POTENSI PERAN KELUARGA DALAM PERAWATAN PENYAKIT STROKE MELALUI PENGEMBANGAN MODEL DISCHARGE PLANNING BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI
Abstract
Potensi Peran Keluarga dalam Perawatan Penyakit Stroke melalui Pengembangan Model discharge planning Berbasis Teknologi Informasi di Ruang Lontara 3 Syaraf RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar 2013. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pelaksanaan model discharge planning berbasis teknologi informasi terhadap peran keluarga dalam perawatan penyakit stroke di RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Penelitian dilaksanakan di RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar. Jumlah sampel sebanyak 33 responden. Penelitian ini menggunakan desain one group pretest-posttest design. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pelaksanaan model discharge planning berbasis teknologi informasi terhadap pengetahuan (p=0,000), sikap (p=0,000), dan keterampilan (p= 0,000). Implementasi discharge planning harus selalu dilaksanakan oleh perawat untuk membantu pasien dan keluarga dalam menyiapkan kepulangan pasien. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa discharge planning sangat membantu pasien dan keluarga dalam mempersiapkan kepulangan pasien.
Full text article
References
Satyanegara. Ilmu Bedah Saraf: Publisher Not Identified; 1976.
Ginsberg L. Penglihatan dan Nervus Kranialis lainnya. Lecture Notes-Neurologi Jakarta: Penerbit Erlangga. 2005:35.
RI DK. Standar Pelayanan Minimal. Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Pelayanan Medik Jakarta; 2011.
Rasyid A, Soertidewi L. Unit Stroke Manajemen Stroke secara Komprehensif. Jakarta: Departemen Neurologi FKUI. 2007:1-20.
Carpenito J. L. Rencana Asuhan dan Dokumentasi Keperawatan Edisi 2; 1999.
Mujiono. Video sebagai Perangkat Pembelajaran Inovatif/Widyaiswara Balai Diklat Keagamaan Semarang. 2009 (Diakses tanggal 25 September 2013).
Notoatmodjo S. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta; 2003.
Ohman. Revitalising for Succes with Active Learning Approaches. In: Caputil, Ed. Teaching Nursing: The Art and Science. Glen Ellyn. 2005 (Il: College of Du Page Press: 711-735.).
Skiba DJ. Nursing Education 2.0: Second life. Nursing Education Perspectives. 2007;28(3):156-7.
Hariyati RTS, Afifah E, Handiyani H. Evaluasi Model Perencanaan Pulang yang Berbasis Teknologi Informasi. Makara Kesehatan. 2008;12:53-8.
Azwar A, Prihartono J. Metodologi Penelitian Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat. Batam : Binarupa Akara; 2003.
Irdawati I. Perbedaan Pengaruh Latihan Gerak terhadap Kekuatan Otot pada Pasien Stroke Non-Hemoragik Hemiparese Kanan Dibandingkan dengan Hemiparese Kiri. Media Medika Indonesiana. 2009;43(2):75-82.
Munadi Y. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Perss. 2008.
Smaldino SE, Lowther DL, Russell JD. Instructional Technology and Media for Learning. 2008.
Logan R. Using YouTube in Perioperative Nursing Education. AORN journal. 2012;95(4):474-81.
Authors
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc.
All articles published Open Access are free for everyone to read and download. Under the CC-BY-NC-SA license, authors retain ownership of the copyright for their article, but authors grant others permission to use the content of publications in Media Kesehatan Masyarakat Indonesia Universitas Hasanuddin in whole or in part provided that the original work is properly cited. Users (redistributors) of Media Kesehatan Masyarakat Indonesia Universitas Hasanuddin are required to cite the original source, including the author's names, Media Kesehatan Masyarakat Indonesia Universitas Hasanuddin as the initial source of publication, year of publication, and volume number.
Media Kesehatan Masyarakat Indonesia Universitas Hasanuddin is licensed under Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.