DESA PEDULI PENDIDIKAN MELALUI PENDAMPINGAN OPTIMALISASI PENGGUNAAN APLIKASI PEMBELAJARAN DARING
DOI:
https://doi.org/10.20956/pa.v7i2.21584Keywords:
Optimization, e-learning, teacherAbstract
Mastery of learning technology that the Ministry of Education and Culture has long instructed should have been mastered by teachers and become part of fulfilling their professionalism. However, teachers' understanding of learning involving technology or E-learning still needs to improve. This can be seen during the implementation of online learning during the pandemic, which causes teachers, parents, and students to find it challenging to do E-learning. It is feared that this will worsen the quality of education. The solution, teachers need to improve their understanding to apply online learning. There are two recommended applications, namely Google Classroom and Zoom meeting. In optimizing the use of E-learning applications, the material presented includes account creation to assessments. The purpose of this activity is to provide understanding and skills to teachers in optimizing the use of the Google Classroom application and zoom meetings. The method used is lecture, question and answer, and demonstration. The results showed that optimizing the Zoom meeting application was successful, with a successful presentation value of 87%. While the optimization of the Google Classroom application has yet to reach the minimum target, this is due to time constraints and the availability of infrastructure. Teachers are enthusiastic and motivated to improve their understanding of using the Zoom meeting and Google Classroom applications. --- Penguasaan teknologi pembelajaran yang telah diinstruksikan oleh kemendikbud sejak lama seharusnya telah dikuasai oleh guru dan menjadi bagian dari pemenuhan profesionalitasnya. Namun kenyataannya pemahaman guru terhadap pembelajaran yang melibatkan teknologi atau E-learning masih rendah. Hal ini terlihat pada saat penerapan pembelajaran daring masa pandemik yang menyebabkan guru, orangtua dan siswa kesulitan melakukan E-learning. Hal ini dikhawatirkan memperburuk kualitas pendidikan. Solusinya, guru perlu meningkatkan pemahamannya untuk menerapkan pembelajaran daring. Terdapat dua aplikasi yang disarankan yaitu Google Classroom dan zoom meeting. Pada pengabdian optimalisasi penggunaan aplikasi e-learning, materi yang disampaikan meliputi pembuatan akun sampai dengan penilaian. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pemahaman dan keterampilan kepada guru dalam mengoptimalisasi penggunaan aplikasi Google Classroom dan zoom meeting. Metode yang digunakan adalah cerama, tanya jawab dan demonstrasi. Hasil penelitian menunjukkan optimalisasi pada aplikasi Zoom meeting berhasil dengan nilai persentase keberhasilan 87%. Sedangkan optimalisasi aplikasi Google Classroom belum mencapai target minimum, hal ini disebabkan oleh keterbatasan waktu dan ketersediaan sarana prasarana. Guru antusias dan termotivasi untuk meningkatkan pemahaman terhadap penggunaan aplikasi Zoom meeting dan Google Classroom.
References
Ainiyah, Z., & Puspasari, D. (2015). Penggunaan Edmodo Sebagai Media Pembelajaran E-Learning Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran Di Smkn 1 Surabaya, 151(2), 43–44.
Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2011). E-learning and the Science of Instruction (John Wiley & Sons (ed.); Third). Pfeiffer. https://doi.org/10.1109/amt.2005.1505296
El-Hamed Diab, G. M. A., & Elgahsh, N. F. (2020). E-learning During COVID-19 Pandemic: Obstacles Faced Nursing Students and Its Effect on Their Attitudes While Applying It. American Journal of Nursing Science, 9(4), 300. https://doi.org/10.11648/j.ajns.20200904.33
Fuad, M., Ariyani, F., Suyanto, E., & Shidiq, A. S. (2020). Exploring teachers’ tpck: Are indonesian language teachers ready for online learning during the covid-19 outbreak? Universal Journal of Educational Research, 8(11B), 6091–6102. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.082245
Gusteti, U., Martin, S. N., Indriani, N., Monalisa, S., Miftahurrisqi, U., & Permatasari, P. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Masa Pandemi Increasing Teachers Competence In Making Information Technology-Based Learning Media In Pandemic Times. Panrita_Abdi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 277–284.
Hasanudin, M. Y. (2020). Implementasi Kebijakan Pembelajaran Secara Daring Bagi Pelajar SD dan SMP di Kota Ternate Provinsi Maluku Utara. Institut Pemerintahan Dalam Negeri, 44–54.
Huriyatunnisa, A. (2022). Penerapan Adaptasi Teknologi Bagi Guru Sekolah Dasar dalam Menunjang Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) di Masa Pandemi. Jurnal Basicedu, 6(2), 3163–3173. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2548
Irmada, F., & Yatri, I. (2021). Keefektifan Pembelajaran Online Melalui Zoom meeting di Masa Pandemi bagi Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2423–2429.
Ismawati, D., & Prasetyo, I. (2020). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 665. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.671
Kompas.com. (2020, March 18). Peningkatan Pemahaman Terkait E-learning. https://www.kompas.com/
Kristiawan, M., Aminudin, N., & Rizki, F. (2021). Optimalisasi Pembelajaran Daring Berbasis Aplikasi Online bagi Calon Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1905–1914. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.942
Kumparan.com. (2020). Masa Depan Belajar Online Paska Pandemi COVID-19. https://kumparan.com/pandangan-jogja-com/masa-depan-belajar-online-paska-pandemi-covid-19-1tL06heLdBT/3
Liputan 6.com. (2018, November 26). Upacara peringatan hari Guru nasional. https://www.liputan6.com/
Marlina, M., Junedi, B., Nasrullah, A., & Mustika, H. (2021). Optimalisasi Penggunaan Google Classroom Pada Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemi COVID 19 penyebaran Covid 19 berupa kebijakan anjuran social distancing ( Yunus & penularan , menurunkan laju dan tingkat penyebaran virus corona yang Pemerintah Indonesia. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(3), 836–846.
Mu’minah, I. H., & Gaffar, A. A. (2020). Optimalisasi Penggunaan Google Classroom Sebagai Alternatif Digitalisasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj). BIO EDUCATION : (The Journal of Science and Biology Education), 5(2), 23–36. https://doi.org/10.31949/be.v5i2.2610
Novita, N., Kejora, M. T. B., & Akil, A. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom meeting dalam Pembelajaran PAI di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2961–2969. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1070
Purnomo, E., & Karim, K. H. (2021). Desa Peduli Pendidikan melalui pendampingan penulisan Karya Ilmiah (laporan PTK). ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 220–229. https://doi.org/10.29408/ab.v2i2.4207
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Kodrat Hi Karim, Eko Purnomo, Rasmi Hi Panu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.