PENGEMBANGAN KONSTRUKSI KAPAL PADA KAPAL PINISI DENGAN MENGGUNAKAN LAMBUNG LAMINASI

Isi Artikel Utama

Nurul Hijrah Bahar
Cici Faradilah

Abstrak

Perkembangan teknologi pelayaran terus berlanjut dengan ditemukannya metode konstruksi baru untuk mencapai
hasil yang cepat dan hemat biaya. Perkembangan teknologi pelayaran mulai menunjukkan arah yang lebih baik
dan pelayaran sebagai alat transportasi telah menjadi bisnis yang sangat menjanjikan bagi industri pelayaran di
Indonesia. Berbeda dengan pembangunan kapal sipil yang proses hukumnya masih tradisional dan memerlukan
waktu yang lama, terutama untuk kapal swasta. Sangat penting untuk memperhatikan faktor-faktor yang
mempengaruhi kondisi kapal. Faktor-faktor yang berkaitan dengan kinerja dan produktivitas kapal tentunya harus
diperhitungkan, terutama ketika menghitung muatan kapal. Karena bertambahnya beban akan mengurangi beban
maksimal yang dapat diangkut kapal dan otomatis mempengaruhi kestabilan kapal, dll. Dengan kondisi tersebut
maka perlu dilakukan perhitungan terhadap kinerja baja kapal yang akan digunakan nantinya agar
pengumpulannya sesuai dengan harapan pemilik kapal. Perkembangan cara kerja dinilai negatif karena adanya
perbedaan kondisi saat ini, khususnya di sektor manufaktur, terutama pada kualitas teknologi dan sumber daya
manusia. Oleh karena itu, salah satu metode yang digunakan adalah metode teknologi laminasi, yaitu
menggabungkan satu atau lebih jenis bahan menjadi satu. [3]

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Bahar, N. H., & Faradilah, C. (2024). PENGEMBANGAN KONSTRUKSI KAPAL PADA KAPAL PINISI DENGAN MENGGUNAKAN LAMBUNG LAMINASI. Riset Sains Dan Teknologi Kelautan, 7(1), 86–90. https://doi.org/10.62012/sensistek.v7i1.31674
Bagian
Teknologi Kelautan

Referensi

Aditya amor patria, Triwilaksandio wuruk pribadi, “Analisis Teknis dan Ekonomis Pembangunan Kapal

Ikan Tradisional Ukuran <10 GT berbahan kayu utuh dengan teknologi laminasi kayu mahoni,” jurnal

teknik its Vol. 6, No. 1, (2017)

Dian dolani simanjuntak, syaifuddin, ronal mangasi hutauruk. 2019. “Efektivitas perekat pada laminasi

lambung kapal kayu”, Faklutas Tperikanan dan kelautan, Universitas Riau, Pekanbaru.

Irawan, H. 2011. “Usulan konstruksi kapal kayu tradisional dengan menggunakan lambung laminasi”,

Tugas Akhir, Program studi Teknik Perkapalan, Universitas Indonesia

Jozua CH. Huwae, Heru Susanto, “laminasi fiberglass sebagai alternatif untuk melindungi konstruksi

lambung kapal kayu” bulletin matric Vol. 13, No. 2, Desember 2016

Sunardi, ST, MT, Dr. Bambang S, Spi.,MT, Dr. Ali Muntaha, A.Pi, SPi.,MT, “laminasi fiberglass untuk

memperbaiki kapal ikan kayu di kecamatan lekok, kabupaten pasuruan jawa timur”, Journal Ilmiah

Rinjani_Universitas Gunung Rinjani Vol. 4 Tahun 2016

B. Purnama and T. Rachman, “Techniques For Handling Deformation Welding Of Ship Building Construction Supporting Elements”, zonalaut, vol. 5, no. 1, pp. 112-118, Mar. 2024.

S. Suardi, “Freeboard and Trim Measurement: a Case Study of Landing Craft Tank Conversion to Ship Power Plan”, zonalaut, vol. 5, no. 1, pp. 1-6, Mar. 2024.

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.