SURVEY KAPASITAS TEKNIS STRUKTUR DERMAGA PELABUHAN LAMPIA

Penulis

  • Chairul Paotonan Departemen Teknik Kelautan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin
  • Muhammad Akbar Caronge Departemen Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin
  • Ahmad Azwar Departemen Teknik Kelautan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.62012/sensistek.v2i1.13307

Kata Kunci:

Kata kunci: Struktur dermaga, Hammer test, Karbonasi

Abstrak

Pelabuhan Lampia direncanakan untuk digunakan oleh PT. Sinergi Perkebunan Nusantara melakukan pengapalan CPO (Crude Palm Oil) miliknya. Sebelum rencana tersebut direalisasikan, perlu dilakukan kajian untuk mengetahui kapasitas teknis struktur dermaga tersebut. Oleh sebab itu pada penelitian ini dilakukan survei kapasitas teknisdermaga untuk mengidentifikasi kondisi struktur dermaga eksisting. Survei yang dilakukan meliputi pengukuran layout dan dimensi struktur dermaga, hummer test dan uji karbonasi serta pengamatan visual. Berdasarkan hasil pengukuran layout dan dimensi dermaga diperoleh bahwa bentuk dermaga adalah tipe T yang terdiri dari trestle dengan panjang dan lebar masing-masing adalah 42.5 m dan 6.0 m serta dermaga dengan panjang dan lebar masing-masing adalah 80.0 m dan 10.0 m. Jumlah tiang pancang untuk trestle adalah 22 tiang sedangkan untuk dermaga adalah 64 tiang. Diameter tiang pancang untuk trestle dan dermaga adalah 508.3 mm. Hasil hammer test menunjukkan bahwa kuat tekan beton struktur dermaga berkisar antara K300-K400 dimana masih memenuhi persyaratan beton untuk lingkungan laut sebesar K300. Hasil uji karbonasi menunjukkan bahwa nilai karbonasi lebih besar dari 2.0 cm, sehingga perlu perbaikan pada permukaan beton minimal sedalam daerah yang terkarbonasi atau setebal selimut beton tulangan. Pengamatan visual menunjukkan bahwa struktur dermaga tidak mengalami pergeseran akan tetapi struktur balok dan pile cap telah mengalami korosi dan karbonasi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

ACI 318-2008 : Building Code Requirement for Reinforce Concrete.

Committee CE-30, Maritime Structures (2005), Guidelines for the Design of Maritime

Structures (AS 4997-2005), Standards Australia, Sydney.

Standard Design Creteria for Port in Indonesia 1984, Directorate General of Sea Communication. Spesifikasi dan Standar Dermaga Beton Direktorat Jendral Perhubungan Sungai 1984.

The Overseas Coastal Area Development Institute of Japan, the Technical Standards and Commentaries for Port and Harbor Facilities in Japan. Perencanaan Pelabuhan, Bambang Triadmojo, 2009.

SNI 03-4430-1997, Metode Pengujian Kuat Tekan Elemen Struktur Beton dengan Alat Palu Beton Type N dan NR SNI T-15-1990-03, Tata Cara Rencana Pembuatan Campuran Beton Normal.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-10-01

Cara Mengutip

Paotonan, C., Caronge, M. A., & Azwar, A. (2019). SURVEY KAPASITAS TEKNIS STRUKTUR DERMAGA PELABUHAN LAMPIA. Riset Sains Dan Teknologi Kelautan, 2(1), 158-163. https://doi.org/10.62012/sensistek.v2i1.13307

Terbitan

Bagian

Rekayasa dan Manajemen Kepelabuhanan dan Transportasi Laut