PENGARUH SEA LEVEL RISE DI WILAYAH PERKOTAAN INDONESIA

Penulis

  • Nadya Nadya Departemen Teknik Kelautan, Universitas Hasanuddin
  • Agus Salim Departemen Teknik Kelautan, Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.62012/sensistek.v6i1.24248

Kata Kunci:

Kata kunci: Pemanasan Global, Garis Pantai, Kenaikan Air Laut

Abstrak

Pemanasan global, yang juga dikenal global warming, merupakan masalah serius yang dihadapi bumi saat ini. Fenomena Pemanasan global mengakibatkan berbagai perubahan di bumi, salah satu dampak yang diakibatkan adalah kenaikan muka air laut. Kenaikan muka air laut akan memberikan banyak dampak, antara lain pergeseran dan garis pantai yang berpotensi akan mengancam keberadaan negara pantai, dan pulau-pulau. Karena luas lahan akan berkurang bahkan adanya potensi wilayah tenggelam. Saat es di kutub bumi mencair dan permukaan air laut naik, daerah pesisir mungkin terendam, menyebabkan banjir rob, erosi pantai, dan hilangnya pulau-pulau kecil. Semuanya berpotensi mengancam ekosistem pesisir dan laut yang menopang kehidupan manusia. Untuk itu dari masalah kenaikan muka air laut akibat pemanasan global, maka upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi laju pemanasan global adalah dengan mengurangi penggunaan bahan bakar fosil, meningkatkan laju deforestasi, dan meminimalkan kegiatan produksi lainnya yang mengakibatkan peningkatan emisi gas rumah kaca yang berlebihan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aldina, D. 2017: Kenaikan Permukaan Air Laut di Teluk Jakarta, Kompasiana. Jakarta

IPCC (Intergovernmental Panel Of Climate Change). 2013: The Physical Science Basis. IPCC Fifth Assesment Report

Soemarwoto, O. 2000: Paradigma Baru Pengelolaan Lingkungan Hidup. Yogyakarta, Gadjah Mada

Suprijanto, I. 2002: Model Pengembangan Kawasan Kota Tepi Air, Makalah pada KOLOKIUM Hasil Litbang PUSKIM. Departemen Kimpraswil

Triatmodjo, B. 1999: Teknik Pantai. Beta Offset, Yogyakarta

C. Paotonan Dan A. Fathurrahman, “Analisis Karakteristik Dan Kala Ulang Gelombang Di Perairan Selatan Pulau Bali”, Sensistek, Vol. 3, No. 1, Hlm. 37-44, Nov 2020.

R. . Karamma Dan A. Ashury, “Pengaruh Pasang Surut Air Laut Terhadap Lebar Surf Zone Di Pesisir Pantai Kota Makassar”, Sensistek, Vol. 1, No. 1, Hlm. 21-29, Des 2020.

C. Paotonan, A. . Hidayat Kasim, Dan S. . Rahman, “Kajian Eksperimental Pengaruh Lebar Celah Relatif Pada Hanging Sheet Pile Breakwater Akibat Gelombang Beraturan (Regular Wave)”, Sensistek, Vol. 1, No. 1, Hlm. 59-62, Sep 2018.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-05-29

Cara Mengutip

Nadya, N., & Salim, A. (2023). PENGARUH SEA LEVEL RISE DI WILAYAH PERKOTAAN INDONESIA. Riset Sains Dan Teknologi Kelautan, 6(1), 52-55. https://doi.org/10.62012/sensistek.v6i1.24248

Terbitan

Bagian

Kebencanaan Pantai dan Lingkungan Laut