Studi Pengaruh Variasi Bentuk Wave-Piercing Terhadap Hambatan Pada Kapal Katamaran Untuk Meningkatkan Efisiensi Pemakaian Bahan Bakar

Penulis

  • Gilang Andika Putra Teknik Sistem Perkapalan, Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan, Universitas Hang Tuah Surabaya
  • Arif Winarno Teknik Sistem Perkapalan, Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan, Universitas Hang Tuah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.20956/zl.v3i1.19571

Kata Kunci:

Hambatan, Katamaran,Wave-Piercing,CFD

Abstrak

Variabel utama dalam meningkatkan efisiensi bahan bakar utama kapal adalah tahanan kapal yang dihasilkan oleh bentuk lambung kapal. perhitungan tahanan kapal dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan software. Penelitian ini bertujuan menentukan tahanan total kapal dan memperkiraan kebutuhan bahan bakar kapal katamaran. Desain lambung katamaran menggunakan katamaran simetris, desain yang sama dengan model kapal milik Jamaluddin dkk (2012) pada pengujian towing tank.  Model yang didapatkan berikutnya dilakukan perhitungan tahanan kapal dan kebutuhan bahan bakar. Metode perhitungan tahanan kapal menggunakan metode holtrop. Hasil analisa tahanan kapal diperoleh dari beberapa variasi model wave-piercing untuk mendapatkan nilai tahanan yang lebih rendah sehingga akhirnya dicapai efisiensi penggunaan bahan bakar yang lebih optimal. Berdasarkan hasil analisa dan perhitungan menggunakan CFD,dari 3 variasi bentuk wave-piercing menunjukan pengurangan hambatan 6,1% pada model MV6 dengan variasi fn 0,19-0,65.Didapatkan model MV6 dengan nilai tahanan, konsumsi bahan bakar motor paling efisien diantara tipe wave-piercing yang lain.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

E. C. Rawson, K. J. and Tupper, Basic Ship Theory. 2001.

K. A. P. Utama and A. F. Molland, “Experimental and Numerical Investigations Into Catamaran Viscous Resistance,” FAST 2001 6th Int. Conf. Fast Sea Transp., no. September, 2001.

M. Bunari, “Studi Perbandingan Perencanaan Kapal Katamaran dan Monohull Sebagai Kapal Riset di Perairan Bengkalis Riau,” ITS, Surabaya., 2013.

P. Adi and Amiadji, “Analisa Penerapan Bulbous Bow pada Kapal Katamaran untuk Meningkatkan Efisiensi Pemakaian Bahan Bakar,” Pomits, vol. 3, no. 1, p. F-13-F-18, 2013.

F. Tuakia, “Dasar - Dasar Menggunakan CFD : Computational Fluid Dynamics,” Bandung Inform., 2008.

W. D. Jamaluddin, A., Utama, I. K. A. P. and Aryawan, “Experimental Investigation Into The Drag Interference of Symmetrical and Asymmetrical Staggered and Unstaggered Catamarans.,” J. Ocean Technol., 2012.

A. H. Ridho, E. Julianto, and I. P. A. Wibawa, “Studi Pengaruh Variasi Bentuk Wave-Piercing Terhadap Hambatan Pada High Speed Craft (Hsc) Berlambung Katamaran Dengan Simulasi Computational Fluid Dynamics (Cfd),” Proc. Conf. Mar. Eng. its Appl., vol. 3, no. 1, pp. 16–21, 2020.

A. H. Lillah, “Analisis Hambatan Penambahan Wave Piercing pada Kapal Katamaran Menggunakan CFD,” Surabaya Inst. Teknol. Sepuluh Nop., 2018.

CFX, “Ansys CFX Tutorials,” Ansys, 2006.

G. 077. AIAA, “Guide for The Verification and Validation of Computational Fluid Dynamics SImulations,” NPARC, 1998.

ITTC, “Practical Guidelines fo Ship Resistance CFD. Recommended Procedures and Guidelines,” p. (pp. 1-10)., 2014.

Harvard, “Resistance and Propulsion Ship,” p. 135, 1992.

S. A. Harvald, “Resistance and propulsion of Ship,” New York John Wiley Sons, 1972.

L. Cruise, “torqueedo Cruise 2.0 R,” 2014. .

A. Maruto Prijono, “Analisa Pengaruh Bulbous Bow Terhadap Tahanan Kapal.,” Proceeding 1st Conf. Mech. Eng. its Appl., 2019.

P. W. Putra, H. Poernomo, and B. D. Alfanda, “Analisis Pengaruh Bulbous Bow Tipe Δ , O , V Terhadap Tahanan Kapal , Konsumsi Bahan Bakar , Dan Rotasi Per Menit Motor Pada Kapal Dengan Lpp 160,7 M,” Proceeding3rd Conf. Mar. Eng. Its Appl., 2020.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-03-30

Cara Mengutip

Putra, G. A. ., & Winarno, A. . (2022). Studi Pengaruh Variasi Bentuk Wave-Piercing Terhadap Hambatan Pada Kapal Katamaran Untuk Meningkatkan Efisiensi Pemakaian Bahan Bakar . Zona Laut : Jurnal Inovasi Sains Dan Teknologi Kelautan, 3(1), 24-31. https://doi.org/10.20956/zl.v3i1.19571

Terbitan

Bagian

Sistem dan Pengendalian Kelautan