Proses Pengujian Kebocoran Valve Pada Km. Kendhaga Nusantara Menggunakan Hydrostatic Pressure Test

Penulis

  • Adi Kurniawan Yusim Universitas Diponegoro
  • Muhammad Afif Fadila Universitas Diponegoro
  • Sarwoko Universitas Diponegoro

Abstrak

Proses uji kebocoran pada valve (katup) pada kapal merupakan tahapan yang penting dilakukan dan telah diatur oleh Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) sebagai Klas yang mengacu pada The International Association of Classification Societies (IACS). Pipa dan alat fitting harus diuji pada tekanan hidrostatik tidak kurang dari 1,5 kali tekanan nominal. Padapenelitian ini, 4 buah gate valve yang diuji memiliki tekanan nominal dari pabrikan sebesar 10 bar, sehingga harus diuji hingga tekanan 15 bar. Katup telah diuji satu per satu dengan metode Hydrostatic Pressure Test yaitu menggunakan Test Pump. Dari hasil pengujian ditemukan kebocoran pada salah satu valve yaitu pada bagian disc. Rekomendasi yangdiberikan oleh pihak BKI untuk kebocoran tersebut adalah diperbaiki dengan cara menutupi kebocoran menggunakan bahan yang disarankan dari pabrikan pembuatan gate valve tersebut yaitu menggunakan lem besi tipe epoxy.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-11-30

Cara Mengutip

Yusim, A. K., Fadila, M. A., & Sarwoko. (2020). Proses Pengujian Kebocoran Valve Pada Km. Kendhaga Nusantara Menggunakan Hydrostatic Pressure Test . Zona Laut : Jurnal Inovasi Sains Dan Teknologi Kelautan, 1(3), 78-83. Diambil dari https://journal.unhas.ac.id/index.php/zonalaut/article/view/11457

Terbitan

Bagian

Teknologi dan Rekayasa Bangunan Lepas Pantai

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama