LAYANAN INFORMASI BERBASIS WEB NAGARI SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN DIGITALISASI PELAYANAN PUBLIK DI NAGARI SARIAK LAWEH KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Authors

  • Ulfia Rahmi Universitas Negeri Padang http://orcid.org/0000-0002-5195-554X
  • Winanda Amilia Universitas Negeri Padang
  • Bayu Ramadhani Fajri Universitas Negeri Padang
  • Azrul Azrul Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

Keywords:

Information services, Nagari website, digitalization, public services

Abstract

Referring to Law No. 6/2014 about villages, public services in the concept of digital villages/Nagari is important to increase community participation and empower peand empower people oplimplements by providing an official website by the village/Nagari as a window for the community to get information about the village/Nagari. Nagari Sariak Laweh, as the spearhead of the lowest government,, has not maximized the use of the use of the website as a form of digital-based public service. Therefore, the Nagari program was designed to assist the Nagari in realizing the Nagari Sariak Laweh website. The aim is for villages/villages to realize the digitization of public services by having an official website and improving the skills of village employees (village officials) to activate the Nagari website. This partnership program is carried out in stages: developing a village website, training and content management workshops for village officials, and launching the village website. This activity includes an introduction to the structure and user management system on the Nagari website, training on the use of tools in managing web content for Admins, and Wali Jorong as a news contributor. The results of this service activity are that the village/village has an official website, and there is an increase in the understanding and success of village officials in creating and managing information content published in the village.   ---  Mengacu pada UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa, Pelayanan publik dalam konsep desa/nagari digital menjadi penting sebagai solusi meningkatkan partisipasi masyarakat agar lebih berdaya dalam implementasi teknologi. Salah satunya dengan menyediakan website resmi oleh desa/nagari sebagai jendela bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi terkait desa/nagari. Nagari Sariak Laweh sebagai ujung tombak pemerintahan terendah belum memaksimalkan website tersebut sebagai bentuk pelayanan publik berbasis digital. Oleh sebab itu, dirancanglah program nagari binaan untuk mendampingi nagari dalam mewujudkan  website Nagari Sariak Laweh tujuannya agar desa/nagari untuk mewujudkan digitalisasi layanan publik dengan memiliki website resmi dan peningkatan keterampilan pegawai desa (perangkat nagari) untuk mengaktifkan website nagari. Program kemitraan ini dilaksanakan dengan tahap mengembangkan website nagari, pelatihan dan workshop pengelolaan konten bagi perangkat nagari, launching website nagari. Kegiatan ini meliputi pengenalan struktur dan sistem manajemen user pada web nagari, pelatihan penggunaan tool dalam mengeola konten web bagi Admin dan juga Wali Jorong sebagai contributor berita. Hasil kegiatan pengabdian ini adalah bahwa desa/nagari memiliki website resmi dan terjadi peningkatan pemahaman dan keberhasilan perangkat nagari dalam membuat dan mengelola konten informasi yang di publish pada web nagari.

References

Aprilia, S. N., Wijaya, A. F., & Suryadi, S. (2014a). Efektivitas website sebagai media e-government dalam meningkatkan pelayanan elektronik pemerintah daerah (studi pada website pemerintah daerah Kabupaten Jombang). Wacana Journal of Social and Humanity Studies, 17(2), 126–135.

Aprilia, S. N., Wijaya, A. F., & Suryadi, S. (2014b). Efektivitas website sebagai media e-government dalam meningkatkan pelayanan elektronik pemerintah daerah (studi pada website pemerintah daerah Kabupaten Jombang). Wacana Journal of Social and Humanity Studies, 17(2), 126–135.

Desiani, A., Yahdin, S., Irmeilyana, I., & Rodiah, D. (2020). Inovasi digitalisasi promosi potensi dan produk usaha masyarakat desa berbasis website di Desa Bangsal Kecamatan Pampangan. Riau Journal of Empowerment, 3(1), 49–59.

Kairupan, S. B., & Mantiri, J. (2020). Openness of Public Information in the Management of Village Funds in North Minahasa Regency. 3rd International Conference on Social Sciences (ICSS 2020), 1–4.

Komarudin, K., & Wahjono, H. D. (2008a). Implikasi Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik Pada Informasi Teknologi Pengelolaan Air Bersih Dan Limbah Cair. Jurnal Air Indonesia, 4(2).

Komarudin, K., & Wahjono, H. D. (2008b). Implikasi Undang-undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik Pada Informasi Teknologi Pengelolaan Air Bersih Dan Limbah Cair. Jurnal Air Indonesia, 4(2).

Laaziri, M., Benmoussa, K., Khoulji, S., & Kerkeb, M. L. (2019). A Comparative study of PHP frameworks performance. Procedia Manufacturing, 32, 864–871.

Mumtaz, A. T., & Karmilah, M. (2022). Digitalisasi Wisata di Desa Wisata. Jurnal Kajian Ruang, 1(1), 1–15.

Nasfi, N., & Ariani, D. (2020). Komunikasi Persuasif Pemerintah Nagari Sungai Pua Kepada Ninik Mamak Untuk Mencapai Pembangunan Sosial dan Ekonomi. JUSIE (Jurnal Sosial Dan Ilmu Ekonomi), 5(01), 122–135.

Nugroho, A., Bakti, C. A., Murti, P. D. B., & Belaon, M. Y. (2021). Edukasi Bahaya Berita Hoax di Masa Pandemi pada Wali Siswa PAUD RUSA. Magistrorum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 65–76.

Nurlatifah, H., Samiono, B. E., & Haryadi, D. (2023). Program Pembinaan Muslimpreneurship Terhadap Umkm Berbasis Digital. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(4), 634–645.

Puspitasari, N. F., Utama, H., Seniwati, E., Setiaji, B., Santoso, B., & Lukman, A. (2024). Pengembangan Website Profil Sebagai Media Informasi Pada Batalyon Komando 469 Kopasgat Medan. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(1), 112–122.

Syaputra, A. (2021). Aplikasi E-Kelurahan Untuk Peningkatan Pelayanan Administrasi Dalam Mendukung Penerapan E-Government. MATRIK: Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 20(2), 379–388.

Downloads

Published

2024-07-19

How to Cite

Rahmi, U., Amilia, W., Ramadhani Fajri , B. ., & Azrul, A. (2024). LAYANAN INFORMASI BERBASIS WEB NAGARI SEBAGAI UPAYA MEWUJUDKAN DIGITALISASI PELAYANAN PUBLIK DI NAGARI SARIAK LAWEH KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(3), 574–583. Retrieved from https://journal.unhas.ac.id/index.php/panritaabdi/article/view/28510

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.