PENGEMBANGAN PENGEMASAN PRODUK SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN MIE AYAM BAKAR 99 SEMOLOWARU, SURABAYA

Authors

  • Stephanie Ayu Universitas Katolik Darma Cendika
  • Citra Anggraini Tresyanto Universitas Katolik Darma Cendika Surabaya
  • Vincentia Devina Setyawati Universitas Katolik Darma Cendika Surabaya
  • Christina Gabriela Sungkono Universitas Katolik Darma Cendika Surabaya

Keywords:

Management, digital marketing, branding

Abstract

The community service program was structured to help Pak Widodo overcome the problems he faced, so that sales targets could be met and able to support the wheels of the economy of the residents after the covid-19 pandemic. In this service program, the UKDC community service team will provide assistance and education to partners on the importance of carrying out the product branding process. The product branding process can use packaging methods or attractive product packaging and the use of a logo that gives consumers an idea of the product being sold. The service method is carried out on a scheduled basis with the first stage conducting social analysis to find information on problems that are the main focus of the community service work program carried out by Lecturers at the Faculty of Economics, Darma Cendika Catholic University. The next stage is to provide coordination and together with partners to provide solutions related to the problems encountered. Based on the search, information was obtained that the obstacles encountered came from a marketing strategy that had not been implemented optimally. Marketing Management is the main key to meeting sales targets. Through this UKDC community service program, partners know and understand information about the importance of developing a marketing strategy to increase the number of product sales and increase the number of consumers to increase income and become well-known to consumers.  ---  Program pengabdian masyarakat disusun untuk membantu Pak Widodo mengatasi permasalahan yang dihadapi, sehingga target penjualan dapat terpenuhi dan mampu mendukung perputaran roda perekonomian warga pasca pandemic covid-19. Dalam program pengabdian ini kelompok tim pengabdian masyarakat UKDC akan memberikan pendampingan dan edukasi kepada mitra pentingnya melakukan proses branding produk. Proses branding produk bisa menggunakan metode packing atau kemasan produk yang menarik dan penggunaan logo yang memberikan gambaran bagi para konsumen tentang produk yang dijual. Metode pengabdian dilakukan secara terjadwal dengan tahapan pertama melakukan analisis social untuk mencari informasi permasalahan yang menjadi focus utama dalam program kerja pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Katolik Darma Cendika. Tahap selanjutnya adalam memberikan berkoordinasi dan bersama-sama dengan mitra memberikan solusi  terkait pemasalahan yang dihadapi. Berdasarkan penelusuran diperoleh informasi bahwa kendala yang dihadapi berasal dari strategi pemasaran yang belum diimplementasikan secara maksimal. Manajemen Pemasaran merupakan kunci utama dalam memenuhi target penjualan. Melalui program pengabdian masyarakat UKDC ini, maka mitra mengetahui dan memahami informasi tentang pentingnya menyusun strategi pemasaran untuk meningkatkan jumlah penjualan produk serta jumlah konsumen yang bertambah sehingga menambah pendapatan

References

Kotler, P., & Susanto, A.B. (2000). Manajemen Pemasaran di Indonesia, Buku 2, Salemba Empat.

Rachmawati, R. (2011). Peranan bauran pemasaran (marketing mix) terhadap peningkatan penjualan (sebuah kajian terhadap bisnis restoran). Jurnal Kompetensi Teknik, 2(2).

Elwisam, E., & Lestari, R. (2019). Penerapan strategi pemasaran, inovasi produk kreatif dan orientasi pasar untuk meningkatkan kinerja pemasaran UMKM. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(2), 277-286.

Agustina, R., Dwanoko, Y. S., & Suprianto, D. (2021). Pelatihan Desain Logo Dan Kemasan Produk UMKM di Wilayah Sekarpuro Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks" SOLIDITAS"(J-SOLID), 4(1), 69-76.

Gautama, I. M. B., & Putri, D. R. (2019). Perancangan Label Kemasan Aneka Kue dan Banner Sebagai Media Promosi. WIDYABHAKTI Jurnal Ilmiah Populer, 1(2), 14-20.

Harminingtyas, R. (2013) ‘Analisis Fungsi Kemasan Produk Melalui Model View dan

Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Rokok Kretek

Merek Dji Sam Soe di Kota Semarang’, Jurnal STIE Semarang, 5(2), pp. 1–18

Purnomo, N. C., Ardana, I., & Handoko, C. T. (2013) ‘Perancangan Kemasan dan Media

Promosi Kue Gandjelrel Khas Kota Semarang’, Jurnal DKV Adiwarna, 1(2), p. 7

Listya, A., & Rukiah, Y. (2018). Visual Branding Produk Belimbing Olahan UMKM Depok Melalui Desain Logo. Demandia: Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, dan Periklanan, 3(02), 199-218.

Saryanti, I. G. A. D., Mandasari, E., & Sidhiantari, I. G. A. P. I. (2020). Pengembangan dan Pemanfaatan Desain Kemasan sebagai Media Promosi pada UKM Heavenine. Journal of Community Development, 1(1), 1-6.

Wartika, I. M. B. L. P., Mahendra, A. A. P. P., Wirawan, I. P. A., Mahyuni, L. P., & Wirsa, I. N. (2023). Pemberdayaan Umkm Melalui Pengenalan Pemasaran Digital Khususnya Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Di Era Pandemi. Panrita Abdi-Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 7(2), 285-292.

Downloads

Published

2024-04-29

How to Cite

Ayu, S., Tresyanto, C. A. ., Setyawati, V. D. ., & Sungkono, C. G. . (2024). PENGEMBANGAN PENGEMASAN PRODUK SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN MIE AYAM BAKAR 99 SEMOLOWARU, SURABAYA. Panrita Abdi - Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(2), 304–314. Retrieved from https://journal.unhas.ac.id/index.php/panritaabdi/article/view/23645

Similar Articles

<< < 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.