ANALISIS PERAWATAN PURIFIER PADA SISTEM BAHAN BAKAR MAIN ENGINE KAPAL

Penulis

  • Sugeng Marsudi Program Diploma Pelayaran Universitas Hang Tuah Surabaya
  • Habibi Palippui Departemen Teknik Kelautan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.62012/sensistek.v3i1.13232

Kata Kunci:

Kata Kunci : HFO, Masalah perawatan

Abstrak

Bahan bakar HFO (Heavy Fuel Oil) dari hasil pengolahan minyak bumi, terdapat kandungan material yang tidak dibutuhkan dalam proses pembakaran untuk mesin diesel, biasanya di dalam HFO banyak terdapat kandungan air, pasir, dan lumpur. Jika kondisi ini tidak ditangani akan dapat mengakibatkan turunnya kualitas bahan bakar dan diiringi dengan ketidak sempurnaan pembakaran di dalam ruang bakar. Efek dari pembakaran yang tidak sempurna dapat mengakibatkan kerusakan-kerusakan fatal terhadap mesin induk. Kondisi seperti ini dapat membahayakan keselamatan kapal. Disamping itu perusahaan juga akan mengalami kerugian akibat terjadinya kerusakan pada mesin induk yang di akibatkan oleh rendahnya kualitas bahan bakar. Untuk menghindari hal tersebut dan untuk menjamin proses penanganan bahan bakar yang lancar, maka diperlukan sistem perawatan yang terencana dan bekerja secara efektif dan efisien. Masalah yang sering terdapat diseputar perawatan sistem bahan bakar di atas kapal adalah sering didapati Alarm Failure Purification ketika Purifier sedang beroperasi untuk memurnikan bahan bakar, dan juga sering ditemukannya banyak endapan lumpur dan air pada dasar tangki penyimpanan bahan bakar. HFO ( Heavy Fuel Oil ) yang merupakan minyak residu dari hasil pengolahan minyak bumi, bahan bakar ini memiliki viskositas yang tinggi dibandingkan bahan bakar yang lainnya sehingga pengolahannya harus benar-benar diperhatikan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

F. Khusniawati and H. Palippui, “Analysis of Injector Maintenance Due to Fuel Clogging in The Main Engine of The Ship”, zonalaut, vol. 1, no. 2, pp. 43-48, Jul. 2020.

Habibi. (2018). Kegagalan Sistem Keselamatan Transportasi Laut di Indonesia. Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhanan, 8(2), 95-106.

A. Andriyan, U. Prayogi, dan D. Dwisetiono, “Perancangan Sistem HPWH (Heat Pump Water Heater) Pada Km. Meratus Karimata”, zonalaut, vol. 1, no. 3, hlm. 74-77, Nov 2020.

Suhodo2002).SistemBahanBakarMotorDiesel.https://www.scribd.com/presentation/375804460/Ppt-Diesel

https://www.maritimeworld.web.id/2011/03/pengertian-dan-cara-kerja-purifier.html

Https://Www.Ebay.Ie/Itm/Cav-Fuel-Oil-Filter-With-Paper-Element-Type-F-Instruction-Handbook-Owners-Manual-/323796792474

https://pixabay.com/id/images/search/engine/

https://annisafajrink.wordpress.com/2014/05/17/

https://budisienyopurnomo.wordpress.com/2015/09/09/cleaned-engine-room/

https://www.beritakapal.com/kemenhub-inspeksi-3-kapal-angkutan-lebaran/

https://dimensipelaut.blogspot.com/2019/01/one-hour-notice-ohn.html

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-11-03

Cara Mengutip

Marsudi, S. ., & Palippui, H. (2020). ANALISIS PERAWATAN PURIFIER PADA SISTEM BAHAN BAKAR MAIN ENGINE KAPAL. Riset Sains Dan Teknologi Kelautan, 3(1), 1-7. https://doi.org/10.62012/sensistek.v3i1.13232

Terbitan

Bagian

Teknologi Kelautan