ekuitas merek rumah sakit. Penelitian ini bertujuan mengukur variabel yang membentuk ekuitas merek Rumah Sakit Tadjuddin Chalid Makassar. Penelitian ini dilaksanakan di wilayah sekitar RS Tadjuddin Chalid Makassar. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah cross sectional study. Populasinya adalah seluruh masyarakat kelurahan Daya, Paccerakang, dan Sudiang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster sampling pada kelurahan Daya, Paccerakang, dan Sudiang dengan mewawancarai 213 masyarakat. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis faktor konfirmatori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal, mengetahui letak, mengetahui layanan, mengingat layanan berdasarkan pengalaman, signifikan untuk mengukur kesadaran merek. Kemampuan menyebutkan RS Tadjuddin Chalid sebagai RS untuk penderita kusta, untuk masyarakat menengah ke bawah, sulit dijangkau oleh masyarakat, memiliki lingkungan yang bersih, menerima pelayanan umum, signifikan untuk mengukur asosiasi merek RS Tadjuddin Chalid Makassar. Kesimpulan penelitian ini adalah pelayanan administrasi, pemeriksaan pasien, ketersediaantenaga, pelayanan petugas, dan kelengkapan alat medis, signifikan untuk mengukur persepsi kualitas RS Tadjuddin Chalid Makassar. Kesadaran merek, asosiasi merek, dan persepsi kualitas signifikan untuk mengukur ekuitas merek RS Tadjuddin Chalid Makassar.
Full text article
References
Yoga Aditama. T. Manajemen Administrasi Rumah Sakit Jakarta: Universitas Indonesia; 2002.
Kottler, Philip, Keller KL. Manajemen Pemasaran: Edisi 12. Jakarta: PT Indeks; 2008.
Rangkuti, Freddy. The Power of Brand Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek. Jakarta: PT.Gramedia Utama; 2002.
Duranto D, Sugiarto, Lee BJ. Brand Equity Ten: Strategi Memimpin Pasar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama; 2004.
Gil, R. Bravo, E. Fraj Andre´s dan E. Martı´nez Salinas. Family As A Source Of Consumer-Based Brand Equity . Journal of Product & Brand Management, 2007: 16 (3); 188–199.
Alexandris, K., S. Douka, P. Papadopoulos dan A. Kaltsatou. Testing the role of service quality on the development of brand associations and brand loyalty. Managing Service Quality. 2008: 18 (3); 239-254.
Tong, Xiao dan Jana M. Hawley. Measuring Customer Based Brand Equity: Empirical Evidence from the Sportswear Market in China. Journal of Product & Brand Management. 2009: 18(4); 262-271.
Eryanto, Henry. Hubungan Antara Mutu Pelayanan Dengan Kesetiaan Pasien. Jurnal econo sains. 2011: 9 (2); 107-118.
Aaker, David. Manajemen Ekuitas Merek, Terjemahan Aris Ananda. Jakarta: Mitra Utama; 1977.
McDougall, Levesque. Costumer Satisfaction with Service : Putting Perceived Value into The Equation. Journal of Services Marketing. 2000: 14 (5); 392-410.
Ballester, Elena Delgado, Jose Luis Munuera Aleman. Does Brand Trust Matter To Brand Equity?. Journal of Product & Brand Management. 2005: 14 (3); 187–196.
Kressmann, Frank., M. Joseph Sirgy, Andreas Herrmann, Frank Huber, Stephanie Huber, Dong-Jin Lee. Direct And Indirect Effects Of Self-Image Congruence On Brand- Loyalty. Journal of Business Research. 2006:59; 955–964.
Subanegara H.P. Diamond Head Drill & Kepemimpinan Dalam Manajemen Rumah Sakit. Yogyakarta: Penerbit Andi; 2005.
Authors
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc.
All articles published Open Access are free for everyone to read and download. Under the CC-BY-NC-SA license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Media Kesehatan Masyarakat Indonesia Universitas Hasanuddin in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Media Kesehatan Masyarakat Indonesia Universitas Hasanuddin are required to cite the original source, including the author's names, Media Kesehatan Masyarakat Indonesia Universitas Hasanuddin as the initial source of publication, year of publication, and volume number.
Media Kesehatan Masyarakat Indonesia Universitas Hasanuddin is licensed under Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.