ANALISIS JUMLAH HARI AMAN KAPAL KARGO DAN PENUMPANG UNTUK MELAKUKAN BONGKAR MUAT DI PELABUHAN BANTAENG

Isi Artikel Utama

Chairul Paotonan
Muhamad Arafah

Abstrak

Aktivitas bongkar muat barang dan penumpang di pelabuhan harus dijamin aman. Secara geografis, lokasi
P elabuhan Bantaeng berpotensi mendapatkan gangguan gelombang tinggi. Akibatnya, kapal kapal kecil sulit untuk
melakukan proses bongkar muat. Oleh karena i tu , harus diketahui berapa hari kapal dapat melakukan proses
bongkar muat dengan aman di pelabuhan setiap tahun.
Penelitian ini bertujuan
untuk menentukan jumlah hari yang aman bagi kapal untuk melakukan proses bongkar muat
di P elabuhan Bantaeng berdasarka n ukuran kapal. Penelitian dimulai dengan mengumpulkan data gelombang. Data
gelombang yang digunakan adalah ketinggian gelombang signifikan yang bersumber dari European Center for
Medium Range Weather Forecasts (ECMWF) dari 2009 hingga 2018. Hasil analisis data menunjukkan bahwa untuk
kapal dengan ukuran kurang dari 500 GT, jumlah operasi yang aman hari adalah 57 hari. Untuk kapal menengah
(500 hingga 50.000 GT) jumlah hari aman adalah 257 hari sedangkan untuk kapal yang lebih dari 50.000 GT jumlah
hari ama n adalah 329 hari.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Paotonan, C., & Arafah, M. (2019). ANALISIS JUMLAH HARI AMAN KAPAL KARGO DAN PENUMPANG UNTUK MELAKUKAN BONGKAR MUAT DI PELABUHAN BANTAENG. Riset Sains Dan Teknologi Kelautan, 2(1), 117–123. https://doi.org/10.62012/sensistek.v2i1.13273
Bagian
Rekayasa dan Manajemen Kepelabuhanan dan Transportasi Laut

Referensi

Bretschneider, C. L. 1957. Revisions in Wave Forecasting: Deep and Shallow Water. Proceeding of the 6 th Conference on Coastal Engineering, Council on Wave Research. p:1-18.

Munk, W. H. 1944. Proposed Uniform Procedure for Observing Waves and Interpreting Instrument Records.Scripps Institute of Oceanography. California.

Satriadi A. 2017. Peramalan Tinggi dan Periode Gelombang Signifikan Di Perairan Dangkal (Studi Kasus Perairan Semarang). Buletin Oseanografi Marina April 2017 Vol 6 No 1:17–23.

Smith, T. L. dan T. Waseda. 2008. Wind Wave Growth at Short Fetch. Journal of Physical Oceanography. 38:1597- 1606.

Sverdrup, H. U. dan Munk, W. H. 1947. Wind, Sea, and Swell: Theory of Relations for Forecasting. U.S. Navy Department, Hydrographic Office. 44 hlm.

U. S. Army. 1984. Shore Protection Manual. U. S. Government Printing Office. 1.088 hlm.

U. S. Army. 2008. Coastal Engineering Manual. U. S. Government Printing Office. Washington D.C.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 4 > >> 

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.