ESTIMASI WAKTU REPARASI KM. WILIS MENGGUNAKAN CRITICAL PATH METHODE

Isi Artikel Utama

Muhammad Akhsal Idsan
Taufiqur Rachman

Abstrak

Estimasi waktu yang akurat merupakan kunci keberhasilan kegiatan reparasi KM. Wilis di PT. Industri Kapal Indonesia (Persero). Keterlambatan dalam kegiatan reparasi kapal akan dapat menyebabkan kerugian bagi pemilik kapal dalam pemenuhan jadwal layanan angkutan pelayaran. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun perencanaan reparasi KM. Wilis dengan critical path methode agar diperoleh durasi pekerjaan reparasi yang optimal. Berdasarkan repair list KM. Wilis dilakukan identifikasi kegiatan reparasi menjadi komponen yang lebih kecil (work breakdown structure) untuk penentuan hubungan aktivitas yang mendahului dan didahului. Repair list juga digunakan sebagai pedoman analisis data, yang meliputi uraian pekerjaan, tenaga kerja, durasi, dan volume pekerjaan. Critical Path Method  sebagai metode manajemen waktu digunakan untuk mengidentifikasi aktivitas yang berada pada lintasan kritis. Estimasi waktu reparasi KM. Wilis diperoleh durasi selama 33 hari dengan lintasan kritis pada kegiatan pelayanan tugboat, pelayanan docking, pekerjaan pembersihan lambung dengan water jet, pekerjaan pembersihaan lambung dengan sekrap, bongkar skerm bush pintle dan pena daun kemudi, bongkar daun kemudi diturunkan di lantai dock, buat baru daun kemudi kiri, pemasangan kembali daun kemudi, pelayanan undocking, pelayanan kapal tug boat dan sea trial.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Idsan, M. A., & Rachman, T. (2024). ESTIMASI WAKTU REPARASI KM. WILIS MENGGUNAKAN CRITICAL PATH METHODE . Riset Sains Dan Teknologi Kelautan, 7(2), 105–112. https://doi.org/10.62012/sensistek.v7i2.41687
Bagian
Teknologi Kelautan

Referensi

Tarman, Ulum, R. B., Ramdhan, G., 2022, Penjadwalan Proyek Mini Market dengan Menggunakan Metode CPM (Critical Path Method) dan PERT di PT. Indomarco Prismatama, Jurnal Teknologika (Jurnal Teknik-Logika-Matematika).

Istiqomah, R. M., Mulyatno, P. I., Sisworo, J. S., Hadi, S. E., dan Mursid, O., 2021, Penjadwalan Ulang Kapal Reparasi TB. Patra Tunda 3001 dengan Metode Jalur Kritis, Jurnal Teknologi Perikanan dan Kelautan, Vol. 12, Issue 2.

Andhani, K., Mulyatno, P., Wibawa, A., dan Santosa, B., 2020, Reschedule Reparasi Kapal KN. KUMBA 470 DWT dengan Critical Path Method di Galangan Semarang, Jurnal Teknik Perkapalan, Vol. 8 (3), https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval.

Sahril, 2022, Analisis Manajemen Waktu Menggunakan Metode CPM dan PERT pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Pekanbaru-Bangkisang, Tugas Akhir, Teknik Sipil, Universitas Islam Riau.

Hadicara, D., 2023, Penerapan metode PERT dan CPM pada pembangunan jalan tinjomoyo–Sekaran, Tesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

Syaiful, A., 2018, Analisis Penjadwalan Ulang dengan Menggunakan Metode PERT (Program Evaluation and Review Technique) (Rescheduling Analysis With PERT Method), Universitas Islam Indonesia, hal. 1–72.

Barihazim, R., 2018, Analisa Perencanaan Proyek Decommissioning pada Production Barge Seagood 101, Tugas Akhir, ITS.

Wirawan, G., 2017, Penerapan Metode Critical Chain Project Management (CCPM) dan Critical Path Method (CPM) pada Penjadwalan Proyek Perbaikan Kapal BC30002, Tugas Akhir, ITS.

Somantri, A., 2005, Studi Tentang Perencanaan Waktu dan Biaya Proyek Penambahan Ruang Kelas di POLITEKNIK Manufaktur pada PT. Haryang Kuning, Skripsi, Universitas Widyatama.

Tardok, E. L., 2018, Analisis Percepatan Waktu Menggunakan Metode CPM dan PERT pada Proyek Pembangunan Dermaga Pelabuhan Tanjung Priok, Tugas Akhir, ITS.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

1 2 3 > >> 

Artikel Serupa

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.