HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RSUD SYEKH YUSUF GOWA

Nurfardiansyah Burhanuddin (1)
(1)

Abstract

Kepuasan pasien adalah aspek penting dalam mengukur kualitas pelayanan kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis besarnya hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien peserta BPJS di RSUD Syekh Yusuf Gowa tahun 2015. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional study, dilaksanakan di RSUD Syekh Yusuf Gowa. Populasi penelitian sebanyak 479 orang. Sampel yang diperoleh sebanyak 156 orang dengan teknik pengambilan sampel yakni consecutive sampling. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner. Analisis data menggunakan uji Spearman’s Rho dan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan hasil uji Spearman’s Rho menunjukkan ada hubungan antara mutu pelayanan dimensi bukti fisik (tangiable) (p=0,000), kehandalan (reliability) (p=0,000), ketanggapan (responsiveness) (p=0,000), jaminan (assurance) (p=0,000), dan empati(empathy) (p=0,000), dengan kepuasan pasien BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Syekh Yusuf Gowa Tahun 2015. Hasil analisis variable dominan dengan Uji Regresi Linear Berganda menunjukkan bahwa seluruh variabel independen secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap variabel. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien peserta BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Syekh Yusuf Gowa tahun 2015.

References

Read More

Authors

Nurfardiansyah Burhanuddin
nurfardiansyah.bur@gmail.com (Primary Contact)
Burhanuddin, N. (2016). HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RSUD SYEKH YUSUF GOWA. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 12(1), 41–46. https://doi.org/10.30597/mkmi.v12i1.552

Article Details

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.