Analisis Pelaksanaan Fungsi Inspektorat Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan

Authors

  • Wandi Harmawan Hasanuddin University
  • Rabina Yunus Hasanuddin University
  • Andi Murfhi Hasanuddin University

DOI:

https://doi.org/10.31947/jgov.v5i1.1278

Keywords:

inspectorate, effectiveness, controlling

Abstract

Abstract: This writing at analyzing the implementation effectiveness of Inspectorate Performance of Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan and to analyze factors that influence the supervision effectiveness of inspectorate performance of Kabupaten Pangkajene islands. This research is done by doing direct interview with competent and relevant informants. The result of this research shows that performance implementation done by the Inspectorate of Kabupaten Pangkajene islands comprises investigation, examination and investigation functions are running well and this fact is strengthen by the achievement of the inspectorate of Kabupaten Pangkajene islands to get (WTP) or Fair without Exception predicate for the second time.Keywords: inspectorate, effectiveness, controlling Abstrak: Tulisan ini menganalisis efektivitas pelaksanaan fungsi Inspektorat Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan dan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas Pengawasan kinerja Inspektorat Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan wawancara secara langsung dilokasi penelitian dengan narasumber yang kompeten dan relevan. Hasil wawancara dan kemudian melakukan analisis terhadap data tersebut. hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan fungsi yang dilakukan Inspektorat Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan dalam hal ini meliputi fungsi pemeriksaan, pengujian dan pengusutan sudah berjalan dengan baik dan diperkuat dengan berhasilnya Inspektorat Kabupaten Pangkajene dan Kepulaun meraih WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) untuk yang kedua kalinya.Kata kunci: inspektorat, efektivitas, pengawasan 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahmat, Fathoni. (2006). Organisasi dan Manajemen. Cetakan pertama. Jakarta: Rineka Cipta

Gie, The Liang. (1980). Adminidtrasi Perkantoran Moderen. Yogyakarta: Radya Indra.

Siswanto. H.B. (2005). Pengantar Manajemen. Jakarta: PT Bumi Aksara

Syafiie, Inu Kencana. (2003). Sistem Administrasi Negara. Jakarta: PT Bumi Aksar.

Makmur. (2010). Efektivitas Kebijakan Kelembagaan Pengawasan. Bandung: PT Rafika Aditama.

Ndraha, Talidziduhu. (2002). Kybernology 1 (Ilmu Pemerintahan Baru). Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Ndraha, Talidziduhu. (2002). Kybernology 2 (Ilmu Pemerintahan Baru). Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Huda, Ni’matul. (2007). Pengawasan Pusat dan Daerah Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Yogyakarta: FH UII PRESS.

Reksohadiprodjo, Sukanto. (2008). Dasar-dasar Manajemen, edisi keenam, cetakan kelima. Yogyakarta: BPFE

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R& D, cetakan keempat. Bandung: Alfabeta.

Trisnawati, Sule Erni dan Kurniawan Saefullah. (2005). Pengantar Manajemen, edisi pertama. Cetakan pertama. Jakarta: Prenada Media

Victor, M. Situmorang, dan Jusuf Juhir. (1994). Aspek Hukum Pengawasan Melekat. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Peraturan Perundang-undangan

Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2001, Tentang Tata Cara Pengewasan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah.

Peraturan Daerah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan Nomor 6 tahun 2012 tentang perubahan atas peraturan daerah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan nomor 12 tahun 2007 tentang organisasi dan tata kerja lembaga teknis Pemerintah Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan.

Downloads

Published

2017-01-04

Issue

Section

Articles