EDUKASI MANFAAT MOBILE JKN SEBAGAI PENDUKUNG PAPERLESS DI FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS WIDYA GAMA MAHAKAM SAMARINDA

Authors

  • Apriyani Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Rindha Mareta Kusumawati Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Kartina Wulandari Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Suwignyo Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.20956/pa.v8i4.25578

Keywords:

bile JKN, paperless, education

Abstract

One of the efforts to support paperless is using various media, including the JKN (National Health Insurance) mobile application. BPJS Health strives to expand the membership scope to reach all citizens and help them become JKN-KIS participants. The JKN Mobile Application is an innovation carried out by BPJS Health to improve services to the community in the health sector. By looking at the running of this application, it can be seen whether or not the JKN mobile application has been utilized. This service aims to provide education on the benefits of mobile JKN as a paperless supporter in Samarinda. This service is devoted to students, especially FKM UWGM Samarinda students. Community service activities are carried out from 07 to 08 December 2022 by providing outreach materials and distributing brochures to students. The methods used in the service are socialization with discussions and lectures, practice using the application, and distributing flyers. The results obtained from this service are participation that is fulfilled from the quota provided as much as 100% or 100 students, while based on the results of the pre-test and post-test regarding the JKN mobile application, it also increased with an average pre-test of 35.64 to 78.96 in the post-test. This increase shows the success of socialization activities in improving participants' understanding of the JKN mobile application and paperless concept, as well as the effectiveness of the educational approach in providing a positive and significant impact.  ---  Salah satu upaya untuk mendukung paperless adalah penggunaan berbagai macam media, salah satunya adalah aplikasi mobile JKN (Jaminan Kesehatan Nasional). BPJS Kesehatan terus berupaya memperluas cakupan kepesertaan untuk menjangkau seluruh warga negara menjadi peserta JKN-KIS. Aplikasi Mobile JKN merupakan inovasi yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam bidang kesehatan. Melihat dengan sudah berjalannya aplikasi ini dapat diketahui  apakah penggunaan aplikasi mobile  JKN sudah dimanfaatkan  atau  belum. Tujuan pengabdian ini untuk memberikan edukasi manfaat mobile JKN sebagai pendukung paperless di kota Samarinda. Pada pengabdian ini dikhususkan pada mahasiswa khususnya mahasiswa FKM UWGM Samarinda. Kegiatan pengabdian dilakukan pada tanggal 07 sampai 08 Desember 2022 dengan cara pemberian materi sosialisasi serta pembagian brosur kepada mahasiswa. Metode yang digunakan dalam pengabdian yakni sosialisasi dengan diskusi dan ceramah, praktik penggunaan aplikasi dan pembagian brosur. Hasil yang didapatkan dari pengabdian ini adalah partisipasi yang terpenuhi dari kuota yang disediakan sebanyak 100% atau 100 mahasiswa sedangkan berdasarkan hasil dari pre-test dan post-test mengenai aplikasi mobile JKN ini juga mengalami peningkatan dengan rata-rata pre-test yaitu 35,64 menjadi 78,96 pada post-test. Peningkatan tersebut menunjukkan keberhasilan kegiatan sosialisasi dalam meningkatkan pemahaman peserta terhadap aplikasi mobile JKN dan konsep paperless, serta efektivitas pendekatan edukasinya dalam memberikan dampak positif dan signifikan.

References

Aryuni, M., Fitriana, Y. ., Munir, M. A., & Lintin, G. B. R. (2023). Sosialisasi Bahaya Narkotika Sebagai Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika Di Kalangan Mahasiswa. Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(1), 221-228. https://doi.org/10.20956/pa.v7i1.24271

Basith, Z. A., & Prameswari, G. N. (2020). Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas. Higeia Journal of Public Health Research and Development, 4(1), 52–63. https://doi.org/10.15294/higeia.v4i1.34957

BPJS Kesehatan. (2017). Akses Pelayanan dalam Genggaman : BPJS Kesehatan Luncurkan Aplikasi Mobile JKN., Humas BPJS Kesehatan. https://www.bpjskesehatan.go.id/bpjs/index.php/post/read/2017/596/Akses-PelayananDalam-Genggaman-BPJS-Kesehatan-Luncurkan-Aplikasi-Mobile-JKNBanyak-Manfaat-dan-Mudahkan-Peserta-JKN-KIS.

BPJS Kesehatan. (2022). Fitur Mobile JKN Terbukti Permudah Urusan Peserta JKN-KIS. https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/post/read/2022/2170/Fitur-Mobile-JKN-Terbukti-Permudah-Urusan-Peserta-JKN-KIS. Access 23 September 2022

Fatrida, D., & Saputra, A. (2019). Hubungan Waktu Tunggu Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Dalam Mendapatkan Pelayanan Kesehatan. Jurnal ’Aisyiyah Medika, 4(1), 11–21. https://doi.org/10.36729/jam.v4i1.229

Handayani, S.A., & Zakirin, M. (2022). Sosialisasi Pengenalan Ekonomi Kreatif Pada Masyarakat Desa Tanjung Batuq Harapan. Martabe, Jurnal Pengabdian Kepada masyarakat, 5(10). http://dx.doi.org/10.31604/jpm.v5i10.3671-3676

Hartono, R. K., & Supriyatna, R. (2019). Kesiapan Kader Posyandu dalam Edukasi Program Jaminan Kesehatan Nasional kepada Masyarakat. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 8(04), 175–181. https://doi.org/10.33221/jikm.v8i04.379

Kominfo. (2019). Digitalisasi Pelayanan Kesehatan dengan Penerapan Revolusi Industri 4.0. https://aptika.kominfo.go.id/2019/04/digitalisasi-pelayanan-kesehatan-dengan-penerapan-revolusi-industri-4-0/. Access 23 September 2022.

Kridayanti, W. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Untuk Meningkatkan Efektivitas Pelayanan BPJS Kesehatan di Kota Medan. Universitas Muhammadiya Sumatera Utara. http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/16912

Prasetiyo. R. A & Safuan (2022) Efektivitas Penggunaan Aplikasi Mobile JKN Dalam Mengurangi Antrian. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(2), 972-978. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i2.6338

Putri, I.Z. (2020).Faktor-Faktor Penggunaan Aplikasi Mobile Jkn Pada Peserta BPJS Kesehatan Di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Cabang Palembang (Skripsi). Universitas Sriwijaya. https://repository.unsri.ac.id/39190/52/RAMA_13201_10011381621089_0010108807_01_front_ref.pdf

Sugiono E.F., Maidin, M.A., & Irwandy. (2013). Faktor yang berhubungan dengan minat pemanfaatan kembali pelayanan rawat inap di Rumah Sakit Stella Maris Makassar [skripsi]. Makassar. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin Makassar. https://www.scribd.com/document/508165355/faktor-yang-berhubungan-dengan-minat-pemanfaatan-kembali-pelayanan-rawat-inap-di-rumah-sakit-stella-maris-makassar-tahun-2013

Yani, A. (2018). Utilization of Technology in the Health of Community Health. PROMOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(1), 97. https://doi.org/10.31934/promotif.v8i1.235

Downloads

Published

2024-10-02

How to Cite

Apriyani, Kusumawati, R. M. ., Wulandari, K., & Suwignyo. (2024). EDUKASI MANFAAT MOBILE JKN SEBAGAI PENDUKUNG PAPERLESS DI FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS WIDYA GAMA MAHAKAM SAMARINDA. Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(4), 772–780. https://doi.org/10.20956/pa.v8i4.25578

Similar Articles

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.