Penyerahan Naskah

Perlu Login atau Daftar untuk menyerahkan naskah.

Daftar Tilik Penyerahan Naskah

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  • If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.

Panduan Penulis

Template penunlisan artikel jurnal Zona Laut dapat didownload di link ini. 

  1. Zona Laut menerima artikel penelitian atau tinjauan pustaka tentang Inovasi sains dan teknologi kelautan yang belum pernah dipublikasikan. Naskah diketik dengan Ms. Word, Times New Roman ukuran font 10, menggunakan kertas A4 (210 mm x 297 mm) dengan batas atas 2 cm; di bawah 2 cm; kiri-kanan 2 cm.
  2. Naskah dikirim secara online melalui OJS Zona Laut https://journal.unhas.ac.id/index.php/zonalaut/submission
  3. Semua penulis dalam artikel harus dimasukkan / diketik di OJS saat mengisi "penulis 'pada proses pengiriman artikel.
  4. Ditulis dalam bahasa Indonesia standar. 1 spasi antar baris. Setiap paragraf dimulai sekitar 3 ketukan ke kanan.
  5. Sistematika artikel penelitian: Judul (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris), Identitas Penulis (Nama, Afiliasi, dan Email), Abstrak disertai Kata Kunci, Pendahuluan (Pengantar), Metodologi (Metodologi), Hasil dan Pembahasan (Hasil dan Pembahasan), Kesimpulan (Kesimpulan ), Ucapan Terima Kasih (Ucapan Terima Kasih) dan Referensi (Referensi).
  6. Judul artikel tidak lebih dari 20 kata, diketik di tengah (tengah), menggunakan Times New Roman ukuran huruf 14 pt REGULER (Indonesia) dan 14 pt (Inggris) ITALIC.
  7. Identitas Penulis: nama lengkap tanpa gelar akademik (jika penulis lebih dari satu, semua nama penulis tercantum bersama dengan institusi asal masing-masing penulis) menggunakan Times New Roman dengan ukuran font 10 pt Reguler. Afiliasi penulis harus dalam font Reguler 10 pt.
  8. Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris menggunakan 1 spasi disertai 3-5 kata atau frase kata kunci, menggunakan Times New Roman dengan ukuran font 10 pt. Panjang abstrak bahasa Indonesia antara 200-300 kata (Abstrak Inggris menyesuaikan). Abstrak ditulis dalam satu paragraf, minimal memuat tujuan, metode, hasil penelitian, dan kesimpulan. Abstrak dan kata kunci yang dimasukkan dalam OJS bersifat abstrak, dan kata kunci dalam bahasa Inggris.
  9. Pendahuluan (I. Pendahuluan) berisi tentang latar belakang dan tujuan atau ruang lingkup penulisan. Semua bagian dalam pendahuluan ini disajikan secara terintegrasi dalam paragraf tanpa menulis teks apa pun.
  10. Metodologi (II. Metodologi) berisi tentang merumuskan masalah yang diteliti secara lebih rinci (sedapat mungkin tertulis secara matematis) dan menjelaskan metode yang diusulkan.
  11. Hasil dan Pembahasan (III. Hasil dan Pembahasan) yang berisi tentang penyampaian tes-tes yang dilakukan dan menganalisa hasilnya.
  12. Kesimpulan (IV. Kesimpulan) ada temuan penelitian dalam menjawab pertanyaan penelitian. Kesimpulan dijelaskan dalam paragraf, tidak menggunakan penomoran atau poin.
  13. Ucapan Terima Kasih berisi ucapan terima kasih penulis atas selesainya penelitian ini.
  14. Kutipan, tabel, dan gambar mengikuti aturan IEEE Style.
  15. Gunakan Manajer Referensi dalam mengelola referensi dan kutipan seperti Mendeley, EndNote, dll.
  16. Artikel ditulis mengikuti template penulisan artikel di Zona Laut.
  17. Hindari duplikasi, fabrikasi, pemalsuan, dan plagiarisme.
  18. Penulis melampirkan Pernyataan Keaslian Naskah saat mengirimkan artikel.
  19. Segala sesuatu yang berkaitan dengan lisensi kutipan atau hal lain yang terkait dengan HKI yang dilakukan oleh Penulis, termasuk akibat hukum yang mungkin timbul karenanya menjadi tanggung jawab penulis sepenuhnya.
  20. Referensi (Referensi) hanya mencakup sumber yang dikutip. Penulisan referensi mengikuti aturan IEEE Style, seperti contoh berikut: 

[1] M. Negnevitsky, "Sistem pakar Fuzzy," Artif. Intell. Panduan. ke Intell. Syst., Hlm. 87–129, 2011

[2] M. Yunus, “PENERAPAN FUZZY EXPERT SYSTEM UNTUK DIAGNOSA PENYAKIT TELINGA, HIDUNG DAN TENGGOROKAN (THT),” Matrik J. Manajemen, Tek. Memberitahu. dan Rekayasa Komput., vol. 15, tidak. 1, hlm. 51–53, 2015

[3] A. Adeli dan M. Neshat, "Sistem Pakar Fuzzy untuk Diagnosis Penyakit Jantung," Proc. Int. MultiConference Engineers Comput. Sci., Vol. I, hlm. 1–6, 2010

[4] Jonathan M. Garibaldi, "Sistem pakar Fuzzy," hal. 1-27, 1991

[5] S. Das dan P. K. Ghosh, "Diagnosis Hipertensi: Studi Perbandingan Menggunakan Sistem Pakar Fuzzy dan Sistem Neuro-Fuzzy," IEEE Int. Conf. Fuzzy Syst., Tidak. 2005, hlm. 1–7, 2013.

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan tersedia untuk tujuan lain atau pihak lain.