PERSEPSI STAF MANAJEMEN TENTANG MANAJEMEN PEMASARAN RUMAH SAKIT DI RSUP DR. WAHIDIN SUDIROHUSODO MAKASSAR
Keywords:
Persepsi, staf manajemen, pemasaranAbstract
Persepsi merupakan faktor psikologis yang mempunyai peranan penting yang dapat memengaruhi perilaku seseorang. Manajemen pemasaran terdiri atas riset pasar, strategi pemasaran, bauran pemasaran, implementasi pemasaran, dan kontrol pemasaran. RSUP Dr. Wahidin Sudirohusudo selama tiga tahun terakhir berorientasi pada kegiatan promosi. Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran persepsi staf manajemen tentang manajemen pemasaran rumah sakit. Penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif. Data primer diperoleh dengan menggunakan kuesioner pada 111 orang responden. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa sebagian besar riset pasar dipersepsikan secara positif oleh middle management (73,7%). Untuk strategi pemasaran yang terdiri atas segmentasi dan target pasar yang dipersepsikan secara positif oleh middle management sebanyak 84,2% sedangkan posisi produk sebagian besar dipersepsikan negatif oleh frontline people sebanyak 51,1%. Bauran pemasaran yang terdiri atas produk, harga, lokasi, promosi, orang, proses, dan penampilan fisik telah dipersepsikan secara positif oleh middle management, tetapi sebagian besar frontline people masih mempersepsikan negatif seperti produk (52,2%), harga, lokasi dan orang (50%), serta promosi (51,1%). Disarankan agar RSUP Dr. Wahidin Sudirohusudo untuk melaksanakan sosialisasi dan pelatihan pemasaran kepada seluruh staf manajemen (frontline people) dan memanfaatkan persepsi dan pengetahuan middle management untuk meningkatkan kegiatan pemasaran di rumah sakit.
References
Utama S. Memahami Fenomena Kepuasan Pasien Rumah Sakit [Skripsi]. Medan: Universitas Sumatra Utara; 2003.
Mursid M. Manajemen Pemasaran. II ed. Jakarta: Bumi Aksara; 1997.
Suporiyanto S, Ernawaty. Pemasaran Industri Jasa Kesehatan. Yogyakarta: Penerbit Andi; 2010.
Assauri S. manajemen Pemasaran. XI ed. Jakarta: PT Rajagrafindo; 2011.
Notoatmodjo S. Metodologi Penelitian Kesehatan. III ed. Jakarta: PT Rineka Cipta; 2002.
Husain U. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka; 1997.
Rustiati NW, Rochmah TN. A Marketing Strategy and Tactic to Increase BOR of Puri Rahayu Main Ward of Negara General Hospital in Jembrana Regency. Administrasi dan Kebijakan Kesehatan. 2005;3(1).
Jokhio AH, Winter HR, Cheng KK. An intervention involving traditional birth attendants and perinatal and maternal mortality in Pakistan. New England Journal of Medicine. 2005;352(20):2091-9.
Anditasari P. Hubungan antara Persepsi terhadap Konflik Peran dan Semangat Kerja Karyawan Divisi Teknik PT. Indonesia Power Unit Bisnis Pembangkitan Mrica Banjarnegara Semarang: Universitas Diponegoro; 2010.
Hamzah A. Analsis Penetapan Pasar Sasaran Rumah Sakit Stella Maris Makassar Tahun 2008. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan. 2009;12(03).
Soemanagara RD. Persepsi Peran, konsistensi peran dan kinerja. Jurnal Ilmu Administrasi. 2006;III(4):280-94.
Kotler P. Manajemen Pemasaran: Analisa Perencanaan dan Pengendalian Edisi Kelima. Jakarta: PT Indeks; 1996.
Adiwijaya. Analisis Hubungan Antara Marketing Mix Dengan Keputusan Pasien Memanfaatkan Rawat Jalan Rumah Sakit Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar [Tesis]. Makassar: Universitas Hasanuddin 2005.
Hurriyati R. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta; 2005.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc.
All articles published Open Access are free for everyone to read and download. Under the CC-BY-NC-SA license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Media Kesehatan Masyarakat Indonesia Universitas Hasanuddin in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Media Kesehatan Masyarakat Indonesia Universitas Hasanuddin are required to cite the original source, including the author's names, Media Kesehatan Masyarakat Indonesia Universitas Hasanuddin as the initial source of publication, year of publication, and volume number.
Media Kesehatan Masyarakat Indonesia Universitas Hasanuddin is licensed under Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.