SURVEY KAPASITAS TEKNIS STRUKTUR DERMAGA PELABUHAN LAMPIA

Isi Artikel Utama

Chairul Paotonan
Muhammad Akbar Caronge
Ahmad Azwar

Abstrak

Pelabuhan Lampia direncanakan untuk digunakan oleh PT. Sinergi Perkebunan Nusantara melakukan pengapalan CPO (Crude Palm Oil) miliknya. Sebelum rencana tersebut direalisasikan, perlu dilakukan kajian untuk mengetahui kapasitas teknis struktur dermaga tersebut. Oleh sebab itu pada penelitian ini dilakukan survei kapasitas teknis
dermaga untuk mengidentifikasi kondisi struktur dermaga eksisting. Survei yang dilakukan meliputi pengukuran layout dan dimensi struktur dermaga, hummer test dan uji karbonasi serta pengamatan visual. Berdasarkan hasil pengukuran layout dan dimensi dermaga diperoleh bahwa bentuk dermaga adalah tipe T yang terdiri dari trestle
dengan panjang dan lebar masing-masing adalah 42.5 m dan 6.0 m serta dermaga dengan panjang dan lebar masing-masing adalah 80.0 m dan 10.0 m. Jumlah tiang pancang untuk trestle adalah 22 tiang sedangkan untuk dermaga adalah 64 tiang. Diameter tiang pancang untuk trestle dan dermaga adalah 508.3 mm. Hasil hammer test menunjukkan bahwa kuat tekan beton struktur dermaga berkisar antara K300-K400 dimana masih memenuhi persyaratan beton untuk lingkungan laut sebesar K300. Hasil uji karbonasi menunjukkan bahwa nilai karbonasi lebih besar dari 2.0 cm, sehingga perlu perbaikan pada permukaan beton minimal sedalam daerah yang terkarbonasi
atau setebal selimut beton tulangan. Pengamatan visual menunjukkan bahwa struktur dermaga tidak mengalami pergeseran akan tetapi struktur balok dan pile cap telah mengalami korosi dan karbonasi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Paotonan, C., Caronge, M. A., & Azwar, A. (2019). SURVEY KAPASITAS TEKNIS STRUKTUR DERMAGA PELABUHAN LAMPIA. Riset Sains Dan Teknologi Kelautan, 2(1), 158–163. https://doi.org/10.62012/sensistek.v2i1.13307
Bagian
Rekayasa dan Manajemen Kepelabuhanan dan Transportasi Laut

Referensi

ACI 318-2008 : Building Code Requirement for Reinforce Concrete.

Committee CE-30, Maritime Structures (2005), Guidelines for the Design of Maritime

Structures (AS 4997-2005), Standards Australia, Sydney.

Standard Design Creteria for Port in Indonesia 1984, Directorate General of Sea Communication. Spesifikasi dan Standar Dermaga Beton Direktorat Jendral Perhubungan Sungai 1984.

The Overseas Coastal Area Development Institute of Japan, the Technical Standards and Commentaries for Port and Harbor Facilities in Japan. Perencanaan Pelabuhan, Bambang Triadmojo, 2009.

SNI 03-4430-1997, Metode Pengujian Kuat Tekan Elemen Struktur Beton dengan Alat Palu Beton Type N dan NR SNI T-15-1990-03, Tata Cara Rencana Pembuatan Campuran Beton Normal.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >> 

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.