ANALISA KUALITATIF MENGENAI DAMPAK OPERASIONAL DERMAGA KAYU BANGKOA TERHADAP KUALITAS LINGKUNGAN SEKITARNYA

Penulis

  • Mu’minatung Nisa Departemen Teknik Kelautan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin
  • Tri Utari Departemen Teknik Kelautan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin
  • Arham Azis Departemen Teknik Kelautan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin
  • Zulfikar Zulfikar Departemen Teknik Kelautan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin
  • Ashury Ashury Departemen Teknik Kelautan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin
  • Chairul Paotonan Departemen Teknik Kelautan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.62012/sensistek.v2i1.13277

Kata Kunci:

Kata kunci: Dermaga, Kayu bangkoa, Dampak lingkungan

Abstrak

Pada dasarnya semua kegiatan pembangunan khususnya di kawasan pesisir akan menimbulkan perubahan terhadap lingkungan sekitarnya baik yang positif maupun negatif. Dermaga Kayu Bangkoa terletak ditengah keramaian pantai Losari Makassar, dan terjepit diantara gedung gedung tinggi. Operasional dermaga Kayu Bangkoa, pasti akan menimbulkan dampak terhadap kualitas lingkungan perairan disekitarnya. Metode yang dipakai dalam kajian ini adalah melakukan tinjauan dan observasi lapangan dengan memperhatikan komponen lahan, komponen udara, komponen proses pantai, komponen air dan komponen sampah, serta memperkirakan dan memantau dampak lingkungan yang mungkin terjadi dan menyusun usulan untuk pengelolaan atau penanggulangan dampak tersebut. Pada tahap operasional dermaga Kayu Bangkoa, dampak lingkungan yang mungkin terjadi adalah menurunnya kualitas perairan laut, menurunnya kualitas udara, terjadinya perubahan pola arus, abrasi dan sedimentasi serta terganggunya kehidupan biota yang ada di sekitar dermaga. Dampak dampak lingkungan yang ditimbulkan umumnya dikategorikan sebagai dampak negatif dan bersifat terus menerus. Untuk meminimalisir dampak negatif yang mungkin timbul diperlukan adanya upaya pengelolaan dan pemantauan lingkungan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Fakhruniisa A., 2015. Analisis Tingkat Pencemaran Air Laut Pada Kawasan Sekitar Pelabuhan Paotere, Jurnal Tugas Akhir di Program Studi Teknik Lingkungan, Universitas Hasanudin.

Fandeli, C., (2012), Anaslis Mengenai Dampak Lingkungan Pembangunan Pelabuhan. Yogyakarta, Gadjah Mada Press., (pp. 94-210)

Hutagalung, BR. 2004. Dampak Aktivitas Pelabuhan dan Sebaran Pencemaran Lingkungan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan Kawasan Sekitarnya, Skripsi di Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik Universitas DIponegoro.

Triatmojo, Bambang, 1996. Perencanaan Pelabuhan, Beta Offset, Yogyakarta.

Wibowo, M. 2017. Kajian Kondisi Lingkungan Abiotik Sebagai Titik Awal Analisis Dampak Lingkungan Rencana Wibowo, M. 2018. Kajian Dampak Rencana Pembangunan Kawasan Wisata Marina di Pesisir Kabupaten Belitung

terhadap Kualitas Lingkungan Sekitarnya, Balai Teknologi Infrastruktur Pelabuhan dan Dinamika Pantai – BPPT Pembangunan Kawasan Marina Belitung. Balai Teknologi Infrastruktur Pelabuhan dan Dinamika Pantai. Jakarta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-10-01

Cara Mengutip

Nisa, M., Utari, T., Azis, A., Zulfikar, Z., Ashury, A., & Paotonan, C. (2019). ANALISA KUALITATIF MENGENAI DAMPAK OPERASIONAL DERMAGA KAYU BANGKOA TERHADAP KUALITAS LINGKUNGAN SEKITARNYA. Riset Sains Dan Teknologi Kelautan, 2(1), 133-138. https://doi.org/10.62012/sensistek.v2i1.13277

Terbitan

Bagian

Pengembangan SDM dan SDA Pesisir