Main Article Content

Abstract




Sebagai negara yang mempunyai jumlah penduduk yang besar, kesehatan merupakan unsur utama setiap kehidupan seseorang untuk menunjang aktivitas. Salah satu usaha peningkatan kesehatan masyarakat dapat dilakukan akses pelayanan kesehatan primer oleh masyarakat. Akses layanan kesehatan diterapkan secara darurat keseluruhan negara yang terkena pandemi Covid-19, dengan membatasi kebebasan akses layanan kesehatan seperti karantina atau isolasi, didiagnosis, pelacakan kontak dan pemantauan. Mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan aksesibilitas pasien BPJS Kesehatan selama pandemi Covid-19 di Puskesmas Sudiang Raya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif menggunakan pendekatan survei analitik dengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien BPJS Kesehatan di Puskesmas Sudiang Raya pada bulan Januari 2021–Februari 2021 dengan jumlah sampel sebanyak 96 orang diperoleh dengan metode accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner serta observasi. Pengolahan data menggunakan SPSS. Analisis data yang dilakukan adalah analisis univariat dan bivariat dengan uji chi square. Penyajian data dalam bentuk tabel disertai narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang berhubungan adalah variabel kedekatan (p=0,012<0,05), kemampuan menerima (p=0,012<0,05), ketersediaan dan akomodasi (p=0,034< 0,05), dan kesesuaian (p=0,034<0,05). Sedangkan variabel yang tidak berhubungan yaitu variabel keterjangkauan (p=0,321>0,05) dengan aksesibilitas pasien BPJS Kesehatan selama pandemi Covid-19 di Puskesmas Sudiang Raya. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa variabel kedekatan, kemampuan menerima, ketersediaan dan akomodasi dan kesesuaian yang memiliki hubungan dengan aksesibilitas, sedangkan hanya variabel keterjangkauan yang tidak terdapat hubungan dengan aksesibilitas pasien BPJS Kesehatan selama pandemi Covid-19.




Keywords

Aksesibilitas Pelayanan Puskesmas Covid-19

Article Details

Author Biographies

Zul Fatiha Lukmayani, FKM Universitas Hasanuddin

Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakata, Universitas Hasanuddin

Sukri Palutturi, FKM Universitas Hasanuddin

Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat

Suci Rahmadani, FKM Universitas Hasanuddin

Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakata, Universitas Hasanuddin

How to Cite
Lukmayani, Z. F., Palutturi, S., & Rahmadani, S. . (2021). FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN AKSESIBILITAS PASIEN BPJS KESEHATAN DIMASA PANDEMI COVID-19: Factors Related to Accessibility of BPJS Health Patients during the Covid-19 Pandemic. Hasanuddin Journal of Public Health, 2(3), 238–250. https://doi.org/10.30597/hjph.v2i3.13140

References

  1. Laksono, A. D., Nantabah, Z. K., & Wulandari, R. D. Hambatan Akses Ke Puskesmas Pada Lansia Di Indonesia. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan. 2018;21(4):228–235. https://doi.org/10.22435/hsr.v21i4.887
  2. Aurora, W. I. D. Perbandingan Sistem di Negara Maju dan Negara Berkembang. Jurnal Manajemen Jambi. 2019;7(2):206–214.
  3. Amrizarois Ismail, Muhammad Rofiq, M. Afifun Na’im, I. A. R. Adaptasi Pendampingan Kesehatan di Masa Pandemi Covid 19 Studi Strategi Virtual Outreach PKBI Kota Semarang. Jurnal Adibad. 2020;1(3):157–164.
  4. Lilin Rosyanti, I. H. Dampak Psikologis dalam Memberikan Perawatan dan Layanan Kesehatan Pasien COVID-19 pada Tenaga Profesional Kesehatan. HIJP: Health Information Jurnal Penelitian. 2020;12(1):107–130.
  5. Siswati, S. Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien BPJS di Unit Rawat Inap RSUD Kota Makassar. Media Kesehatan Masyarakat Indonesia. 2016;11(3):174–183.
  6. https://doi.org/10.30597/MKMI.V11I3.531
  7. Rindi Antina, R. Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Peserta BPJS di Puskesmas Pandian Kabupaten Sumenep. JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik. 2016;2(2):567–576. https://doi.org/10.30996/jpap.v2i02.1010
  8. Putri, B. S., & Kartika, L. Pengaruh Kualitas Pelayanan BPJS Kesehatan Terhadap Kepuasan Pengguna Perspektif Dokter Rumah Sakit Hermina Bogor. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis. 2017;2(1):1–12.
  9. Pardede, C. S., Suryawati, C., & Wigati, P. A. Analisis Perbedaan Persepsi Pasien Peserta BPJS Terhadap Penilaian Mutu Pelayanan di Puskesmas Kedungmundu Kota Semarang Tahun 2016. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal). 2016;4(4):23–31.
  10. Fatimah, S., & Indrawati, F. Faktor Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas. Higeia Journal of Public Health Research and Development. 2019;1(3):84–94.
  11. Erdiwan, Jon Piter Sinaga, M. S. Analisis Faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan pada Peserta BPJS Kesehatan di RSUD Simeulue Tahun 2018. Jurnal Kajian Kesehatan Masyarakat. 2020;1(2):42–48.
  12. Kadir, A. S. Faktor yang Berhubungan dengan Aksesibilitas Pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Puskesmas Bantimurung Kabupaten Maros. 2017.
  13. Puskesmas Sudiang Raya. Profil Puskesmas Sudiang Raya Kota Makassar. 2019.
  14. Freiria, S., O.Tavaresb, A., & Juliao, R. P. The benefits of a Link-Based Assessment of Health Services Accessibility: Unveiling gaps in Central Region of Portugal. Journal of Land Use Policy. 2019;87.
  15. Kesehatan, B. Panduan Layanan Bagi Peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). BPJS Kesehatan. 2018.
  16. Laksono, A. D., Mubasyiroh, R., Laksmiarti, T., Nurhotimah, E., Suharmiati, & Sukoco, N. E. Aksesibilitas Pelayanan Kesehatan di Indonesia. PT. KANISIUS. 2016.
  17. RI, P. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2013 Tentang Jaminan Kesehatan. Presiden Republik Indonesia. 2013.
  18. Laksono, A. D., Mubasyiroh, R., Laksmiarti, T., Nurhotimah, E., Suharmiati, & Sukoco, N. E. Aksesibilitas Pelayanan Kesehatan di Indonesia. PT. KANISIUS. 2016.
  19. Solechan. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Sebagai Pelayanan Publik. Administrative Law and Governance Journal. 2019;2(4):686–696. https://doi.org/10.14710/alj.v2i4.686-696
  20. Yulianto. Evaluasi Terhadap Pengaturan Pengelolaan dan Pemanfaatan Dana Kapitasi pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Pemerintah Daerah (Evaluation on the Regulation of Capitation Fund Management and Usage in Local Government’s First Level Health Facilities). Jurnal Rechts Vinding. 2016;5(2):229–243.
  21. Sriyanti, C. Modul Bahan Ajar Cetak Kebidanan Mutu Layanan Kebidanan dan Kebijakan Kesehatan. Pusdik SDM Kemenkes. 2016
  22. Napirah, M. R., Rahman, A., & Tony, A. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan di Wilayah Kerja Puskesmas Tambarana Kecamatan Poso Pesisir Utara
  23. Kabupaten Poso. Jurnal Pengembangan Kota. 2016;4(1):29–39. https://doi.org/10.14710/jpk.4.1.29-39
  24. Alamsyah, D. Manajemen Pelayanan Kesehatan. Nuha Medika. 2011.

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.