ANALISA PENGARUH WAKTU TUNGGU KAPAL TERHADAP BIAYA LOGISTIK DI TERMINAL PETI KEMAS MAKASSAR

Isi Artikel Utama

Alya Ramadani
Cece Virandika

Abstrak

Biaya logistik adalah faktor yang sangat mensugesti daya saing perusahaan & negara. Biaya logistik ini menambah biaya bahan dan produk dan seringkali menjadi masalah baik bagi eksportir maupun importir. Permasalahannya adalah biaya logistik yang terkait dengan tinggal di pelabuhan untuk menampung barang, yang pada akhirnya meningkatkan biaya logistik. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi waktu tunggu kapal. Secara khusus, proses bongkar muat peti kemas, kapasitas area tumpukan, fasilitas bongkar muat yang diperlukan oleh setiap operator terminal, serta padatnya arus bongkar muat, dll. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif: mencari, membaca, dan mengumpulkan penelitian yang berhubungan dengan buku, artikel, dan jurnal. Masalah Dwelling Time di Pelabuhan Indonesia 4 (Persero) Cabang Terminal Peti Kemas Makassar rentan terhadap biaya tambahan dan suap. Solusi untuk mengatasi dwelling time di Pelabuhan Indonesia 4 (Persero) Cabang Terminal Peti Kemas Makassar akan melayani kegiatan di luar Blegen, meningkatkan kapasitas bongkar muat peralatan, memperpanjang jam operasi dan mengurangi pelabuhan untuk meningkatkan perannya

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ramadani, A., & Virandika, C. (2022). ANALISA PENGARUH WAKTU TUNGGU KAPAL TERHADAP BIAYA LOGISTIK DI TERMINAL PETI KEMAS MAKASSAR. Riset Sains Dan Teknologi Kelautan, 5(2), 168–174. https://doi.org/10.62012/sensistek.v5i2.24750
Bagian
Rekayasa dan Manajemen Kepelabuhanan

Referensi

Asripa, dkk.2019. Analisis Sistem Penanganan Petikemas Pada Container Yard di Terminal Petikemas Pelabuhan Makassar. Gowa.

Gunawan, D.W., dan Limpo, Andries. (2002). “Optimasi Pemakaian Terminal Petikemas Makassar”. Skripsi, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil & Perencanaan, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Hikmawati, Puteri. “Dugaan Suap dan Gratifikasi Dalam Masalah Dwelling Time di Pelabuhan Tanjung Priok”.Info HukumSingkat,vol.VII,no.16,2015,https://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info%20Singkat-VII-16-II-P3DI-Agustus-2015-9.pdf. Akses 22 oktober 2022.

Yuliani, Apri.2011. Kajian Biaya Penanganan Petikemas Melalui Terminal Petikemas Tanjung Priok.Jakarta Pusat. Peneliti Badan Litbang Perhubungan.

Palippui, H., and T. Pairunan. "Ship building design of general cargo vessel using comparator ship method in port route of Jakarta-Makassar-Manokwari." In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, vol. 921, no. 1, p. 012035. IOP Publishing, 2021.

Tritiya, dkk. 2015. Simulasi Proses Bongkar Muat Petikemas. Manado. Jurusan Teknik Mesin Universitas Sam Ratulangi

H. Hasnidar, A. Ashury, Dan A. Yasir Baedah, “Tingkat Pemanfaatan Dermaga Terminal Peti Kemas: Studi Kasus Terminal Peti Kemas Pelabuhan Makassar”, Sensistek, Vol. 1, No. 1, Hlm. 104-106, Sep 2018.

S. Hidayat and H. Palippui, “Impact Analysis of the Application of Bonded Warehouse Policy on Logistics Costs at the Port”, zonalaut, vol. 1, no. 3, pp. 84-91, Nov. 2020.

M. F. B. Yusup, “Impact Analysis Of Implementation Of Bonded Warehouse Policy In Makassar Port New Port On Logistic Costs”, Journal of Maritime Technology and Society, vol. 1, no. 1, pp. 17-25, Feb. 2022.

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.