PENGEMBANGAN BISNIS ANEKA CEMILAN UMKM DI DESA SUKANAGALIH
DOI:
https://doi.org/10.20956/pa.v6i3.14755Keywords:
Snacks, SMEs, entrepreneur, SukanagalihAbstract
This activity aims to assist in business skills for the small enterprise Rupi-Rupi Cemilan Bu Siti, which produces various snacks, with the aim of business growth. The business owner struggles with limited and irregular sales due to strategic, operational, and marketing limitations. The activity is expected to bring the owner one step closer to achieving their desire to turn the business into a sustainable source of income through the presence of stable demand. The method consists of three stages: planning, intensive guidance through hands-on practice in Sukanagalih village, and follow-up guidance. This activity includes, among others, the increase in operational efficiency and consistency, brand and packaging development, new product varieties, and a simple financial recording system, along with increased revenue. --- Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bantuan dalam bentuk kemampuan berbisnis pada usaha kecil “Rupi-Rupi Cemilan Bu Siti” yang memproduksi berbagai jenis makanan ringan, sehingga usaha dapat berkembang. Pemilik usaha mengalami permasalahan penjualan yang terbatas dan irreguler, dikarenakan hambatan dalam bidang strategis, operasional, dan pemasaran. Diharapkan kegiatan ini dapat memungkinkan mitra satu langkah lebih dekat dalam mencapai keinginannya untuk menjadikan usaha tersebut sebagai kesehariannya dengan adanya permintaan produk yang stabil. Metode yang digunakan terdapat tiga tahap yaitu perencanaan, pendampingan intensif yang merupakan praktek langsung di Desa Sukanagalih, dan pendampingan lanjutan. Hasil kegiatan ini adalah efisiensi dan konsistensi operasional, pengembangan merek dan kemasan, varian produk baru, dan sistem pencatatan keuangan sederhana, serta peningkatan omzet.
References
Mulyaningrum, M., & Indah, D. Y. (2019). Karakteristik Wirausaha Pendatang terhadap Perilaku Kewirausahaan Masyarakat Lokal di Desa Sukanagalih. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 12(2), 64–69.
Rahayu, F. (2019). Penerapan Metode DMAIC untuk Pengendalian Kualitas pada UKM Tempe Semanan. Prosiding Seminar Intelektual Muda, 1(1).
Asnan, (2019). Penerapan Metode DMAIC untuk Minimalisasi Material Scrap pada Warehous Packaging Marsho PT. SMART Tnk. Surabaya. 18(1). 1-8.
Rahmana, A. (2009). Peranan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil Menengah. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).
Sarfiah, S. N., Atmaja, H. E., & Verawati, D. M. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 137–146.
Chomsatu, Y., Mursito, B., & Maulana, I. (2019). Pelatihan Kewirausahaan: "Strategi Peningkatan Penjualan Melalui Packaging Produk Yang Menarik" Pada UMKM Desa GumuKrejo. Jurnal BUDIMAS, 1(1), 5-8.
Sokovic, M., Pavletic, D., & Pipan, K. K. (2010). Quality Improvement Methodologies–PDCA Cycle, RADAR Matrix, DMAIC and DFSS. Journal of Achievements in Materials and Manufacturing Engineering, 43(1), 476–483.
Rukmini, Kristiyanti, L.M.S.K., Pardanawati, S.L., Budi, W., Utami, Suprihati, & Hadi, S. (2019). Pelatihan Akuntansi Untuk Penyelengaraan Pembukuan Sederhana Bagi Kelompok kerja Desa Jeblog Karanganom, Jurnal BUDIMAS, 1(1), 38-43.
Vincent, G., & Avanti, F. (2011). Lean six sigma for manufacturing and service industries. Penerbit Vinchiristo Publication, Bogor.
Adhawati, S.S., Cangara, A.S., & Suwarni (2017). Pengembangan Usaha Terasi Rebon di Dusun Je’ne Desa Lagaruda Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar. Jurnal Panrita Abdi, 1(2), 97-106.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Natasha Wijaya, Leonardo Julianco, Josephine Janto, Bryan Raffael Chandra, Fernando Montero, Ridha Aditya Nugraha, Martina Tiara Kasih, Gianni Tanoto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.