Analisis Keselamatan Kerja Pada Sistem Pengoperasian Forklift Dan Crane Guna Mencegah Kecelakaan Kerja

Penulis

  • Meysa Atika Puteri Departemen Teknik Kelauatan Universitas hasanuddin
  • Harianto Harianto Teknik Kelautan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin
  • Threevaldo Joan Saputra Teknik Kelautan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin
  • Musdalifah Akbar Simanjuntak Teknik Kelautan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin
  • Edwin Randalangi Teknik Kelautan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin
  • Athira Salsabila Teknik Kelautan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin
  • Andi Hamril Vikri Al Farisi Teknik Kelautan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.20956/zl.v3i1.20551

Kata Kunci:

Alat angkat, Forklift, Crane, Keselamatan Kerja

Abstrak

Setiap saat di dalam proses pengerjaan selalu terdapat kemungkinan terjadi kecelakaan kerja. Forklift dan crane merupakan pesawat angkat dan angkut yang mendukung pelaksanaan proses produksi atau pekerjaan dengan potensi bahaya yang cukup tinggi. Pada penelitian ini kami akan membahas lebih mendalam mengenai apa aitu forklift dan crane, apa saja kelebihan dan kekurangannya, apa kegunaannya, serta komponen penting apa saja yang terdapat pada forklift dan crane. Olehnya itu perlunya suatu Analisa terhadap pemakaian alat angkat yang akan digunakan agar menghasilkan alternatif alat angkat yang tepat dalam menjalankan suatu pekerjaan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif yang memberikan gambaran tentang penerapan peraturan keselamatan kerja dalam pengoperasian forklift dan atau crane. Hasil penelitian ini kemudian akan dievaluasi sehingga dapat ditentukan suatu upaya perbaikan sehingga pengoperasian forklift dan crane dapat menjadi aman. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif yang memberikan gambaran tentang penerapan peraturan keselamatan kerja dalam pengoperasian forklift dan atau crane. Hasil penelitian ini kemudian akan dievaluasi sehingga dapat ditentukan suatu upaya perbaikan sehingga pengoperasian forklift dan crane dapat menjadi aman.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

M. D. Khairansyah, “Pembuatan Aplikasi Inspeksi Dan Reminder Inspeksi Pesawat Angkat Dan Angkut ( Crane Dan Forklift ) Di Pt . Pal Indonesia ( Persero ) Berbasis Android,” no. 2581, pp. 241–245, 2000.

A. Razaq and F. Hamzah, “Perancangan dan Analisa Konstruksi Gantry Crane SWL 35 Ton di PT F1 Perkasa,” Proc. Conf. Des. Manuf. Eng. its Appl., vol. 1, no. 1, pp. 077–083, 2018.

J. R. Wiratama and G. Soeharsono, “Perancangan Semi Gantry Crane Kapasitas 10 Ton Dengan Bantuan Software,” Poros, vol. 12, no. 1, p. 25, 2017, doi: 10.24912/poros.v12i1.680.

A. D. Dermawan, I. P. Sindhu, and A. Ruddianto, “Perancangan Mekanisme Angkat Boatlift Crane yang Sinkron dengan Kapasitas Swl 15 Ton pada PT . F1 Perkasa,” Proc. Conf. Des. Manuf. Eng. its Appl., vol. 1, no. 1, pp. 039–049, 2018.

J. Jalil, “Analisa Kekuatan Gantry Crane Tipe Ect-15 Pada Saat Di Gunakan Di Pelabuhan Kijing, Pontianak, Kalimantan Barat”, zonalaut, vol. 2, no. 1, hlm. 25-29, Mar 2021.

Eurocrane, “Cina Derek Gantry Tugas Berat Produsen,” 2021. http://id.eurocranegroup.com/gantry

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-03-30

Cara Mengutip

Puteri, M. A., Harianto, H., Saputra, T. J. ., Simanjuntak, M. A. ., Randalangi, E., Salsabila, A., & Farisi, A. H. V. A. (2022). Analisis Keselamatan Kerja Pada Sistem Pengoperasian Forklift Dan Crane Guna Mencegah Kecelakaan Kerja. Zona Laut : Jurnal Inovasi Sains Dan Teknologi Kelautan, 3(1), 32-37. https://doi.org/10.20956/zl.v3i1.20551

Terbitan

Bagian

Manajemen Kepelabuhanan dan Pengembangan SDM Pesisir