PENGARUH BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN PELAYANAN RAWAT JALAN RSUD HAJI MAKASSAR

The Influence of Brand Image on the Decision to Use Outpatient Services at Haji Hospital Makassar

Authors

  • Siti Fadia Chairunnisa FKM Universitas Hasanuddin
  • Darmawansyah Darmawansyah FKM Universitas Hasanuddin
  • Sukri Palutturi FKM Universitas Hasanuddin

DOI:

https://doi.org/10.30597/hjph.v3i2.21914

Keywords:

Brand image, Keputusan, Rumah sakit

Abstract

Brand image sangat diperlukan dalam mengevaluasi pelayanan karena dapat mempengaruhi persepsi dan keputusan pasien. Menurunnya angka kunjungan pasien adalah salah satu tanda bahwa pelayanan yang diterima tidak sesuai dengan harapan dan keinginannya oleh karena itu di era globalisasi khususnya pada pelayanan kesehatan yang semakin ketat pengaruh brand image terhadap keputusan pasien terhadap rumah sakit menjadi pokok permasalahan yang penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image terhadap keputusan pasien untuk menggunakan layanan kesehatan pada instalasi rawat jalan RSUD Haji Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2022. Metode pengambilan sampel adalah dengan besar sampel sebanyak 95 orang. Alat pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis univariat, bivariat dan penyajian data berupa tabel disertai narasi. Terdapat pengaruh antara brand image yang terdiri dari variabel lingkungan fisik (p=0,000), karyawan (p=0,000), dan pelayanan yang diberikan (p=0,000) terhadap keputusan pasien dengan uji Chi-square di temukan bahwa p-value < 0,05. Variabel yang tidak berpengaruh adalah variabel identitas instansi dengan nilai p=0,131 (p-value >0,05). Hasil uji regresi linear berganda mengatakan bahwa dimensi yang paling berpengaruh adalah variabel lingkungan fisik dengan nilai signifikan 0,023 < 0,050. Terdapat pengaruh yang signifikan antara dimensi lingkungan fisik, karyawan, dan pelayanan yang diberikan terhadap keputusan pasien menggunakan layanan kesehatan. Saran untuk pihak rumah sakit agar memperbaiki pelayanan yang ada di rumah sakit dengan memperhatikan dan memberikan pelayanan yang sesuai dengan yang diharapkan pasien.

Author Biographies

Siti Fadia Chairunnisa, FKM Universitas Hasanuddin

Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin

Darmawansyah Darmawansyah, FKM Universitas Hasanuddin

Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin

Sukri Palutturi, FKM Universitas Hasanuddin

Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin

References

Safi'i A, Nugroho B, Sulistiadi W. Dampak Marketing Mix "Physical Environment" Terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit: Literatur Review. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia. 2022;7(2):40-45.

Menteri Kesehatan Republik indonesia. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 3/MENKES/PER/2020 Tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. 2020.

Jayadipraja N, Nurzalmariah S. Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Inap Umum di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kendari Tahun 2019. Indonesian Journal of Health and Medical. 2021;1(2):305-318.

Murti, Tri A, Bachtiar, Hafni. Hubungan Fungsi Pengorganisasian dengan Pelaksanaan Kewaspadaan Standar Oleh Perawat Pelaksana di Rumah Sakit Umum Daerah Batu Sangkar. Jurnal Kesehatan Medika Saintika. 2022;13(1):94-107.

Kitta P. Implementasi Peraturan Internal Rumah Sakit Oleh Komite Medik dalam Peningkatan

Tata Kelola Klinis yang Baik di Rumah Sakit. [Thesis]. Makassar. Universitas Hasanuddin. 2021.

Waningtiyas M. Hubungan Antara Kualitas Pelayanan, Citra Rumah Sakit Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap (Studi Kasus RSIA Selasih Medika Bekasi). [Skripsi]. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia; 2019.

Bernarto I, Purwanto A, Masman R. The Effect of Perceived Risk, Brand Image and Perceived Price Fairness on Customer Satisfaction. Jurnal Manajemen. 2022;26(1):35-50.

Abdullah A. Analisis Pengaruh Brand Image dan Brand Equity Terhadap Pemanfaatan Pelayanan Pada Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Islam Faisal dan Rumah Sakit Stella Maris Kota Makassar. [Thesis]. Makassar: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin; 2022.

Profil RSUD Haji Kota Makassar 2020.

Sumber Data Sekunder Rekam Medis RSUD Haji Makassar 2021.

Karmita, Arman, Alwi M. Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pasien Rawat Inap Untuk Memanfaatkan Pelayanan Kesehatan Di RS DR. Tadjuddin Chalid Makassar Tahun 2021. Journal of Muslim Community Health (JMCH). 2021;2(2).

Nurdianty C, Sudrajat A. Pengaruh Pengalaman Pasien dan Citra Puskesmas Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas Batujaya Karawang. Jurnal of Economic, Business and Accounting. 2021;4(2): 665-672.

Sabrina, Shopiah E. Strategi Personal Branding Model Dressgallery pada Masa Pandemi Covid-19.

[Thesis]. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara; 2022.

Martiana A, Rosyidi I, Cholidah L. Strategi Membangun Citra Melalui Program Edu Wisata Batik. Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat. 2019;2(2):121-140.

Permana R, Yusmawati. Semiotika Visual Logo Bumbu Bamboe dan Perannya Sebagai Identitas Perusahaan. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora. 2022;8(1):96-103.

Arianty N, Andira A. Pengaruh Brand Image dan Brand Awareness Terhadap Keputusan

Pembelian. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen. 2021;4(1).

Adhari Z. Kepuasan Pelanggan & Pencapaian Brand Trust. Jawa Timur: Penerbit Qiara Media;

Rahayu D, Sandra C, Utami S. Hubungan Citra Pelayanan dengan Pemanfaatan Layanan Rawat

Inap di Rumah Sakit Jember Klinik. Pustaka Kesehatan. 2021;9(2):103-110.

Pangamenan C, Rampengan H, Sumampouw J, Manampiring E. Faktor-Faktor yang berhubungan dengan Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Tingkat IV Lanud Sam Ratulangi Manado pada Masa Pandemi Covid-19. Intisari Sains Medis. 2022;13(1).

Trigono A, Wiyono T. Peranan Contact Personnel, Physical Support dan Sistem Pelayanan dalam Citra Rumah Sakit Umum Daerah Kefamenanu Kabupaten Timor Tengah Utara. Jurnal Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit. 2018;2(2):62–80.

Mutmainnah U, Ahri R, Arman. Analisis Faktor Yang Berhubungan dengan Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di RSUP. Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar. Journal of Muslim Community Health (JMCH). 2021;2(1).

Krismanto H, Irianto S. Analisis Kualitas Pelayanan Rawat Jalan pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Dumai. [Skripsi]. Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lancang Kuning Dumai; 2019.

Pasalli A, Patattan A. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Fatima Makale di Era New Normal. Jurnal Keperawatan Florence Nightingle (JKFN). 2021;4(1):14-19.

Afrianti N, Handayani L, Kabuhung E. Evaluasi Ketiadaan Jaminan Kesehatan Daerah (JAMKESDA) Terhadap Rujukan. Journal of Midwifery Information (JoMI). 2022;2(2).

Maqrifah. Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pasien Menggunakan Layanan Kesehatan Pada Instalasi Rawat Jalan dan Rawat Inap RSIA Sitti Khadijah 1 Muhammadiyah Makassar. [Skripsi]. Makassar: Jurusan Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar; 2018.

Downloads

Published

2022-12-24

Issue

Section

Articles