Peran Pemerintah Daerah Dalam Pemberdayaan Masyarakat (Studi Kasus: Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengembangan Pari-wisata Panorama Pantai Disa, Kec. Sahu, Kabupaten Halmahera Barat)
Keywords:
empowerment, tourism, optimizationAbstract
Abstract: The purpose of this study was to determine the role of local governments in estab- community empowerment through the development of tourism in the district. West Halmahera and to determine the factors that affect the government's role in the creation-empowerment of communities through tourism development. The role of local government West Halmahera, in empowering communities through tourism development through the optimization of tourism information, optimization of attractions, community mobilization and management optimization tourism management. Factors that influence air in empowering communities through tourism development Panorama Disa Beach district. Sahu Halmahera district Barata among others, the promotional aspects and facets of society. Factors funding for tourism development is still minimal and do not yet have comprehensive guidelines.
Keywords: empowerment, tourism, optimization
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan pemerintah daerah dalam pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan pariwisata di Kab. Halmahera Barat dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi peranan pemerintah daerah dalam pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan pariwisata.Peran pemerintah daerah Kabupaten Halmahera Barat, dalam pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan pariwisata dilakukan melalui optimalisasi informasi pariwisata, optimalisasi objek wisata, mobilisasi masyarakat dan optimalsiasi manajemen pengelolaan pariwisata. Faktor-faktor yang berpengaruh dalam pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan pariwisata Panorama Pantai Disa Kec. Sahu kabupaten Halmahera Barat yaitu antara lain aspek promosi dan aspek masyarakat. Faktor dana untuk pengembangan pariwisata masih minim dan belum memiliki pedoman yang komprehensif.
Kata kunci: pemberdayaan, pariwisata, optimilisasiReferences
Anonim, 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka.
Arikunto, Suharsimi, 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta, Rhineka Cipta.
Budianto, 2002. Kinerja Dinas Pariwisata Dalam Pengelolaan Obyek Wisata, Skripsi, AMPD, Yogyakarta.
Buchari, Alma. 1992. Dasar-dasar Bisnis dan Pemasaran. Bandung: Alfabeta.
David, Mario. 2002. Skripsi. Staregi Promosi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Selatan.
Gitosudarmo, Indriyo. 1994. Majamen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Hadari, H.M, 1990. Administrasi Personal Untuk Peningkatan Produktivitas Kerja, Jakarta, CV. Haji Mas Agung.
Islami, M. Irfan. 2001. Prinsip-prinsip Perumusan Kebijaksanaan Negara. PT. Bumi Aksara. Jakarta.
Karryono, A. Hari, 1997. Kepariwisataan I (Mengurai tentang istilah-istilah pariwisita sampai dengan definisi serta kebijaksanaan kinerja. Jakarta, PT. Gramedia.
Ketaya, Hermawan. 1994. Manajemen Publik Relation. Jakarta: Pustaka Umum Grafiti.
Kusmayadi & Sugiarto, 2000. Metodologi Penelitian dalam Bidang Kepariwisataan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Moleong, Lexy, J. 1996. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung, Rosda Karya.
Nugroho, Adi. 2002. Prilaku Konsumen. Jakarta: Studia Press.
Oka, A. Yoeti. 1985. Pengantar Ilmu Pariwisata. Angkasa; Bandung.
----------------------. 1997. Promosi Pariwisata. Bandung: Mandar Maju.
Sinambela, L. Poltak. 2006. Reformasi Pelayanan Publik. (Teori, Kebijakan, dan Implementasi). PT. Bumi Aksara. Jakarta.
Soekadijo. R. G. 1996. Anatomi Pariwisata. Gramedia Pustaka Utama; Bandung.
Suhartono Edi, 2008. Analisis Kebijakan Publik, Jakarta, Alfabeta.
Suwantoro, Gamal. 1997. Dasar-dasar Pariwisata, Yogyakarta. Andi Offset.
Swasta, Basu dan Irawan. 1985. Manajemen Pemasaran Modern. Jakarta: Erlangga.
-----------------------. 1992. Asas-asas Marketing. Jakarta: Balai Pustaka.
T. Jiptono, Fandy. 1995. Strategi Pemasaran. Bandung: Andi Offset.
Winardi, 1992. Promosi dan Reklame. Bandung: Mandar Maju.
--------------------. 1993. Asas-asas Marketing. Bandung: Edisi 2, Mandar Maju.
--------------------. 1994. Bauran Pemasaran. Jakarta: Balai Pustaka.
Wijaya Kasali. 1993. Hubungan antara Promosi dan Penjualan. Jakarta: Balai Pustaka.