Main Article Content

Abstract




Kepuasan pasien tidak lepas dari sumber daya manusia yang diberikan oleh rumah sakit, salah satunya ialah perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan. Tidak jarang bahwa perawat menjadi sasaran terhadap kepuasan pasien, karena pelayanan keperawatan yang memiliki kontribusi paling besar atas kesan pasien terhadap sebuah rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara caring, communication, information, kerja sama, penerimaan, tanggung jawab, keramahan & kesopanan, ketepatan waktu, kompetensi teknis, empathy, penampilan, dan kelengkapan sarana terhadap persepsi kepuasan pasien di RSUD Labuang Baji Kota Makassar Tahun 2022. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study, dengan penentuan sampel Isaac Michael yang berjumlah 173 orang. Penelitian ini dilakukan di RSUD Labuang Baji Kota Makassar pada bulan Juli- September 2022. Menggunakan analisis univariat dan bivariate dengan uji Chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan caring (p=0,00), communication (p=0,00), information (p=0,00), kerja sama (p=0,00), penerimaan (p=0,00), tanggung jawab (p=0,00), ketepatan waktu (p=0,09), kompetensi teknis (p=0,00), empathy (p=0,00), penampilan (p=0,00), kelengkapan sarana (p=0,01) dengan kepuasan pasien. Tidak ada hubungan keramahan & kesopanan (p=0,53) dengan kepuasan pasien. Jadi terdapat 11 variabel yang berhubungan dengan kepuasan dan 1 variabel yang tidak berhubungan dengan kepuasan. Dapat disimpulkan bahwa hubungan persepsi kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan keperawatan ada 11 variabel yang berhubungan dengan kepuasan pasien dan terdapat 1 variabel yang tidak memiliki hubungan. Diharapkan pihak rumah sakit sebagai instansi pelayanan kesehatan lebih meningkatkan mutu pelayanan keperawatan sesuai dengan standar pelayanan.


Keywords

Kepuasan pasien Pelayanan keperawatan

Article Details

Author Biographies

Azzahra Zulkhulaifah S., FKM Universitas Hasanuddin

Departemen Manajemen Rumah Sakit, Fakultas Kesehatan Masyarakat Univeristas Hasanuddin

Syahrir, FKM Universitas Hasanuddin

Departemen Manajemen Rumah Sakit, Fakultas Kesehatan Masyarakat Univeristas Hasanuddin

Nurmala Sari, FKM Universitas Hasanuddin

Departemen Manajemen Rumah Sakit, Fakultas Kesehatan Masyarakat Univeristas Hasanuddin
How to Cite
S., A. Z., Pasinringi , S. A., & Sari, N. (2022). PERSEPSI KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DI RAWAT INAP TAHUN 2022: Perceptions of Patient Satisfaction on the Quality of Nursing Services in Inpatients in 2022. Hasanuddin Journal of Public Health, 3(3), 246-256. https://doi.org/10.30597/hjph.v3i3.23370

References

  1. Sesrianty V, dkk. Analisa Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan. Jurnal Kesehatan Perintis (Perintis’s Health Journal). 2019;6(2):116–126.
  2. Mangara A, ddk. Etika Keperawatan Buku Praktis Menjadi Perawat Profesional. Indramayu Adab. 2021.
  3. Karaca A, Durna Z. Patient Satisfaction With The Quality Of Nursing Care. Nursing Open. 2019;6(2):535–545.
  4. De Simone S, Planta A, Cicotto G. The Role Of Job Satisfaction, Work Engagement, Self- Efficacy And Agentic Capacities On Nurses’ Turnover Intention And Patient Satisfaction. Applied Nursing Research. 2018;39:130–140.
  5. Astuti Anjar dkk. Mutu Pelayanan Kebidanan Standar, Indikator dan Penilaian. Vol.1. Yayasan kita menulis; 2021.
  6. Profil RSUD Labuang Baji SulSel. 2021.
  7. Oroh ME, Pondaag L. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Keperawatan di Ruang Interna RSUD Noongan. Jurnal Keperawatan. 2018;2.
  8. Nurwianti I, Mita, Putri TH. Perilaku Caring Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit: Literature Review. Jurnal Proners. 2020;5(2):1–9.
  9. Gurusinga R, Karo-karo TM, Syara AM, Suhaimi S, Sitepu SDEU, Purba ASG, et al. Implementasi Perilaku Caring Perawat Pelaksana Terhadap Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Grandmed Lubuk Pakam. Jurnal Pengmas Kestra. 2021;1(1):110–114.
  10. Yunita S, Hariadi P. Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Permata Bunda Medan Tahun 2019. Indonesia Trust Health Jurnal. 2019;2(1):162– 169.
  11. Silalahi, Joyce YSilalahi, J. Y., Fitriani, A. D., & Megawati M. Analisis Mutu Pelayanan Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III Di Rumah Sakit Advent Medan. Jurnal
  12. Kesehatan PERINTIS (Perintis’s Heal Journal). 2019;6(1):21–29.
  13. Mardijanto S, Astutik E, Elyas DM, Budiman A. Hubungan Kepuasan Pasien Rawat Inap Dengan Mutu Pelayanan Keperawatan Di Klinik Kabupaten Jember. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis. 2021;15(2):73–84.
  14. Ismuntania, Kartika. Hubungan Layanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Penyakit dalam Wanita RSUD Tgk. Abdullah Syafi’i Beureunuen Kabupaten Pidie 2020. 2020;2(2):88–96.
  15. Ramadan H, Haerunnisa H, Wardanengsih E. Hubungan Pelayanan Keperawatan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Ruang Bedah Sayra RSUD Lamaddukkelleng Sengkang Kabupaten Wajo. Jurnal Ilmu Mappadising. 2019;1:16–22.
  16. Istiana MN, Ahmad LOAI, Liaran RD. Studi Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kendari. Kesehatan Masyarakat Celeb. 2019;01(02):24–31.
  17. Anggaraeni NM. Pengaruh Waktu Tunggu, Keramahan Petugas Dan Kompetensi Petugas Terhadap Kepuasan Pelanggan UPTD Puskesmas II Negara (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Sumber Daya Manusia). Jurnal Ilmu Hukum Hum dan Politik. 2021;1(2):225–234.
  18. Agustina N, Asmuji, Komaruddin N. Hubungan Kompetensi Perawat Pelaksana Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Tingkat Iii Baladhika Husada Jember. 2018;1–13.
  19. Mutmainnah U, dkk. Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di RSUP Dr. Jurnal Muslim Community Health. 2021;2(1).
  20. Ummah AB, Suminar DA, Wobowo T. Multidimensi Kualitas Pelayanan Perawat Terhadap Kepuasan Pasien. Jurnal Ilmu Kesehatan. 2021;12(1).
  21. Yanto A, Wuryanto E, Surwanti S. Peningkatan Kepuasan Pasien BPJS Melalui Peningkatan Empati Perawat. Jurnal Kepemimpinan dan Manajemen Keperawatan. 2018;1(2):21.
  22. Doloksaribu EM, Silitonga EM, Nababan D, Siagian MT. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Puskesmas Sei Mencirim Di Masa Pandemic Covid 19. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2021;5(2):1045–1054.
  23. Solihah GM, Sundoro T, Purnomo PS. Pengaruh Sarana Prasarana Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul Yogyakarta. Jurnal Solusi. 2022;17:17–29.