HUBUNGAN ANTARA BAURAN PEMASARAN DENGAN LOYALITAS PASIEN DI RAWAT INAP RSUD SYEKH YUSUF KABUPATEN GOWA

A. Yulyandhika AH, Indar Indar, Alwy Arifin

Abstract

Sebuah rumah sakit perlu untuk mendesain program pemasaran agar produk/jasa dapat sampai pada konsumen dan memotivasi konsumen untuk membelinya. Alat yang digunakan adalah bauran pemasaran (marketing mix) merupakan kombinasi dari 4 atau lebih variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran rumah sakit. Bauran pemasaran yang lazim digunakan, yaitu product, price, place dan promotion, untuk pemasaran jasa memerlukan bauran pemasaran yang diperluas, yaitu people, physical evidence dan process. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara bauran pemasaran dengan loyalitas pasien di rawat inap RSUD Syekh Yusuf Kab. Gowa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian observasional dengan rancangan cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien rawat inap yang menggunakan jasa pelayanan kesehatan sebanyak 1.165 pasien, dengan sampel penelitian sebanyak 92 responden. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa ada hubungan antara bauran promosi (p=0,000), tempat (p=0,000), dan bukti fisik (p=0,006) dengan loyalitas pasien, dan tidak ada hubungan antara bauran proses (p=0,059) dan orang/SDM (p=0,414) dengan loyalitas pasien di rawat inap RSUD Syekh Yusuf Gowa. Kesimpulannya adalah ada hubungan antara bauran pemasaran, tempat dan bukti fisik dengan loyalitas pasien.

References

1. Hurriyati, R. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen: Fokus pada Konsumen Kartu Kredit Perbankan. Bandung: Alfabeta; 2010.

2. Depkes RI. Sistem Kesehatan Nasional Departemen Kesehatan RI 2004. Jakarta: Depeks RI; 2004.

3. RSUD Syekh Yusuf. Profil RSUD Syekh Yusuf Kab. Gowa Tahun 2012. Gowa : Rekam Medik RSUD Syekh Yusuf; 2012.

4. Dyah, A. R. Analisis Aspek Bauran Pemasaran yang Berhubungan dengan Loyalitas Pelanggan Rumah Sakit Yadika Tahun 2000 [Tesis]. Depok: Universitas Indonesia; 2000

5. Lupiyoadi, R. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktik. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat; 2001.

6. Hardianty, A. Hubungan Bauran Pemasaran (Marketing Mix) dengan Kunjungan Pasien di Unit Rawat Jalan RSIA Pertiwi MakassaTahun 2011. Jurnal AKK. 2012;1(1):1-55.

7. Dewi, S. I. Pengaruh Persepsi Pasien tentang Marketing Mix terhadap Loyalitas Pasien Rawat Jalan Kediri [Tesis]. Semarang: Universitas Diponegoro; 2009.

8. Samboro J. Pengaruh People, Process, dan Physical Evidence terhadap Loyalitas Melalui Keputusan Mahasiswa Memilih Politeknik Negeri Malang [Tesis]: Universitas Brawijaya; 2009.

9. Supriyanto, Ernawaty. Pemasaran Jasa Industri Kesehatan. Yogyakarta: Andi; 2010.

10. Wibisono, U. Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Loyalitas Konsumen PT. Telkomsel Indonesia dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Jurnal Graduasi 2011;25(3).

11. Sakka, A. Studi Tentang Pengguna dan Bauran Pemasaran Produk Hyperbaric Oxygen (HBO) di Rumah Sakit Dr. Wahidin Sudirohusodo [Skripsi]. Makassar: Universitas Hasanuddin; 2005.

Authors

A. Yulyandhika AH
uleeyuly@yahoo.com (Primary Contact)
Indar Indar
Alwy Arifin
AH, A. Y., Indar, I., & Arifin, A. (2016). HUBUNGAN ANTARA BAURAN PEMASARAN DENGAN LOYALITAS PASIEN DI RAWAT INAP RSUD SYEKH YUSUF KABUPATEN GOWA. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 10(2), 117-123. https://doi.org/10.30597/mkmi.v10i2.503
Copyright and license info is not available

Article Details