PKM INOVASI DESA WISATA KREATIF BERBASIS SPORT TOURISM DI KAWASAN WISATA DANAU TALANG, NAGARI KAMPUNG BATU DALAM, KECAMATAN DANAU KEMBAR, KABUPATEN SOLOK

Authors

  • Alimuddin Universitas Negeri Padang
  • Dedi Supendra Universitas Negeri Padang
  • Liza Universitas Negeri Padang
  • Muhammad Sazeli Rifky Universitas Negeri Padang

Keywords:

Creative tourist village, sports tourism, tourism awareness group

Abstract

Nagari Kampung Batu Dalam is one of the strategic tourism areas in Solok Regency, which is included in the master plan for regional tourism development until 2025. The tourism potential is very much if appropriately developed and can improve the economy and reduce community poverty. Tourism growth is expected to result in job and economic growth and benefit the poor. However, in reality, the Tourism Awareness Group (Pokdarwis) village complained about the lack of experience in determining the location of the location that was considered strategic to be used as a tourist location so that the destinations in the village were not only monotonous at one point. Another problem that arises is complaints of the need for more understanding of partners regarding management and marketing management, so management is not optimal. In addition, the tours offered are still monotonous and need their charm. The purpose of this service is to follow the solution offered in the problem, namely to make the location a form of innovation in creative tourism villages based on sports tourism. The implementation method follows the details of the form of implementation activities, namely (1) Improving the quality of management by providing training to the tourism awareness group community, (2) Making a Nagari Website for tourism management, (3) Making sports tourism attractions as new sports tourism destinations and (4) Making Latrines/Public Toilets. The results of the implementation of this activity are (1) Improving the quality of partners or tourism managers in terms of management and marketing management, (2) There has been a special website created for Nagari Kampung Batu Dalam as one of the tourism management media, (3) there are new destinations namely sports tourism attractions as sports tourism, and there are latrines/public toilets that visitors can use.  ---  Nagari Kampung Batu Dalam merupakan salah satu kawasan strategis pariwisata yang ada di Kabupaten Solok yang masuk dalam rencana induk pembangunan kepariwisataan daerah hingga tahun 2025. Potensi pariwisata yang dimiliki sangat banyak jika dikembangkan dengan baik serta akan mampu meningkatkan perekonomian dan mengurangi kemiskinan masyarakat. Pertumbuhan pariwisata diharapkan akan mengakibatkan pertumbuhan lapangan kerja, pertumbuhan ekonomi, dan bermanfaat bagi masyarakat miskin. Namun realita yang terjadi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) desa mengeluhkan masih minimnya pengalaman untuk menentukan lokasilokasi yang dianggap strategis untuk dijadikan lokasi wisata sehingga destinasi yang ada dikampung tersebut tidak hanya monoton pada satu titik. Permasalahan lain yang timbul adalah keluhan minimnya pemahaman mitra terkait manajemen pengelolaan dan pemasaran sehingga pengelolan belum maksimal. Selain itu, wisata yang ditawarkan masih bersifat monoton dan belum memilik daya tarik tersendiri. Adapun tujuan dari pengabdian ini sesuai dengan solusi yang ditawarkan dalam permasalahan tersebut yaitu menjadikan lokasi tersebut sebagai bentuk inovasi desa wisata kreatif yang berbasis sport tourism. Adapun metode pelaksanaan sesuai dengan rincian bentuk kegiatan pelaksanaan yaitu (1) Peningkatan kualitas manajemen pengelolaan dengan memberikan pelatihan kepada masyarakat Kelompok Sadar Wisata, (2) Pembuatan Website Nagari untuk pengelolaan wisata, (3) Pembuatan atraksi wisata olahraga sebagai destinasi baru sport tourism dan (4) Pembuatan Jamban/WC Umum. Hasil dari pelaksanaan dari kegiatan ini adalah (1) Peningkatan kualitas mitra atau pengelola wisata dalam hal manajemen pengelolaan dan pemasaran, (2) Telah terdapat website khusus yang dibuat untuk Nagari Kampung Batu Dalam sebagai salah satu media pengelolaan wisata, (3) terdapat destinasi baru yaitu atraksi wisata olahraga sebagai sport tourism, serta terdapat Jamban/WC Umum yang dapat digunakan oleh pengunjung.

References

Astuti, M. T. (2015). Potensi wisata olahraga dalam meningkatkan kunjungan wisatawan. Jurnal Kepariwisataan Indonesia, 10(1), 31–40

Anisykurlillah, I., Mahmud, A., & Susilowati, N. (2021). Pengembangan Sumber Daya BUMDes Asung Daya dalam Administrasi Keuangan Berbasis Komputer. Jurnal Panrita Abdi, 5(4), 600-611.

Indrabayu, Munir, A.R., & Areni, I.S. (2019). Peningkatan Kapasitas Tenant di Posko Jasuda dengan Menerapkan Teknologi Informasi dan Bussiness Model Canvas. Jurnal Panrita Abdi, (3)1, 41-46.

Fitriyanti, F., & Gunawan, Y. (2019). Ibm Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan Paket Wisata Outbond Ingkung Kwali di Dusun Kalakijo. Jurnal Panrita Abdi, 3(1), 53-60.

Lawalata, I. F., Wibowo, A., & Setiawan, A. (2014). Perancangan dan Pembuatan Website pada Komunitas Discerning Universitas Kristen Petra. Jurnal Infra, 2(1), 166– 173

Masjhoer, J. M. (2019). Model Pengembangan International Musi Triboatton sebagai Atraksi Sport Tourism. Jurnal Pariwisata Terapan, 3(2), 154–160

Hinggo S, H. T., Hardilawati, W. L., Zaki, H., Siregar, D. I., Akhmad, I., Binangkit, I. D., & Perdana, R. (2018). Pelatihan Manajemen Pemasaran Dan Strategi Pada Guru Dan Siswa Sma Negeri 13 Pekanbaru. Jurnal Pengabdian Untuk MuNegeRI ,2(2), 2834. https://doi.org/10.37859/ jpumri.v2i2.839

Manafe, J., Setyorini, T., & Alang, Y. A. (2016). Pemasaran Pariwisata Melalui Strategi Promosi Objek Wisata Alam, Seni Dan Budaya (Studi Kasus di Pulau Rote NTT). BISNIS : Jurnal Bisnis Dan ManajemenIslam, 4(1), 101. https://doi.org/10.21043/bisnis.v4i1.1687

Widiastuti, H., Kresnawati, E., & Rahman Utami, E. (2019). Pemetaan Potensi Desa dalam Rangka Mewujudkan Bumdes Di Kecamatan Moyudan. BERDIKARI : Jurnal Inovasi Dan Penerapan Ipteks, 7(1), 1–13. https://doi.org/10.18196/bdr.7151

Downloads

Published

2022-11-19