KAJIAN PERANGKAT KESELAMATAN PELAYARAN BAGI KAPALKAPAL YANG BERSANDAR DI PELABUHAN KAYU BANGKOA

Isi Artikel Utama

Irma Handayani
Riska Damayant
Taufiqur Rachman
Chairul Paotonan

Abstrak

Makassar adalah salah satu kota yang memiliki beberapa dermaga kecil atau dermaga bantu tempat berlabuhnya
beberapa kapal dari berbagai pulau-pulau sekitar. Salah satu dermaga di Kota Makassar yang mendukung
perekonomian adalah Dermaga Kayu Bangkoa. Dermaga yang telah difungsikan sejak tahun 1970an ini melayani
berbagai jenis kapal mulai dari kapal jenis fiber ukuran 8 meter hingga kapal kayu yang berkapasitas 10 hingga 20
GT dengan trayek penyeberangan dari Kota Makassar menuju Pulau Barrang Lompo, Barrang Caddi, Pulau
Kodinggareng Keke, dan pulau lain sekitarnya. Namun, dari sekian banyak kapal yang berlabuh ini tidak dilengkapi
dengan perangkat keselamatan pelayaran yang memadai. Kajian ini meninjau seberapa besar perhatian pihak
penyelenggara kapal dan pelabuhan terhadap perangkat kesalamatan pelayaran bagi kapal-kapal yang bersandar di
Pelabuhan Kayu Bangkoa. Metode kajian yang digunakan adalah deskriptif, yakni memberikan gambaran tentang
fenomena tertentu atau aspek tertentu dari lokasi yang dikaji, tidak hanya terbatas pada pengumpulan data, tetapi
meliputi analisis dan interpretasi tentang arti data tersebut. Dengan kajian ini diharapkan pihak pemerintah setempat
dapat lebih menggiatkan aktifitas sosialisasi keselamatan pelayaran dan penerapannya di lapangan sehingga akan
meminimalisir korban dan resiko kecelakaan yang terjadi pada saat kapal berlayar bagi kapal-kapal yang bersandar di
Pelabuhan Kayu Bangkoa. Dengan adanya perhatian penuh atas mutu pelayanan pelayaran dan bongkar muat barang
dan penumpang dapat meningkatkan minat pengguna jasa pelayaran yang pada akhirnya memberikan dampak positif
terhadap peningkatan perekonomian.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Handayani, I. ., Damayant, R. ., Rachman, T., & Paotonan, C. (2018). KAJIAN PERANGKAT KESELAMATAN PELAYARAN BAGI KAPALKAPAL YANG BERSANDAR DI PELABUHAN KAYU BANGKOA. Riset Sains Dan Teknologi Kelautan, 1(1), 121–126. https://doi.org/10.62012/sensistek.v1i1.12995
Bagian
Rekayasa dan Manajemen Kepelabuhanan

Referensi

https://makassar.sindonews.com/read/2888/2/dishub-makassar-diminta-kelola-retribusi-dermaga-kayu-bangkoa-151 4203944

https://osdasriadi.wordpress.com/2016/03/05/cerita-jejak-langkah-kaki-dari-pulau-seberang-makassar/ http://daenggassing.com/perjalanan/ada-nadi-yang-berdetak-di-kayu-bangkoa/

http://banjarmasin.tribunnews.com/2018/09/17/kesyahbandaran-kotabaru-akui-lemah-awasi-keselamatan-pelayaran- serahkan-100-life-jacket

https://esemkasajnb.wordpress.com/2015/04/11/menerapkan-keselamatan-dan-kesehatan-kerja-k3-2/

Rachman, T. dkk. 2018. Pengenalan Perangkat Keselamatan Sarana Moda Waterway Sungai Tallo Makassar. Makassar, TEPAT Jurnal Teknologi Terapan untuk Pengabdian Masyarakat, No. 1 Vol. 1 Tahun 2017, Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin, Makassar.

Undang-Undang No. 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja , 11 Bab dan 18 pasal.

Peraturan Pemerintah Nomor 64 Tahun 2015 tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah 61 Tahun 2009 tentang Kepelabuhanan Pasal 63 poin 4.

Sumber Google earth pro, 16/9/2018, jam 10:15. Gambar Kapal yang bersandar di Dermaga Kayu Bangkoa. Makassar

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 5 > >> 

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.