ANALISA BAHAYA DAN RISIKO KECELAKAAN KERJA PADA PEMELIHARAAN ALAT CONTAINER CRANE (CC)

Penulis

  • Santa Putri Universitas Hasanuddin
  • Fuad Mahfud Assidiq Departemen Teknik Kelautan, Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.62012/sensistek.v5i1.19393

Kata Kunci:

Kata Kunci: Container Crane, Risiko, Pelabuhan

Abstrak

Pelabuhan merupakan tempat kerja yang memiliki resiko kecelakaan yang tinggi, salah satunya untuk kegiatan bongkar muat dengan menggunakan alat angkat. Kegiatan pengoperasian alat angkat angkut seperti Container Crane(CC) merupakan kegiatan yang harus mendapat perhatian akan keselamatan selain kegiatan bongkar muat di pelabuhan karena terdapat risiko yang berpotensi menyebabkan kecelakan kerja serius. Container crane (CC) sering disebut juga Quayside Crane atau Gantry Crane adalah peralatan bongkar mamuat yang berfungsi untuk membongkar atau memuat petikemas/container dari kapal ke dermaga / daratan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui identifikasi bahaya dan risiko kecelakaan kerja pada pemeliharaan alat Container Crane (CC). Penilaian risiko dari tiap aktivitas pekerjaan pada alat Container Crane (CC) didapatkan 4 risiko kecelakaan, yaitu tiga kategori high risk, tiga kategori moderate risk, dan satu kategori low risk.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

F. Ramadhan, “Analisis Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) menggunakan metode Hazard Identification Risk Assessment and Risk Control (HIRARC),” Semin. Nas. Ris. Terap., no. November, pp. 164–169, 2017.

K. T. Arnold, D. V. D. Doda, and R. H. Akili, “Analisis Risiko Kecelakaan Kerja Pada Pemeliharaan Alat Container crane dan Rubber Tyred Gantries,” J. e-Biomedik, vol. 8, no. 2, pp. 163–172, 2020, doi: 10.35790/ebm.v8i2.29553.

Pengoperasian, A. Angkat, B. Muat, P. Kemas, B. Keselamatan, and F. K. Masyarakat, “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESELAMATAN PENGOPERASIAN ALAT ANGKAT BONGKAR MUAT PETI KEMAS (Studi Kasus di PT. Pelabuhan Tanjung Priok),” J. Kesehat. Masy., vol. 6, no. 4, pp. 353–360, 2018.

K. Bongkar and M. Petikemas, “Jurnal Horizon.”

R. F. Siregar, “Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat,” Fakt. yang berhubungan dengan gejala gangguan kelelahan mata pada supir bus antar lintas Sumatera, 2019.

C. Sugeng, A. Ashury, Dan H. Palippui, “Analisis Strategi Logistik (Studi Kasus: Pelayanan Petikemas Di Makassar New Port)”, Sensistek, Vol. 4, No. 1, Hlm. 48-54, Nov 2021.

N. Jusman, A. Ashury, Dan H. Palippui, “Kinerja Pelayanan Operasional Bongkar Muat Dengan Pendekatan Balanced Scorecard Di Makassar New Port”, Sensistek, Vol. 4, No. 1, Hlm. 7-12, Nov 2021.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-06-22

Cara Mengutip

Putri, S., & Assidiq, F. M. (2022). ANALISA BAHAYA DAN RISIKO KECELAKAAN KERJA PADA PEMELIHARAAN ALAT CONTAINER CRANE (CC). Riset Sains Dan Teknologi Kelautan, 5(1), 50-53. https://doi.org/10.62012/sensistek.v5i1.19393

Terbitan

Bagian

Rekayasa dan Manajemen Kepelabuhanan dan Transportasi Laut