PERSEPSI KARYAWAN TERHADAP PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DI PT. SEMEN TONASA

Hasyrul Almani, Atjo Wahyu, Muhammad Rum Rahim

Abstract

Sejak tahun 2000 PT. Semen Tonasa telah menerapkan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3). Setelah melakukan observasi, masih ada tenaga kerja yang tidak mengikuti SMK3 yang ditetapkan oleh pihak manajemen perusahaan, khususnya pada unit produksi tonasa IV, seperti tidak menggunakan APD yang memadai pada saat bekerja dan tidak mematuhi rambu-rambu keselamatan yang ada. Hal tersebut mungkin disebabkan oleh persepsi yang kurang baik terhadap penerapan SMK3 dan memengaruhi dukungan terhadap penerapan SMK3. Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor yang berhubungan dengan persepsi karyawan unit produksi Tonasa IV terhadap penerapan SMK3 di PT. Semen Tonasa tahun 2013. Jenis Penelitian ini adalah survei analitik dengan pendekatan cross sectional study terhadap 60 karyawan unit produksi tonasa IV sebagai sampel. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji chi square. Hasil penelitian diperoleh variabel yang berhubungan dengan persepsi karyawan terhadap penerapan SMK3 di PT. Semen Tonasa adalah umur (p=0,002), pengetahuan (p=0,002), masa kerja (p=0,008), dan pelatihan K3 (p=0,008) dan variabel yang tidak berhubungan persepsi karyawan Unit Produksi Tonasa IV terhadap penerapan SMK3 adalah tingkat pendidikan (p=1,00). Disimpulkan bahwa ada hubungan antara umur, pengetahuan, masa kerja dan pelatihan K3 dengan persepsi penerapan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja di PT. Semen Tonasa

References

1. Setiawan, D. Pengaruh Faktor-Faktor Safety Climate Terhadap Safety Behavior (Studi Pada Karyawan PT Makmur Sejahtera Wisesa dan Kontraktornya pada Pembangunan Proyek PLTU 2x30 MW Tanjung Tabalong) [Skripsi]. Surabaya: Universitas Surabaya; 2012.

2. Kurnia, Ahmad. Materi Pendukung Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pertemuan 02-A [online] 2010; [diakses tanggal 02 Januari 2013]. Available at: http://www.repository.binus.ac.id

3. Junita, M. Presepsi Tenaga Kerja Tentang Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) dan Pedoman Penerapan SMK3 di PT. Inalum Kuala Tanjung [Skripsi]. Medan: Universitas Sumatera Utara; 2005.

4. Ikhwan Z. Pengaruh Faktor Predisposing, Enabling, Reinforcing, Terhadap Perilaku Pengurus P2K3 di PT. Semen Andalas Belawan Tahun 2004 [Skripsi]. Medan: Universitas Sumatera Utara; 2004.

5. Suma’mur PK. Keselamatan Kerja dan Pencegahan Kecelakaan. Jakarta: PT.Gunung Agung; 2003.

6. Syartini T. Penerapan SMK3 dalam Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja di PT. Indofood CBP Sukses Makmur Divisi Noodle Cabang Semarang [Skripsi]. Semarang: Universitas Sebelas Maret; 2010.

7. Ishak MN. Persepsi Manajemen Terhadap Resiko Kecelakaan Kerja dan Manafaat K3 dan Hubungannya dengan Penerapan Program K3 di Perusahaan X Lhoeksumawe Aceh Utara [Tesis]. Medan: Universitas Sumatera Utara; 2003.

8. Wirawan S. Psikologi Pembangunan. Jakarta: PT.Garamedia Sarana Indonesia; 1996. Rahmat, Jalaluddin. Psikologi komunikasi.Bandung: PT. Remaja Rosdakarya; 2005.

9. Ravianto, J. Produktivitas dan Tenaga Kerja Indonesia. Jakarta: Lembaga Sarana Informasi Usaha dan Produktivitas; 1990.

10. Siagian, S, P. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta; 1989.

11. Soeripto. Manajemen K3 dan Penerapannya. Majalah Hiperkes dan Keselamatan Kerja.1998; Volume XXXI.

12. Hamalik, Oemar. Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan. Jakarta: Bumi Aksara; 2001.

Authors

Hasyrul Almani
hasyrul_gagah@yahoo.com (Primary Contact)
Atjo Wahyu
Muhammad Rum Rahim
Almani, H., Wahyu, A., & Rahim, M. R. (2016). PERSEPSI KARYAWAN TERHADAP PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DI PT. SEMEN TONASA. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 10(1), 43-50. https://doi.org/10.30597/mkmi.v10i1.479
Copyright and license info is not available

Article Details

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.