KEPUASAN STAF RSUP SANGLAH DENPASAR TERHADAP PELAYANAN PESERTA DIDIK KEDOKTERAN

Desak Nyoman Widyanthini, I Gusti Ngurah Edi Putra, Pande Putu Januraga

Abstract

Status RSUP Sanglah sebagai rumah sakit pendidikan akan menimbulkan dinamika persepsi terhadap kualitas pelayanan baik dari sisi pasien maupun staf RSUP Sanglah karena proses pendidikan peserta didik kedokteran (dokter koas dan dokter residen) yang akan berhubungan langsung dengan pasien. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengukur dan mengidentifikasi faktor yang terkait dengan tingkat kepuasan staf RSUP Sanglah terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan peserta didik kedokteran. Metode penelitian ini, yaitu observasional deskriptif dengan rancangan cross-sectional study. Sampel dalam penelitian ini, yaitu staf RSUP Sanglah di 19 ruangan yang menjadi lokasi dokter residen dan koas memberikan pelayanan dengan jumlah sampel sebanyak 382 orang dan di- pilih secara total sampling. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan staf terhadap layanan yang diberikan oleh peserta didik kedokteran, yaitu sebesar 3,790 (SD=0,403) dari minimal 1 (sangat tidak puas) dan maksimal 5 (sangat puas). Seluruh item pernyataan dimensi kepuasan staf menunjukkan proporsi respon positif yang lebih besar, terutama pada dimensi benefit atau manfaat yang dirasakan, tetapi terdapat cukup besarnya respon negatif pada item pernyataan confidence, dengan item terendah yaitu pengisian rekam medik. Secara umum staf RSUP Sanglah menyatakan puas terhadap layanan yang diberikan oleh peserta didik kedokteran, walaupun masih ditemukan respon negatif, yaitu pada kelengkapan pengisian rekam medis.

References

1. Wiyono, A.S., & Chandrarin, G. Studi tentang Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen di Rumah Sakit Islam Manisrenggo Klaten [Tesis]. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2006.

2. Hassan, R.M.S., Bashour, H.N. & Koudsi, A.Y. Patient Attitudes Towards Medical Students at Damascus University Teaching Hospitals. BMC Medical Education. 2012;12(13): 1-8.

3. Aljoudi, S.B., Alsolami, S., Farahat, F.M., Alsaywid, B., Abuznadah, W. Patients’ Attitudes towards the Participation of Medical Students
in Clinical Examination and Care in Western Saudi Arabia. Journal of Family and Community Medicine. 2016;23(3):172-178.

4. Temesgen, W.A. Patients’ Attitude Towards Medical Students Involvement in Their Health Care at Tikur Anbessa Specialized Hospital, Addis Ababa, Ethiopia. Ehitopian Journal of Health Science. 2013;23(2):158-164.

5. Santosa. Kelengkapan Pengisian Berkas Rekam Medis Pelayanan Medik Rawat Jalan dan Patient Safety di RSGMP UMY. Jurnal Medicoteticolegal dan Manajemen Rumah Sakit. 2014;3(1).

6. Mahesa, D. Analisis Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan dengan Lama Kerja sebagai Variabel Moderating [Skripsi]. Semarang : Universitas Diponegoro; 2010.

7. Gibson, James, L., John, M., Ivancevich, James, H. & Donnelly Jr.. Organizations: Behaviour, Structure and Process 14th Edition, Boston: McGraw-Hill Companies Inc; 2011.

8. Heriyanti, D. Analisis Pengaruh Budaya Organisasi, Kepuasan Kerja dan Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan dengan Komitmen Organisasi sebagai Variabel Intervening [Tesis]. Semarang: Universitas Diponegoro; 2007.

9. Husnawati, A. Analisis Pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja terhadap Kualitas Karyawan dengan Komitmen dan Kepuasan Kerja sebagai Intervening Variabel [Tesis]. Semarang : Universitas Diponegoro; 2006.

10. Anwar Prabu Mangkunegara. Evaluasi Kerja SDM Edisi Kedua. Bandung: Revika Aditama; 2006.

11. Indrawati, A,D. Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan dan Kepuasan Pelanggan pada Rumah Sakit Swasta di Kota Denpasar. Jurnam Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan. 2013;7(2):135-142.

12. Alrubaiee, L. & Alkaa’ida, F. The Mediating Effect of Patient Satisfaction in The Patients’ Perceptions of Healthcare Quality-Patient Trust Relationship. International Journal of Marketing Studies. 2011;3(1):103-127.

13. Ridho, K,M. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Pengisian Rekam Medis di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Universitas Muhammadiyah [Tesis]. Yogyakarta : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta; 2012.

14. Ramadhani, I,S., Sugiarsi, S., Pujihastuti, A. Faktor Penyebab Ketidaklengkapan Dokumen Rekam Medis Pasien Rawat Inap Dalam Batas
Waktu Pelengkapan di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi Surakarta. Jurnal Kesehatan. 2008;2(2):82-88.

15. Robbin, S.P., Judge, T.A. Perilaku Organisasi Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat; 2008.

Authors

Desak Nyoman Widyanthini
desakwidyanthini@gmail.com (Primary Contact)
I Gusti Ngurah Edi Putra
Pande Putu Januraga
Widyanthini, D. N., Edi Putra, I. G. N., & Januraga, P. P. (2017). KEPUASAN STAF RSUP SANGLAH DENPASAR TERHADAP PELAYANAN PESERTA DIDIK KEDOKTERAN. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 13(3), 273-280. https://doi.org/10.30597/mkmi.v13i3.2678
Copyright and license info is not available

Article Details