Model B-Spline dalam Menaksir Kurva Regresi Nonparametrik

Authors

  • Raupong Raupong

DOI:

https://doi.org/10.20956/jmsk.v6i1.4091

Abstract

Penaksir B-Spline adalah salah satu metode yang digunakan untuk menaksir kurva regresi nonparametrik. Model B-Spline dengan titik knots digunakan untuk menyelesaikan kelemahan model spline pada saat orde yang tinggi, titik knot yang banyak atau  knots yang terlalu dekat yang akan membentuk matriks dalam perhitungan yang hampir singular sehingga persamaan normal sulit diselesaikan. Metode yang digunakan dalam menaksir parameter B-Spline adalah Metode Kuadrat Terkecil (Ordinary Least Square) yang didefinisikan secara rekursif. Aplikasi B-Spline yang diberikan adalah ratio berat dan tinggi badan bayi setiap bulan. Hasil yang diperoleh adalah B-Spline linier dengan menggunakan satu titik knot merupakan model yang terbaik untuk data tersebut dalam menjelaskan pengaruh umur terhadap ratio berat dan tinggi badan bayi, kriteria pemilihan model terbaik yaitu R2 (Koefisien Determinasi) dan MSE (Means Square Error).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiantara, I.N., 2004, Spline: Historis, Motivasi dan Perannya dalam Regresi Nonparametrik, Makalah Pembicara Utama pada Konferensi nasional Matematika XII, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana, Denpasar- Bali.

Budiantara, I.N., 2005, Model Keluarga Spline Polinomial Truncated dalam Regresi Semiparametrik, Jurnal ITS, Surabaya.

Budiantara, I.N. et.al., 2006, Pemodelan B-Spline dan Mars Pada Nilai Ujian Masuk Terhadap IPK Mahasiswa Jurusan Disain Komunikasi Visual UK. Petra Surabaya, Jurnal UKM Petra, Surabaya.

Giulio, C. and Valori, G., An Inductive proof of the Derivative B-Spline Recursion Formula, Departement of Mathematics, University of Bologna P.zza di Porta S, Donato 5 4027 Bologna, Italy.

Eubank, R.L., 1988, Spline Smoothing and Nonparametric Regression, Marcel Dekker Inc., New York.

Hardle, W., 1990, Applied Nonparametric Regression, Cambridge University Press, New York.

Islamiyati, Anna, 2006, Spline Kubik dengan Knots Optimal, Jurnal Penelitian, Makassar.

Ishaq, Sifriyani, 2007, Pendekatan Spline Untuk Fungsi Variansi, Jurnal ITS, Surabaya.

Downloads

Published

2018-05-01

How to Cite

Raupong, R. (2018). Model B-Spline dalam Menaksir Kurva Regresi Nonparametrik. Jurnal Matematika, Statistika Dan Komputasi, 6(1), 29-43. https://doi.org/10.20956/jmsk.v6i1.4091

Issue

Section

Research Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>