Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Buah dan Sayur terhadap Penggunaan Aplikasi di Jabodetabek

Isi Artikel Utama

Hening Restuningtyaswidi
Liska Simamora

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini 1) Mengetahui karakteristik responden yang menggunakan aplikasi belanja online untuk membeli buah dan sayuran. 2) Mengetahui aplikasi belanja online yang paling banyak digunakan responden untuk membeli buah dan sayur. 3) Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian buah dan sayur terhadap penggunaan aplikasi belanja online. Keputusan pembelian adalah proses dimana konsumen akan membeli suatu produk tertentu dengan melalui tahapan-tahapan. Maraknya jual beli online di Indonesia membuat masyarakat antusias untuk berbelanja melalui suatu aplikasi. Di wilayah Jabodetabek trend belanja melalui aplikasi lebih tinggi dibandingkan daerah lainnya khususnya yang belanja buah dan sayur. Hal ini dapat dilihat dari letak Kantor pusat beberapa platform aplikasi belanja online letaknya di daerah Jabodetabek. Fenomena yang terjadi di wilayah Jabodetabek banyak masyarakat yang bekerja full time dari pagi sampai sore, sehingga tidak membutuhkan banyak waktu untuk pergi ke Pasar. Jumlah sampel sebanyak 70 responden.  Jenis penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Data diperoleh dari penyebaran kuesioner. Alat yang digunakan untuk menganalisis IBM SPSS Statistics 23. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menjelaskan bahwa kualitas produk, kualitas layanan, promosi dan motivasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan harga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Restuningtyaswidi, H., & Simamora, L. . (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Buah dan Sayur terhadap Penggunaan Aplikasi di Jabodetabek. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, 17(2), 39–54. https://doi.org/10.20956/jsep.v17i2.18188
Bagian
Articles

Referensi

Deisy, M. ., Lapian, S. L. H. . J., & Mandagie, Y. . (2018). Analisis Citra Merek, Harga Produk dan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Pada Seluruh Gerai-Gerai Seluler di IT Center Manado. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/20997

Devi, S., & Hartono Georgius. (2015). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Membeli Sayuran Organik Factors Affecting Consumers Decision in Buying Organic Vegetables. Agric, 27(12), 60–67.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS Edisi Ketujuh. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23 Edisi 8 Cetakan 8. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hidayat, T. (2020). ANALISIS PENGARUH PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. JURNAL ILMU MANAJEMEN, 17(2), 109–119. https://doi.org/10.21831/JIM.V17I2.34783

Kotler dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Erlangga.

Kotler, P. & A. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Erlangga.

Maryama, S. (2013). Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(3), 317. https://doi.org/10.38043/jmb.v17i3.2486

S Mulyana. (2020). PENGARUH HARGA DAN ULASAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK FASHION SECARA ONLINE PADA SHOPEE DI PEKANBARU. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Equilibrium, 6(2), 195–210. https://doi.org/10.47329/jurnal_mbe.v6i2.431

Santosa, A. T. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Store Atmosphere, Dan E-Wom Terhadap Proses Keputusan Pembelian (Survei Terhadap Konsumen Zenbu-House of Mozaru Paris Van Java, Bandung). Jurnal Manajemen Maranatha, 18(2), 148–158. https://doi.org/10.28932/jmm.v18i2.1613

Shinta, A. (2011). Manajemen Pemasaran. Alfabeta.

Tjiptono, F. (2016). Serice, Quality and Satisfaction. Andi.

Wijaya, V. S. (2011). Pengaruh Motivasi, Persepsi dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Honda Di Kawasan Kabupaten Kudus. 16(22), 119–128.

Zano, B. R., & Santoso, T. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha. Agora, 7(1), 48–60.

Artikel Serupa

1 2 3 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.