Main Article Content

Abstract




Kualitas layanan merupakan ukuran terhadap tingkat layanan yang diberikan sesuai dengan harapan pelanggan. Untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan dapat dilakukan dengan cara membandingkannya dengan standar pelayanan kesehatan yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Batua Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif pendekatan cross sectional study, dengan jumlah populasi sebanyak 5.414 orang. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel accidental sampling dan diperoleh sampel sebanyak 94 responden. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Batua Kota Makassar pada bulan Maret-April 2022. Menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji chi-square. Tidak ada hubungan antara akses/keterjangkauan terhadap pelayanan (p=0,328) dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Batua. Ada hubungan efesiensi (p=0,001) dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Batua. Ada hubungan antara hubungan antar manusia (p=0,000) dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Batua, tidak ada hubungan antara kenyamanan (p=0,375) dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Batua, dan ada hubungan antara ketepatan waktu (p=0,004) dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Batua Kota Makassar. Ada hubungan antara dimensi efisiensi, hubungan antar manusia dan ketepatan waktu dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Batua Kota Makassar dan tidak ada hubungan antara dimensi akses/keterjangkauan dan kenyamanan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Batua Kota Makassar. Disarankan kepada petugas kesehatan di Puskesmas untuk lebih efisien dan memperhatikan waktu pelayanan serta sikap ramah terhadap pasien.




Keywords

Kualitas Pelayanan Kepuasan Puskesmas

Article Details

Author Biographies

tri junianti rimba marampa, FKM Universitas Hasanuddin

Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin

Nurhayani Nurhayani, FKM Universitas Hasanuddin

Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin

Dian Saputra Marzuki, FKM Universitas Hasanuddin

Departemen Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin

How to Cite
marampa, tri junianti rimba ., Nurhayani, N., & Marzuki, D. S. (2022). HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN PUSKESMAS BATUA KOTA MAKASSAR: The Relationship Between Service Quality and Satisfaction of Outpatients at Batua Public Health Center, Makassar City. Hasanuddin Journal of Public Health, 3(3), 223–234. https://doi.org/10.30597/hjph.v3i3.21372

References

Read More

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.