ANALISIS OPERASIONAL HAULAGE HEAD TRUCK DI MAKASSAR NEW PORT
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pelabuhan Makassar New Port (MNP) merupakan Pelabuhan yang dikelola oleh PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero. PT Pelabuhan Indonesia IV membangun pelabuhan terbesar di Indonesia timur guna meningkatkan ekspor dan pemerataan di kawasan timur Indonesia. Dalam pengelolahannya sering terjadi masalah kinerja sistem pelayanan terhadap permintaan kedatangan peti kemas yang harus dilayani persatuan waktu. Pertanyaan ini memunculkan bagaimana waktu pergerakan peralatan bongkar muat di Terminal Peti Kemas Makassar dari dermaga sampai lapangan penumpukan, khususnya peralatan head truck (HT). Sehingga dapat diketahui kinerja dari peralatan head truck. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan analisis waktu pergerakan peralatan bongkar muat di pelabuhan Makassar New Port, titik berat studi ini ditekankan pada analisis waktu pergerakan bongkar muat dari dermaga sampai lapangan penumpukan, khususnya peralatan head truck (HT) dengan menentukan nilai effectife time, idle time dan nilai kecepatan head truck. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa nilai rata rata idle time dalam proses bongkar peti kemas yang tertinggi terjadi pada head truck 08 sedangkan untuk 2 container crane yang bekerja pada proses bongkar terjadi pada head truck 20. Pada proses muat peti kemas yang tertinggi terjadi pada Head Truck 11, dimana disebabkan oleh adanya delivery atau pengambilan barang oleh pemilik dan penyusunan peti kemas diatas kapal yang lama sehingga memperlambat dalam proses bongkar muat peti kemas.
Unduhan
Rincian Artikel
Referensi
Amir, M.S. (2004). Strategi Memasuki Pasar Ekspor, PPM, Jakarta.
B.S Herman (2013). Manajemen Pelabuhan & Realisasi Ekspor & Impor, Jakarta
Lasse. (2012). Manajemen Muatan, Aktivitas Rantai Pasok Di Area Pelabuhan Banjarmasin, Rajawali Pers. Lasse. (2011). Manajemen Kepelabuhanan, Pelabuhan Banjarmasin, Rajawali Pers.
Banu S, (1998). Port Terminal Operation, Akademi Maritim Nasional Indonesia, Semarang
Triatmodjo.B. (1996). Pelabuhan, Beta Offset, Yogyakarta. Triatmodjo, B. (2003). Pelabuhan. Beta Offset, Yogyakarta Subandi, (1996). Manajemen Peti Kemas, Arcann Jakarta
Normayunegsi, (2019). Analisis Waktu Pergerakan Head Truck dalam bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Makassar. Makassar
Oblak, R. dkk. (2013). Public Private Partneraship Management Model Of Croation Seaports. Management Diakses dari https://hrcak.srce.hr/file/153270.pdf