Pengaruh Posisi Pengelasan Dan Diameter Filler Pada Hasil Pengelasan Daun Propeller Dengan Gas Metal Arc Welding

Penulis

  • Dwisetiono Dwisetiono Prodi Teknik Sistem Perkapalan Universitas Hang Tuah
  • Rizal Dikrulloh Teknik Sistem Perkapalan, Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan, Universitas Hang Tuah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.20956/zl.v3i1.20068

Kata Kunci:

Diameter filler, GMAW, Propeller, Posisi pengelasan.

Abstrak

Propeller merupakan komponen kunci pada propulsi kapal sebagai alat penghasil daya dorong untuk menggerakkan kapal. Kerusakan yang terjadi pada propeller pada bagian daun propeller mengalami fouling, terjadi pengikisan akibat kavitasi, terjadi keretakan dan bengkok akibat berbenturan. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa pengaruh posisi pengelasan dan diameter filler pada hasil welding repair daun propeller dengan GMAW. Pengujian yang dilakukan uji tarik, uji kekerasan, uji impact dan pengamatan makrografi. Hasil pengujian Tarik pada pengelasan GMAW untuk kekuatan tarik maksimal pada posisi pengelasan 2G memiliki nilai ultimate tensile strength yang tinggi. Pada posisi pengelasan 1G dan 2G hasil pengamatan makrografi yang baik karena tidak ditemukan cacat las dibandingkan dengan posisi pengelasan 3G. Hasil kekerasan tertinggi pada pengelasan 1G dibandingkan dengan posisi pengelasan 2G dan 3G. Hasil uji impact tertinggi posisi pengelasan 1G dibandingkan dengan posisi pengelasan 2G dan 3G. Berdasarkan hasil pengujian perbedaan diameter filler ditemukan cacat pada sampel uji posisi 2G filler 1,2 mm, 3G filler 1,0 mm, dan 3G filler 1,2 mm, sedangkan posisi 1G filler 1,0 mm, 1G filler 1,2 mm, dan 2G filler 1,0 mm tidak ditemukan cacat. Untuk uji tarik, kekerasan dan impact pada diameter filler 1,0 mm memiliki nilai rata-rata tinggi dibandingkan dengan diameter filler 1,2 mm.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A. . Satriananta, M.G ; Hartono , Yudo; Dan Berlian, “Studi Analisis Kekuatan Poros Propeller Kapal Kmp. Pertiwi Nusantara Akibat Dikenai Torsi Dari Propeller,” Tek. Perkapalan, Vol. 7, No. 1, Hal. 421–430, 2019.

B. Roy Dan A. Yosef, “J Urnal T He W Ay,” Vol. 5, No. April, Hal. 52–69, 2019.

A. Amin, “Pengaruh Variasi Temperatur Interpass Terhadap Struktur Mikro Dan Fraktografi Haz Hasil Pengelasan Gmaw Metode Temper Bead Welding Pada Baja Karbon Sedang,” J. Tek. Mesin Uniska, Vol. 02, No. 01, Hal. 7–8, 2016.

A. Priyanto, “Pengaruh Posisi Pengelasan Oxy Acetylene Welding (Oaw) Dengan Variasi Diameter Filler Kuningan Terhadap Sifat Mekanis Pada Hasil Welding Repair Daun Propeller,” 2021.

Ninla Elmawati Falabiba, “Bab 2 Propeller,” Hal. 5–29, 2019.

I. Nitya Santhiarsa Dan I. Budiarsa, “Pengaruh Posisi Pengelasan Dan Gerakan Elektroda Terhadap Kekerasan Hasil Las Baja Jis Ssc 41,” J. Energi Dan Manufaktur, Vol. 3, No. 2, 2008.

A. Saputra Dan Tuparjono, “Pengaruh Besar Ampere Terhadap Cacat Las Pada Pengelasan Baja Lunak Dengan Menggunakan Pengelasan Smaw Posissi Pengelasan 2f,” Manutech J. Teknol. Manufaktur, Vol. 13, No. 01, Hal. 41–50, 2021.

V. Bhaskara, “Pengaruh Normalizing Dengan Variasi Waktu Penahanan Panas (Holding Time) Baja St 46 Terhadap Uji Kekerasan, Uji Tarik, Dan Uji Mikrografi,” J. Tek. Perkapalan, Vol. 6, No. 1, Hal. 142–149, 2018.

M. N. Wicaksono, “Analisa Variasi Holding Time Pada Aluminium 6061 Terhadap Uji Impak , Struktur Mikro , Dan Uji Kekerasan,” Hal. 1–79, 2018.

Dwisetiono, Rekayasa Material Pada Pengecoran Propeler Kapal Perikanan. Surabaya: Hang Tuah University Press Universitas Hang Tuah Jl. Arif Rahman Hakim No. 150 Surabaya, 2019.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-03-30

Cara Mengutip

Dwisetiono, D., & Dikrulloh, R. (2022). Pengaruh Posisi Pengelasan Dan Diameter Filler Pada Hasil Pengelasan Daun Propeller Dengan Gas Metal Arc Welding . Zona Laut : Jurnal Inovasi Sains Dan Teknologi Kelautan, 3(1), 15-23. https://doi.org/10.20956/zl.v3i1.20068

Terbitan

Bagian

Material Maju Kelautan