PENDAMPINGAN DIGITAL MARKETING (LOCAL GUIDE DAN INSTAGRAM) BAGI POKDARWIS KAMPUNG TEMATIK JAMRUT KOTA SEMARANG

Authors

  • Tusyanah Tusyanah Universitas Negeri Semarang
  • Sri Utami Universitas Negeri Semarang
  • Rizka Andriyati Universitas Negeri Semarang
  • Edy Suryanto Universitas Negeri Semarang
  • Moch Faizal Rachmadi Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.20956/pa.v7i1.18759

Keywords:

Thematic villages, pokdarwis, digital promotion

Abstract

There were many thematic villages in Semarang; one of them is the thematic village ”Jambu Jeruk/Jamrut” located in Dukuh Mendak, Ngijo Village, Gunungpati District, Semarang (Pemkot Semarang, 2017). Tourism Awareness Group (Pokdarwis) Jamrut has been trying to develop the potential of local tourism by making the environment more beautiful and clean such as; painting, making icons, and utilizing used bottles and cans. Therefore, the community service team considers that digital promotion is needed to attract the number of visitors who come and purchase, ultimately improving citizens' well-being. The workshop's objectives are 1) to improve knowledge and skills in photography and social media account management, and 2) to practice the skills of uploading content on social media. The methods of this workshop are 1) a lecture on photography and account management of Local guide and Instagram and 2) practice of photography and account management of Local guide and Instagram. Twenty members of Pokdarwis Jamrut joined this workshop. The workshop program begins with delivering photography materials and posting the content to Instagram and the Local guide. The workshop results showed that 1) the Pokdakwis members' knowledge and photography skills improved, and 2) the management of Pokdarwis Jamrut can upload the posts on Instagram accounts (https://www.instagram.com/kampoeng.jamrut/) and Local guide account on https://goo.gl/maps/oSgU6EVSP1FZR1xi9. Therefore, to optimize digital promotion is expected Pokdarwis Jamrut created other digital promotional media such as; Web blog, Twitter and YouTube. --- Wilayah kota Semarang memiliki banyak kampung tematik. Salah satunya adalah kampung tematik “Jambu Jeruk/ Jamrut” yang terletak di Dukuh Mendak, Desa Ngijo, Kecamatan Gunungpati, Semarang (Pemkot Semarang, 2017). Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Jamrut telah berupaya mengembangkan potensi wisata lokal dengan membuat lingkungan menjadi lebih asri dan bersih seperti; melukis, membuat ikon, dan memanfaatkan botol dan kaleng bekas. Oleh karena itu, tim pengabdian masyarakat memandang bahwa promosi digital diperlukan untuk menarik jumlah pengunjung yang datang dan membeli, yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan warga. Tujuan dari pengabdian ini adalah 1) meningkatkan pengetahuan dan keterampilan fotografi dan pengelolaan akun media sosial; dan 2)  melatih  keterampilan  mengupload  konten  di   media  sosial.  Metode  dari  pengabdian  ini meliputi 1) ceramah tentang fotografi dan pengelolaan akun Local guide dan Instagram dan 2) praktek fotografi dan pengelolaan akun Local guide dan Instagram. Workshop ini diikuti oleh 20 orang anggota pokdarwis Kampung Jamrut. Program workshop dimulai dengan pelatihan desain grafis, materi fotografi, dan memposting konten ke Instagram dan Local guide. Hasil workshop menunjukkan bahwa 1) pengetahuan dan keterampilan fotografi anggota pokdakwis semakin baik, dan 2) manajemen Pokdarwis Jamrut dapat mengunggah postingan di akun Instagram (https://www.instagram.com/kampoeng.jamrut/) dan akun Local guide di https://goo.gl/maps/oSgU6EVSP1FZR1xi9. Oleh karena itu, untuk memaksimalkan promosi digital, diharapkan Pokdarwis Jamrut untuk membuat media promosi digital lainnya seperti; Webblog, Twitter, dan YouTube.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, T. (2018). Kampung tematik sebagai bentuk partisipasi masyarakat dalam permasalahan permukiman kumuh di Kota Malang. Wahana: Tridarma Perguruan Tinggi, 70(2), 37-48.

Andika (2020). Jadikan Kawasan Wisata Jambu danJeruk https://www.suaramerdeka.com/bola/pr-04123561/jadikan-kawasan-wisata-jambu-dan-jeruk pada 25 Maret 2020

Dewi, N. P. A. W. P., & Mahyuni, L. P. (2022). Optimalisasi Internet Marketing Untuk Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro Handicraft Di Desa Sebatu. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 6(2), 324-334.

Dewanti, R. A., & Gustaman, F. A. (2021). Partisipasi Masyarakat dalam Pengembangan Pasar Wisata Papringan di Dusun Ngadiprono Desa Ngadimulyo Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung. Solidarity: Journal of Education, Society and Culture, 10(1), 86-95.

Kelurahan Ngijo (2021). Kampung Jamrut. Diakses pada http://ngijo.semarangkota.go.id/kampung-jambu-dan-kampung-jeruk-terpadu tanggal 1 Maret 2021.

Kudsiah, H., Rahim, S.W., Rifa’i, M.A., & Arwan. (2018). Demplot Pengembangan Budidaya Kepiting Cangkang Lunak di Desa Salemba, Kecamatan Ujung Loi, Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan. Jurnal Panrita Abdi, 2(2), 151-164.

Pemkot Semarang. (2017). Kampung Tematik. Diakses pada http://gerbanghebat.semarangkota.go.id/home/hal-tematik/1 tanggal 1 Januari 2021

Rantelinggi, P. H., Irianti, A., & Aryanto, D. (2020). Implementasi Layanan Aplikasi Bergerak Untuk Informasi Wisata Provinsi Papua Barat. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), 7(5).

Rifa'i, M.A., Muzdalifah, & Kudsiah, H. (2018). Pengembangan Usaha Produk Intelektual Kampus: Anemon Laut Ornamen. Panrita Abdi Jurnal, 2(1), 40-47.

Rifa’i, M.A., Candra, Muzdalifah, & Kudsiah, H. (2020). Pemberdayaan Istri Kelompok Pembudidaya Ikan Patin dengan Pengembangan Produk Fillet. Jurnal Panrita Abdi, 4(3), 369-379.

Rifa’i, M.A., Candra, Muzdalifah, Agustina, & Kudsiah, H., Mubarak, M.S., & Norliana. (2021). Transfer Teknologi Pembuatan Sosis Berbahan Baku Ikan Patin (Pangasius sp) bagi Kelompok Pembudidaya Ikan dan Keluarganya. Jurnal Panrita Abdi, 5(4), 589-599.

Rohimah, A., & Hakim, L. (2021). Ekologi Media: Penguatan Ekuitas Industri Pariwisata Melalui Media Sosial Marketing. Communicatus: Jurnal Ilmu komunikasi, 5(1), 99-118.

Tanjung, M. R. (2016). Fotografi Ponsel (Smartphone) Sebagai Sarana Media Dalam Perkembangan Masyarakat Modern. PROPORSI: Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 1(2), 224-234.

Tusyanah, T., Anissa, R. N., Chayatina, N., Sakitri, W., & Utami, S. (2019). Utilizing local guide to improve EFL students’ English writing skill: An outdoor learning process strategy. The Asian EFL Journal, 23(3.4), 22-51.

Yudha, I. G. A. N. A. (2021). Fotografi Sebagai Media Komunikasi Visual Dalam Promosi Budaya. Danapati: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 126-138.

Warmayana, I. G. A. K. (2018). Pemanfaatan digital marketing dalam promosi pariwisata pada era industri 4.0. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya, 3(2), 81-92.

Wicaksono, D., Rakhmawati, Y., & Suryandari, N. (2021). Pelatihan “Cerdas Ber Internet” Bagi Orang Tua Di Desa Burneh Bangkalan. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 5(2), 137-143

Downloads

Published

2022-11-01

How to Cite

Tusyanah, T., Utami, S. ., Andriyati, R., Suryanto, E. ., & Rachmadi, M. F. (2022). PENDAMPINGAN DIGITAL MARKETING (LOCAL GUIDE DAN INSTAGRAM) BAGI POKDARWIS KAMPUNG TEMATIK JAMRUT KOTA SEMARANG. Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(1), 28-37. https://doi.org/10.20956/pa.v7i1.18759