KEPUASAN STAF RSUP SANGLAH DENPASAR TERHADAP PELAYANAN PESERTA DIDIK KEDOKTERAN
Abstract
Status RSUP Sanglah sebagai rumah sakit pendidikan akan menimbulkan dinamika persepsi terhadap kualitas pelayanan baik dari sisi pasien maupun staf RSUP Sanglah karena proses pendidikan peserta didik kedokteran (dokter koas dan dokter residen) yang akan berhubungan langsung dengan pasien. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengukur dan mengidentifikasi faktor yang terkait dengan tingkat kepuasan staf RSUP Sanglah terhadap pelayanan kesehatan yang diberikan peserta didik kedokteran. Metode penelitian ini, yaitu observasional deskriptif dengan rancangan cross-sectional study. Sampel dalam penelitian ini, yaitu staf RSUP Sanglah di 19 ruangan yang menjadi lokasi dokter residen dan koas memberikan pelayanan dengan jumlah sampel sebanyak 382 orang dan di- pilih secara total sampling. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan staf terhadap layanan yang diberikan oleh peserta didik kedokteran, yaitu sebesar 3,790 (SD=0,403) dari minimal 1 (sangat tidak puas) dan maksimal 5 (sangat puas). Seluruh item pernyataan dimensi kepuasan staf menunjukkan proporsi respon positif yang lebih besar, terutama pada dimensi benefit atau manfaat yang dirasakan, tetapi terdapat cukup besarnya respon negatif pada item pernyataan confidence, dengan item terendah yaitu pengisian rekam medik. Secara umum staf RSUP Sanglah menyatakan puas terhadap layanan yang diberikan oleh peserta didik kedokteran, walaupun masih ditemukan respon negatif, yaitu pada kelengkapan pengisian rekam medis.
Full text article
References
Wiyono, A.S., & Chandrarin, G. Studi tentang Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen di Rumah Sakit Islam Manisrenggo Klaten [Tesis]. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2006.
Hassan, R.M.S., Bashour, H.N. & Koudsi, A.Y. Patient Attitudes Towards Medical Students at Damascus University Teaching Hospitals. BMC Medical Education. 2012;12(13): 1-8.
Aljoudi, S.B., Alsolami, S., Farahat, F.M., Alsaywid, B., Abuznadah, W. Patients’ Attitudes towards the Participation of Medical Students
in Clinical Examination and Care in Western Saudi Arabia. Journal of Family and Community Medicine. 2016;23(3):172-178.
Temesgen, W.A. Patients’ Attitude Towards Medical Students Involvement in Their Health Care at Tikur Anbessa Specialized Hospital, Addis Ababa, Ethiopia. Ehitopian Journal of Health Science. 2013;23(2):158-164.
Santosa. Kelengkapan Pengisian Berkas Rekam Medis Pelayanan Medik Rawat Jalan dan Patient Safety di RSGMP UMY. Jurnal Medicoteticolegal dan Manajemen Rumah Sakit. 2014;3(1).
Mahesa, D. Analisis Pengaruh Motivasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan dengan Lama Kerja sebagai Variabel Moderating [Skripsi]. Semarang : Universitas Diponegoro; 2010.
Gibson, James, L., John, M., Ivancevich, James, H. & Donnelly Jr.. Organizations: Behaviour, Structure and Process 14th Edition, Boston: McGraw-Hill Companies Inc; 2011.
Heriyanti, D. Analisis Pengaruh Budaya Organisasi, Kepuasan Kerja dan Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Karyawan dengan Komitmen Organisasi sebagai Variabel Intervening [Tesis]. Semarang: Universitas Diponegoro; 2007.
Husnawati, A. Analisis Pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja terhadap Kualitas Karyawan dengan Komitmen dan Kepuasan Kerja sebagai Intervening Variabel [Tesis]. Semarang : Universitas Diponegoro; 2006.
Anwar Prabu Mangkunegara. Evaluasi Kerja SDM Edisi Kedua. Bandung: Revika Aditama; 2006.
Indrawati, A,D. Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan dan Kepuasan Pelanggan pada Rumah Sakit Swasta di Kota Denpasar. Jurnam Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan. 2013;7(2):135-142.
Alrubaiee, L. & Alkaa’ida, F. The Mediating Effect of Patient Satisfaction in The Patients’ Perceptions of Healthcare Quality-Patient Trust Relationship. International Journal of Marketing Studies. 2011;3(1):103-127.
Ridho, K,M. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Pengisian Rekam Medis di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Universitas Muhammadiyah [Tesis]. Yogyakarta : Universitas Muhammadiyah Yogyakarta; 2012.
Ramadhani, I,S., Sugiarsi, S., Pujihastuti, A. Faktor Penyebab Ketidaklengkapan Dokumen Rekam Medis Pasien Rawat Inap Dalam Batas
Waktu Pelengkapan di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi Surakarta. Jurnal Kesehatan. 2008;2(2):82-88.
Robbin, S.P., Judge, T.A. Perilaku Organisasi Edisi 12. Jakarta: Salemba Empat; 2008.
Authors
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc.
All articles published Open Access are free for everyone to read and download. Under the CC-BY-NC-SA license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Media Kesehatan Masyarakat Indonesia Universitas Hasanuddin in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Media Kesehatan Masyarakat Indonesia Universitas Hasanuddin are required to cite the original source, including the author's names, Media Kesehatan Masyarakat Indonesia Universitas Hasanuddin as the initial source of publication, year of publication, and volume number.
Media Kesehatan Masyarakat Indonesia Universitas Hasanuddin is licensed under Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.