Main Article Content

Abstract




Mutu pelayanan pada Puskesmas menjadi salah satu faktor penting untuk menciptakan kepuasan pasien. Pelayanan yang berkualitas adalah memberikan pelayanan kepada pasien dan keluarganya sesuai standar kualitas untuk memenuhi kebutuhan dan keinginannya, sehingga dapat memperoleh kepuasan yang dapat meningkatkan kepercayaan pasien dan keluarganya terhadap Puskesmas. Penelitian ini bertujuan  mengetahui hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien BPJS rawat jalan Puskesmas Biru Kabupaten Bone. Metode: Jenis penelitian ini adalah survei analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional study. Jumlah sampel sebanyak 100 orang responden yang diambil dari jumlah kunjungan pasien yang datang 3 bulan terakhir di Puskesmas Biru. Pengambilan sampel menggunakan metode accidental sampling. Analisis Bivariat antara variabel independen dan dependen ini menunjukkan bahwa variabel Akses terhadap pelayanan p=0,013 (p<0,05) memiliki hubungan antara mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien BPJS rawat jalan di Puskesmas Biru. Variabel kenyamanan p=0,012 (p<0,05) juga memiliki hubungan antara mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien BPJS rawat jalan di Puskesmas Biru. Sedangkan variabel yang tidak berhubungan antara mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien BPJS rawat jalan di Puskesmas Biru yaitu variabel hubungan antar manusia p=0,361 (p>0,05) dan ketepatan waktu p= 0,170 (p>0,05). Ada hubungan antara akses terhadap pelayanan, kenyamanan dengan kepuasan pasien BPJS rawat jalan, tidak ada hubungan antara hubungan antar manusia, ketepatan waktu dengan kepuasan pasien BPJS rawat jalan. Hendaknya pihak Puskesmas lebih memperhatikan keluhan yang disampaikan oleh pasien seperti ketidaknyamanan yang dirasakan oleh pasien karena semua ini sangat berdampak terhadap mutu pelayanan kesehatan.


Keywords

Mutu pelayanan kesehatan Kepuasan BPJS

Article Details

Author Biographies

Devy Oktavianti, FKM Universitas Hasanuddin

Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin

Indar Indar, FKM Universitas Hasanuddin

Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin

Yusri Abadi, FKM Universitas Hasanuddin

Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin
How to Cite
Oktavianti, D., Indar, I., & Abadi, Y. (2022). HUBUNGAN MUTU PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN BPJS RAWAT JALAN PUSKESMAS BIRU BONE: Relationship of Service Quality with Patient Satisfaction of BPJS Outpatient in Biru Public Health Center, Bone Regency. Hasanuddin Journal of Public Health, 3(2), 135-144. https://doi.org/10.30597/hjph.v3i2.21274

References

  1. Roza, Andalia; Wulandini P. Kepuasan Pasien Peserta BPJS di Ruang Rawat Inap RSUD Pekanbaru. J Keperawatan Abdurrab [Internet]. 2018 Jul 2 [cited 2021 Dec 1];2(1):54–60.
  2. Saputra A, Ariani N, Tinggi S, Kesehatan I, Bangsa C. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Pengguna Kartu BPJS di Rumah Sakit Daerah Idaman Kota Banjarbaru. Borneo Nurs J. 2019 Jul;1(1):48–60.
  3. Annisha Helvian, Fhirastika. Hubungan Tingkat Kepuasan Pasien Antenatal Care (ANC) dengan Mutu Pelayanan Kesehatan di Wilayah Kerja Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. Alami Journal (Alauddin Islamic Journal). 2018;2(1):37-45.
  4. Lino Ximines, Belo; Diah Wahyuningsih, Christine. Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan Pada Masa Pandemi Covid 19 (Studi Kasus di Puskesmas Ngesrep Kota Semarang). Pulic Service and Governance Journal. 2021;2(2):1-7.
  5. Chintia Lahaji L, Elisabeth Wowor R, Esther Caroline Korompis G. Hubungan antara Mutu Jasa Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas. Indones J Public Heal Community Med. 2020;1(2):1–5.
  6. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan. Tingkat Kepuasan Pasien BPJS [Internet]. Indonesia; 2021.
  7. Hetikus Taekab, Aprina; Suryawati, Chriswardani; Kusumastuti, Wulan. Analisis Persepsi Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Puskesmas dan Hubungannya Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Leyangan Kabupaten Semaranag Tahun 2018. J Kesehat Masy. 2019;7(1):31–40.
  8. Wahyuni R, ; Rohani S, ; Oktavianti R, Mukhlis H. Hubungan Kepuasan Pengguna Kartu BPJS Terhadap Mutu Pelayanan di Rumah Sakit Daerah Kotabumi Lampung Utara. Wellness Heal Mag. 2019;1(2):201–207.
  9. Marsuki; Mukarrama, Nahdatul. Faktor-faktor Yang Berpengaruh Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan di Puskesmas Mangkoso Kecamatan Soppeng Riaja Kabupaten Barru. Meraja Journal. 2021;4(2):37-51
  10. Djuwa ASS, Sinaga M, Dodo DO. Hubungan Persepsi Pasien tentang Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Minat Kunjungan Ulang Rawat Jalan di Puskesmas Bakunase Kecamatan Kota Raja. Media Kesehat Masy. 2020;2(2):24–32.
  11. Mutmainnah, Ulfa; Aril Ahri RA. Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di RSUP. Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar 2020. J Muslim Community Heal. 2021;2(1):52–74.
  12. Datuan N, Daud A, Pascasarjana P. Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Peserta BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Haji Makassar. J Kesehat Masy Marit. 2018;1(3):291-300.
  13. Data Sekunder Dinas Kesehatan Kabupaten Bone. Profil Dinas Kesehatan Kabupaten Bone. 2021.
  14. Data Sekunder Puskesmas Biru. Profil Puskesmas Biru. 2021.
  15. Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Data Penurunan Kunjungan Pasien Puskesmas di Indonesia Tahun 2020. Indonesia: Balai Penelitan dan Pengembangan Kesehatan; 2021.