Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Gizi Masyarakat Indonesia: The Journal of Indonesian Community Nutrition?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Editor Jurnal Gizi Masyarakat Indonesia mengundang para peneliti, akademisi, mahasiswa untuk mengirimkan naskah orisinilnya. Naskah yang dipertimbangkan dipublikasikan adalah yang belum pernah diterbitkan di tempat lain.

Naskah harus dikirimkan secara online melalui laman JGMI ini. Waktu pengiriman artikel, lengkapi seluruh informasi kontak sebagai corresponding author. Naskah diharuskan dalam format Microsoft Word atau format kompatibel lainnya. Penulis diminta mengunjungi website dan melihat template artikel sebelum mengirimkan naskahnya.

Editor Jurnal Gizi Masyarakat Indonesia dapat menerima beberapa tipe naskah dibawah ini:

  • Artikel penelitian (2000 – 3000 kata; tidak lebih dari 3 tabel dan 3 gambar): Referensi : 5-15 artikel (10 tahun terakhir)
  • Artikel review (2000 – 3000 kata): Referensi : 15-25 artikel (10 tahun terakhir)
  • Studi kasus (1000 – 1500 kata): Referensi: 5-10 (10 tahun terakhir)

Sebelum mengirimkan naskah, diharapkan dapat penulis dapat memenuhi beberapa aturan diantaranya:

  1. Naskah artikel ditulis dalam Bahasa Indonesia dengan model huruf Times New Roman ukuran 12, spasi 1,15, ukuran kertas A4, tidak menggunakan format kolom, dan marjin atas 2,5 cm; bawah 2,5 cm, kanan 2,5 cm, dan kiri 2,5 cm.
  2. Menyesuaikan panjang naskah dengan tipe naskah yang dibuat. Lebih baik jika jumlah halaman kurang dari 12.
  3. Istilah asing ditulis dalam huruf miring (italic).
  4. Mengisi formulir pernyataan bahwa naskah yang dikirimkan merupakan original dan tidak sedang diajukan atau pernah dimuat dijurnal atau media lain.
  5. Dalam mengutip referensi, menggunakan gaya kutipan Vancouver. Rujukan diberikan nomor urut sesuai dengan penggunaannya dalam teks.
  6. Naskah yang dikirimkan sudah dibuat sesuai dengan template Jurnal Gizi Masyarakat Indonesia.
 

Struktur penulisan pada dasarnya sama untuk ketiga tipe naskah. Secara umum mengandung unsur sebagai berikut:

1. Judul

Judul ditulis jelas dengan tidak menyingkat kecuali ada keterangan di dalam tanda kurung. Misalnya Indeks Massa Tubuh (IMT). Panjang judul tidak lebih dari 20 kata.

2. Daftar penulis

Bagian ini memuat daftar para penulis yang berkontribusi terhadap penyusunan naskah.

3. Afiliasi penulis

Pada bagian ini memuat informasi instansi penulis dan alamat email korespondensi penulis. Penggunaan superskrip nomor di ujung nama penulis menandakan urutan dari instansi bukan urutan dari penulis.

Misalnya:

Mollah Jaya1, Muhammad Alif K2, Andi Imam Arundhana3, Supratman2

 

1Departemen ........... Fakultas Pertanian

2 Departemen ........... Fakultas Kehutanan

3 Departemen ........... Fakultas Kesehatan Masyarakat

 

4. Abstrak

Abstrak ditulis dalam dua bahasa; bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Ditulis tidak lebih dari 300 kata yang memuat latar belakang, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan serta kata kunci 3-5 kata.

5. Pendahuluan

Pada bagian pendahuluan, memuat latar belakang, kajian pustaka, dan tujuan penelitian. Seluruh bagian pendahuluan dipaparkan secara terintegrasi dalam bentuk paragraf-paragraf (tidak dianjurkan menggunakan bullets).

6. Bahan dan Metode

Pada bagian ini, memuat desain penelitian, lokasi penelitian, sampel dan teknik pengambilan sampel, pengumpulan data, serta pengolahan data. Bahan dan metode hendaknya disajikan secara ringkas namun rinci.

7. Hasil dan Diskusi

Menguraikan temuan-temuan dari penelitian yang dilakukan, memaparkan hasil analisis disertai teori yang jelas yang berkaitan dengan pertanyaan penelitian.  Pada bagian ini pula dilakukan pembandingan temuan dengan teori serta hasil-hasil penelitian terdahulu.

8. Kesimpulan

Bagian ini memaparkan secara ringkas jawaban atas masalah penelitian disertai saran yang juga mengacu pada tujuan penelitian. Bagian ini dituliskan dalam bentuk paragraf.

9. Acknowledgement

Bagian ini memberikan informasi mengenai sumber dana penelitian, pendukung utama penelitian, maupun informasi lainnya yang layak untuk disampaikan.

10. Referensi

Referensi mengacu pada aturan menurut tipe naskah yang diajukan. Sangat dianjurkan untuk menggunakan program manajemen kepustakaan seperti EndNote, Mendeley, dll. Referensi harus mengikuti kaidah penulisan di bawah ini:

a.      Artikel dalam jurnal

Turan I, Wredmark T, Fellander-Tsai L. Arthroscopic Ankle Arthrodesis in Rheumatoid Arthritis. Clin Orthop. 1995; 15(3): 110-4.

 b.      Buku atau monografi lainnya

Notoadmodjo S. Metodologi Penelitian Kesehatan. Cetakan ke-2. Jakarta: PT. Rineka Cipta; 2002.

c.       Institusi/Organisasi sebagai penulis

World Health Organization (WHO). Measuring Change in Nutritional Status; Guidelines for Assessing the Nutritional Impact of Vulnerable Groups. Genewa: World Health Organizationl; 1983.

d.      Bab dalam buku

Lewis BA. Structure and Properties of Carbohydrate. Dalam: Biochemical and Physiological Aspect of Human Nutrition. Philadelphia: WB. Saunders Company; 2000. p.3-18.

e.       Prosiding konferensi

Jalal F dan Atmojo SM. Peranan Fortifikasi dalam Penanggulangan Masalah Kekurangan Gizi Mikro. Prosiding Widya Karya Pangan dan Gizi VI; Serpong, 17-20 Februari 1998. Jakarta: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, 1998.

f.       Laporan ilmiah

Puslitbangkes. Laporan Nasional Riset Kesehatan Dasar 2013. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI. 2014

g.      Skripsi, tesis, dan disertasi

Arundhana, AI. Hubungan Pengetahuan Sikap dan Perilaku Gizi Seimbang dengan Obesitas pada Dosen Universitas Hasanuddin (Skripsi). Makasssar: Universitas Hasanuddin; 2010

h.      Artikel dalam koran

Yahya M. Sulawesi Selatan Lumbung Pangan, tapi Kekurangan Gizi. Fajar, Selasa 14 September 1999.

 i.        Artikel dalam jurnal yang dipublikasikan online

Rosenthal S, Chen R, Hadler S. The Safety of Acellular Persusis Vaccine vs Whols Cell Pertussin Vaccine. Arch Pediart Adolesc Med. 1996; 150:457-60. Available at: http://www.amu.assn.org/sci_pubs/journals/achieve/ajdc/vol150/ no5/abstract.htm

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk keperluan administrasi jurnal dan tidak adakan diekspos ke pihak lain.